THE JOURNAL

10 Tempat Terindah Untuk Dikunjungi Tahun 2019

March 26, 2019

Words by : Dian Azizah | Photos by :

Bagian bumi manakah yang paling indah untuk dikunjungi pada tahun 2019?

Setiap negara di dunia memiliki keindahannya masing-masing yang bisa membuat kita terpana dan rasanya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tempat yang memiliki keindahan bisa membuat hati dan pikiran tenang, nah berkaitan dengan hal tersebut, baru-baru ini media Forbes merilis daftar 10 tempat terindah untuk dikunjungi dengan judul 'Ten coolest places to visit in 2019', lalu tempat mana saja sih yang mendapatkan julukan tersebut? Mari jelajahi bersama WIA Journal.

AZOGORES, PORTUGAL

Hiking di Azores pada pagi hariAzores merupakan salah satu kepulauan di Portugal yang dikelilingi oleh gunung berapi. Keindahan yang ditawarkan oleh Azores sungguh menggoda dan membuat tidak ingin pergi. Selain terkenal dengan keindahannya, ternyata di sana kamu bisa melihat lumba-lumba dan paus yang sedang berenang dengan bebas.

Keindahan Pulau Azores ketika cuaca sedang cerah.

Pulau Azores dulunya berasal dari dua gunung berapi yang bersebrangan, namun salah satu gunung tersebut meletus dan mengeluarkan lahar yang membentuk jembatan, sehingga akhirnya menyatukan lokasi kedua gunung. Tempat ini tidaklah berdebu dan tandus, melainkan banyak sekali pepohonan yang membuat suasana sejuk. Sedangkan untuk cuaca, ketika siang hari dengan cuaca yang cerah maka akan terasa panas, tetapi ketika sedang mendung kamu akan membutuhkan jaket tebal karena sangat dingin.

EASTERN BHUTAN

Bentang alam yang dimiliki oleh Bhutan Timur

Bhutan merupakan salah satu negara yang menutup diri dari dunia selain Korea Utara, namun pada tahun 2015 Bhutan membuka diri kepada dunia dan mempersilakan wisatawan dunia untuk berkunjung. Hasilnya, banyak wisatawan dari belahan dunia yang datang untuk menikmati negara kecil tersebut, termasuk wisatawan asal Indonesia.

Kuil bangunan di Bhutan Timur

Walau disebut sebagai negara terpencil, namun Bhutan memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan negara besar lainnya. Di sini kamu akan menemukan ketenangan dengan cuaca yang sejuk, bangunan kuil yang khas seperti zaman dahulu, dan pemandangan Himalaya yang memiliki salju. Selain keindahannya, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan khas Budha.

CABO, MEXICO

Melihat lebih dekat Pantai yang dimiliki Cabo, Mexico

Cabo dikenal sebagai destinasi yang tepat untuk liburan musim ini karena dianggap memiliki ciri khas sebagai tempat untuk berlibur. Tempat ini memiliki pantai yang beragam, mulai dari perairan tenang seperti di Laut Cortez, hingga pantai yang memiliki ombak besar seperti di Zippers yang menjadi lokasi andalan untuk kegiatan surfing. Dengan mempunyai wisata pantai seperti itu, maka tidak diragukan lagi jika Cabo termasuk tempat terindah yang wajib untuk dikunjungi.

Suasana diving di Pantai Cabo, Mexico

Sementara itu, Cabo juga mempunyai pantai Cannery yang akan membuat kamu bertemu langsung dengan banyak hewan dan berenang bersama lumba-lumba atau bahkan mengendarai unta di Desert Park Natural Reserve.

COLOMBIA

Arsitektur bangunan di Colombia yang selalu ramai dikunjungi

Sebelumnya Colombia dikenal sebagai negara yang tidak aman dan kejahatan dimana-mana, namun sekarang Colombia justru termasuk dalam salah satu daftar tempat terindah yang harus dikunjungi tahun ini. Memangnya apa yang spesial dari Colombia? Sebagai salah satu negara yang pernah dijajah oleh Spanyol, negara ini mempunyai bangunan yang berarsitektur kolonial dengan sentuhan baroque style yang indah dan megah, bagi kamu yang mencintai bangunan berarsitektur seperti itu maka Colombia adalah surganya.

Sungai Lima Warna, destinasi yang sangat terkenal di Colombia

Bukan hanya arsitektur bangunan saja, Colombia juga memiliki banyak flora dan fauna yang khas seperti guacamayo burung endemik Colombia. Tak juga lupa, tempat wisata yang paling terkenal di Colombia, yaitu Sungai Lima Warna.

ETHIOPIA

Danakil Depression, salah satu daerah terpanas di Ethiopia

Tak banyak yang mengetahui jika pada tahun 2015 lalu, negara Ethiopia menyandang gelar World Best Tourism Destination. Banyak yang mengira jika negara seperti Spanyol, Thailand, atau Jepang akan memboyong gelar ini ke negaranya. Tetapi ternyata Ethiopia mulai bersinar dan membuat dunia sangat takjub padanya. Bahkan sudah ada sekitar 600.000 wisatawan mancanegara yang datang menikmati keindahan Ethiopia yang tiada duanya.

Salah satu keindahannya terdapat di Danakil Depression, yang merupakan tempat paling panas di Ethiopia. Suhu rata-rata di tempat ini selalu berada di atas 35 derajat Celcius. Tetapi yang menarik dari tempat ini bukanlah suhunya yang sangat panas, namun keunikan dari penampakan geologi yang nyaris tak ada yang bisa menyamai di dunia.

