THE JOURNAL

5 Kuliner Wajib Dicoba di Malaysia

May 6, 2019

Words & Photo by : Gerry Surjadi

Wong Mei Kee Pork and Chicken Rice menjadi kuliner andalan di Kuala Lumpur. Nasi babi dan ayam ini memang terlihat mirip dengan yang lain, tapi yang satu ini akan memberikan rasa yang berbeda dari biasanya.

Malaysia merupakan negara kecil yang masih satu rumpun dengan Indonesia karena memiliki darah melayu, serta rempah-rempah yang membuat sajian kuliner menjadi lebih nikmat. Karena itulah menarik apabila berkunjung ke Negeri Jiran bukan hanya menikmati destinasi wisata saja, tetapi juga menikmati kekayaan kuliner yang dimilikinya.

Apabila kamu adalah pemburu kuliner di setiap tempat wisata, maka berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Malaysia:

1. Kwey Teow Penang

Kwey Teow khas Penang yang wajib kamu coba

Buat kalian yang suka banget dengan kweyteow wajib banget untuk cobain ini, kweyteow khas Penang Malaysia! Kweyteow merupakan makanan yang di dalamnya terdapat kerang, udang, telur dan toge. Dimasak dengan bumbu khas Penang yang membuat kweyteow ini sangat gurih dan wajib banget buat kalian coba! Tempat ini biasanya ramai di kunjungin saat malam. Untuk lokasi tempat, Kweyteow ini berada di Cu Cha Restaurant, tepatnya di Bukit Bintang, Alor Street. Kamu bisa merasakan lezatnya makanan ini dengan merogoh kocek lumayan mahal yaitu RM12 atau sekitar Rp.42.000.- Nah, bagi kamu yang muslim jangan khawatir karena makanan ini termasuk dalam kategori halal.

 

2. Roti Canai Pisang

Roti Canai Khas India dengan berbagai rasa kari dan pisang yang lezat

Nah, yang satu ini adalah roti khas India yang cukup terkenal, lho. Terdapat banyak roti canai pisang di negara lainnya, tetapi kalian harus coba yang satu ini, karena roti canai ini dikombinasikan dengan pisang yang membuat rasa roti ini menjadi lebih manis, serta ditambah dengan rasa kari India yang penuh dengan rempah-rempah. Buat kalian yang kurang suka pisang, di tempat ini juga menyediakan berbagai topping lainnya, kok. Tempat makan ini sebenarnya terdapat beberapa cabang di Kuala Lumpur, salah satunya berada di Restoran ABC KL Sentral. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan seharga RM3.50 atau Rp.12.250.- serta makanan ini juga termasuk dalam kategori makanan halal, lho.

 

3. Wan Tan Mee Pork

Penampilan makanan Wan Tan Mee yang sangat menggiurkan

Daftar yang ketiga ini spesial buat kalian pecinta babi wajib banget coba makanan ini, yaitu mie khas chinese food yang menjadi salah satu menu andalan wajib untuk kalian coba di Kuala Lumpur. Kalian juga bisa mendapat beberapa pilihan mie seperti mie, kweyteow, atau bihun. Kalian juga bisa memilih untuk versi dry atau soup, tetapi tenang saja untuk versi drynya tidak kering sekali. Tempat ini ramai di kunjungi saat makan siang karena dekat dengan perkantoran, lokasinya berada di Lot 10 Hutong Bukit Bintang atau Lot10 Basement. Kamu bisa menikmati kuliner ini dengn harga RM13.50 atau Rp.47.250.-

4. Wong Mei Kee Pork and Chicken Rice

Untuk kamu pecinta babi, jangan lewatkan kuliner yang satu ini ya

Selanjutnya adalah salah satu menu andalan di Kuala Lumpur, yaitu nasi babi dan ayam. Hidangan ini memang terlihat mirip dengan yang lain, tetapi yang satu ini akan memberikan rasa yang berbeda dari biasanya, dagingnya yang gurih dan empuk menjadi andalan dari restoran ini. Mereka menyediakan roasted pork dan roasted chicken yang menjadi menu utamanya. Khusus untuk tempat ini hanya buka tepat di jam 12.30 dan biasanya pada jam 14.30 menu yang mereka jual sudah habis, banyak orang yang sudah menunggu dari jam 11.30 agar tidak kehabisan. Walau agak sedikit mahal tapi ini wajib banget buat kalian coba. Kalian bisa mengunjungi makanan ini di Pudu Kuala Lumpur (Behind Berjaya Times Square), dengan variable price RM25-110. Tetapi ini makanan dengan kategori Non Halal.

5. Nasi Kandar

Nasi Kandar yang dipenuhi dengan rempah-rempah yang membuat semakin lezat.

Rekomendasi yang terakhir ini menu yang pas banget buat kalian yang suka banget dengan makanan dengan rasa rempah-rempah yang kuat. Kalian bisa memilih berbagai macam lauk mulai dari ayam, kambing, ikan, udang, telur, dan masih banyak lagi menu lainnya. Salah satu yang wajib dicoba adalah nasinya atau nada saus kari yang sangat terasa rempahnya. Kamu bisa mencoba kuliner ini yang berlokasi di Restoran ABC KL Sentral, dengan variable price RM7-15. Tenang saja, makanan ini termasuk kategori makanan halal.

SHARE THIS JOURNAL ON