4 Cara Cegah Ransel dari Kuman Dan Bau Tidak Sedap, Bermodal Rp0,-

Vivian Yolanda
February 13, 2020

Tak perlu pusing jika ingin membersihkan ransel setelah traveling, dan tak perlu memakan banyak waktu dan bermodal Rp. 0,-

Traveling memang merupakan hal yang paling menyenangkan diantara kegiatan lain. Ya, bagaimana tidak, jalan-jalan keliling berbagai destinasi favorit tentu membuat mata dan pikiran menjadi segar. Apalagi untuk para backpacker yang traveling hanya bermodalkan ransel saja. Namun, ransel juga bisa menjadi sarang kuman jika tidak segera dibersihkan selepas digunakan. Jangan khawatir, ini cara membersihkan ransel tanpa harus mengeluarkan sepeser pun.

Ransel Carrier untuk traveler backpacker

Gunakan ukuran ransel sesuai kebutuhan saat hendak melakukan traveling

Kuman-kuman yang menempel pada saat traveling akan menyebar ke seluruh barang bawaan dan kerap kali terabaikan oleh para traveler setelah berwisata, padahal hal ini akan menjadi fatal bila dibiarkan. Sarang kuman adalah sarang penyakit, salah satu contohnya adalah alergi pada kulit.

Percaya tak percaya, ternyata membekukan ransel di lemari es merupakan salah satu cara efektif untuk menghalau perkembangan kuman. Namun caranya tentu tidak sekedar langsung memasukkannya ke dalam freezer, berikut adalah proses untuk menghalau kuman pada ransel :

  1. BUNGKUS DENGAN PLASTIK
    Sebelum masuk ke dalam rumah atau kendaraan, akan lebih baik jika membungkus terlebih dahulu ransel yang kalian bawa, karena hal tersebut akan efektif untuk mencegah penularan kuman yang sangat cepat.

Plastik

Sediakan plastik untuk membungkus ransel

2. MEMILAH BARANG YANG INGIN DIBUANG
Segera buang barang-barang yang sulit dibersihkan, karena dengan menyimpannya akan membuat tas kamu beresiko terjangkit kuman atau bakteri yang tidak dinginkan.

Travel Bag

Pisahkan barang yang tergolong susah untuk dibersihkan, kemudian buanglah!

3. MENCUCI RANSEL
Setelah memisahkan barang-barang dari travel bag, kalian bisa langsung mencuci ransel kalian dengan sabun dan merendamnya kurang lebih 15-30 menit. Setelah itu keringkan travel bag dengan suhu yang sangat tinggi, seperti dibawah matahari agar kuman mati. Jika sudah kering, kalian bisa menepuk-nepuk tas agar debu yang menempel berguguran.

Tas Merah

Cuci ransel dengan menggunakan deterjen dan kemudian keringkan pada suhu yang tinggi

4. FROZEN
Cara ini merupakan salah satu cara efektif yang dapat dilakukan untuk menghalau kuman. Kuman akan mati lebih cepat jika berada pada suhu tinggi dan suhu terendah. Masukkan ransel pada kulkas pendingin, namun jangan menggabungkannya dengan kulkas beriisi makanan. Sediakan satu kulkas khusus untuk membekukan perlengkapan traveling kamu.

SELAMAT MENCOBA!!

Leave a Reply