Lembah Rift yang merupakan alam khas Ethiopia

Selain itu, Ethiopia juga memiliki Lembah Besar Rift yang merupakan sebuah cekungan daratan yang menyimpan banyak sekali keindahan, salah satunya adalah tujuh danau besar yang menghijaukan daerah ini dan kamu bisa menemui kuda nil di habitat aslinya.

MADAGASCAR

Lemur, si penghuni hutan batu di Madagascar

Madagaskar  merupakan negara yang menempati pulau terbesar keempat di dunia dengan nama yang sama. Terletak di Samudera Hindia, di lepas pantai timur Afrika, konon penduduk Madagaskar atau orang Malagasi adalah orang-orang keturunan campuran yang berasal dari Kalimantan dan Afrika, kemudian ditambah dengan sedikit campuran Arab, India, dan Cina yang memperkaya budaya serta penampilan dan gaya busana mereka.

Pohon Baobab yang dikenal sebagai pohon kehidupan di Afrika

Pariwisata di Madagaskar saat ini sedang bersinar, terutama karena potensinya yang begitu mempesona dan jauh dari gejolak politik seperti yang dialami tetangganya di kawasan Uni Afrika. Salah satu destinasi wisatanya yaitu, labirin batu Tsingy de Bemaraha yang telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Dataran tinggi batu kapur seluas 152.000 hektar ini dihiasi oleh deretan batu tinggi dengan puncak yang tajam. Selain itu, terdapat kesempatan istimewa berupa perjalanan naik dokar tradisional ke kawasan pinggiran dan melintasi Avenue of the Baobabs yang dihiasi pohon baobab yang luar biasa.

MONGOLIA

Pemandangan alam di Mongolia saat tidak bersalju

Sebagian besar wilayah di Mongolia mempunyai tanah gersang yang dikelilingi padang rumput dan pegunungan, negara yang termasuk dalam bagian situs warisan dunia UNESCO ini ternyata sudah menjadi yang suka dikunjungi para wisatawan mancanegara karena memiliki keunikan budayanya. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai sejarah.

Tempat menginap yang khas dari Mongolia

Meski termasuk negara yang kecil, namun Mongolia kaya akan sejarah, salah satunya adalah Ulaanbaatar yang banyak memiliki patung pahlawan dan patung bersejarah lainnya. Jika mengunjungi Mongolia, belum lengkap rasanya jika kamu tidak menginjakan kaki di Hexigten National Geopark, taman ini memiliki luas kurang lebih 1750 km2 memiliki delapan area pemandangan yang indah dan dapat kamu saksikan sekaligus dalam satu tempat.

PAKISTAN

Hunza Valley dikenal memiliki Cherry Blossom Trees

Apa yang spesial di Pakistan? Jawabannya adalah menjelajahi lembah Hunza, Shigar, dan Khaplu melalui Karakoram Highway. Pakistan merupakan wilayah yang jarang dikunjungi, padahal di timur laut negara ini menawarkan jenis pemandangan yang mengejutkan yang memaksa kamu untuk menatap dari jendela tanpa berkedip.

Chitral Gol National Park menjadi salah satu 10 objek wisata terbaik di Pakistan

Salah satunya adalah pemandangan dari jembatan gantung yang menakjubkan yang melintasi sungai-sungai bergelombang dipenuhi dengan salju yang mencair.

RWANDA

Rwanda dikenal sebagai salah satu pengahasil teh terbaik

Rwanda atau yang disebut secara resmi sebagai Republik Rwanda ini terletak di Afrika Tengah dan berada di beberapa derajat di bawah garis khatulistiwa dan berbatasan dengan Uganda, Tanzania, Burundi, serta Republik Demokratik Kongo. Tempat ini dikenal dengan genosida tahun 1994 di masa lalunya, namun melalui presiden barunya, Rwanda berhasil bangkit dan mengalami kemajuan yang pesat dalam bidang ekonomi serta teknologi dalam dua dekade terakhir.

Penyambutan wisatawan yang ingin trekking melihat gorila

Mulai tahun lalu, Rwanda melakukan banyak promosi wisata termasuk menjadi sponsor di salah satu club sepakbola liga Inggris yaitu Arsenal, logo visit Rwanda terpampang pada jersey baru Arsenal. Lalu, apa yang menarik dari tempat ini? Melakukan perjalanan untuk melihat gorila adalah daya tarik paling utama dari Negeri kecil ini, bukan hanya itu, mereka juga memiliki danau yang indah, taman nasional, dan delapan gunung berapi kuno yang menarik untuk dijelajahi. Rwanda merupakan salah satu negara yang melarang penggunaan plastik, warga lokal maupun wisatawan tidak boleh membawa plastik saat berada di negara ini.

TURKISH RIVIERA

Turki tidak hanya memiliki wisata balon udara saja, tetapi memiliki pantai yang indah untuk dikunjungi

Turkish Riviera yang dikenal juga dengan nama Turquoise Coast, benar-benar nyata seperti namanya. Terletak di bagian selatan Turki, di sepanjang garis Pantai Aegea dan Laut Mediterania, kawasan ini telah menjadi destinasi wisata paling favorit saat musim panas, bahkan lebih menarik dari beberapa pantai Eropa di sekitarnya.

Kota Antalya yang terkenal di Turkish Riviera

Namun, Turkish Riviera tidak hanya memiliki pantai yang indah, di kota Antalya terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti berpetualang, mencari tahu tempat bersejarah, ataupun hanya sekedar bersantai, tempat ini punya semuanya, sehingga tidak diragukan lagi jika masuk dalam daftar 10 tempat terindah yang harus dikunjungi pada tahun 2019.

Sumber : Forbes

SHARE THIS JOURNAL ON