5 Tempat Bersepeda Nyaman dan Aman di Jakarta

Adrianus Dwi Octaviano
November 2, 2020

Kota Jakarta sejatinya bukan tempat yang ideal untuk bersepeda. Kepadatan transportasi di Jakarta terkadang memunculkan rasa was-was saat bersepeda. Namun, siapa sangka kalau ada beberapa tempat di Jakarta yang memastikan kamu nyaman dan aman? Dimana saja tempat itu? Simak artikel lengkapnya.

Bagi para pesepeda, apakah pernah merasa sulit untuk mencari tempat aman dan nyaman di Jakarta? Sejatinya, Jakarta merupakan kota yang cukup padat transportasi dengan memiliki tingkat kemacetan 53% dan berada di posisi 10 besar dunia berdasarkan data TomTom. Hal tersebut tentu memunculkan kekhawatiran ketika ingin bersepeda di Jakarta.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi agar bisa bersepeda aman dan nyaman di Jakarta. Ternyata ada beberapa tempat bersepeda yang bisa kamu datangi agar olahragamu berlangsung aman.

Setelah dikumpulkan, ada 5 tempat bersepeda yang bisa digunakan agar terhindar dari kemacetan. Hal tersebut bisa membuatmu nyaman bersepeda sendiri maupun bersama teman-teman. 

Sebelum melihat tempat bersepeda yang aman dan nyaman, kamu siapkan dulu peralatan untuk bersepeda. Sebagai saran, kamu perlu sepeda yang nyaman dan Garmin Edge yang memiliki fitur bermanfaat untuk pesepeda. Ulasan mengenai Garmin Edge mengatakan bahwa alat tersebut perlu digunakan saat bersepeda.

Berikut 5 tempat bersepeda di Jakarta yang direkomendasikan.

1. Pantai Indah Kapuk

Bersepeda di jembatan Pantai Indah Kapuk 2. (Detik.com)

Pantai Indah Kapuk (PIK) yang berada di kawasan Jakarta Utara selama ini dikenal dengan kawasan kuliner. Beberapa orang datang ke PIK untuk berwisata kuliner bersama teman-temannya. Namun, jalanan PIK ternyata juga merupakan tempat bersepeda yang bisa menjadi favorit di Jakarta.

Kawasan PIK dekat Pulau D saat ini memiliki jalan yang lebar dengan tingkat kemacetan tidak terlalu parah. Selain itu, kamu juga bersepeda memasuki kawasan D yang belum banyak kendaraan bermotor. 

Setelah bersepeda, kamu juga bisa mampir sebentar untuk melepas penat di rumah makan yang tersebar di sepanjang jalan PIK. Kamu dan teman-temanmu bisa menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di sana.

Jika kamu ingin bersepeda di kawasan PIK bersama teman-temanmu, sebaiknya dilakukan di pagi hari dan weekend. Hal tersebut dikarenakan kendaraan bermotor yang lewat tidak padat dan sinar matahari masih belum terik.

2. Taman Margasatwa Ragunan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di Taman Margasatwa Ragunan. (Tribunnews.com)

Taman Margasatwa Raguna merupakan tempat kebanggan masyarakat Jakarta perihal rumah flora dan fauna. Bersepeda di Taman Margasatwa Ragunan membuatmu nyaman karena bisa melihat pemandangan koleksi flora dan fauna yang dimiliki. Selain itu, pepohonan yang rindang bisa menghindarkan dari teriknya matahari yang menyengat. 

Taman Margasatwa Ragunan dinilai aman untuk bersepeda karena tidak ada mobil yang melintas. Sesekali hanya ada motor petugas yang lewat. Hanya saja, bersepeda di Taman Margasatwa Ragunan tetap perlu berhati-hati dikarenakan banyak pejalan kaki dan jalanan naik-turun. 

Bagi kamu yang tidak memiliki sepeda, jangan khawatir. Taman Margasatwa Ragunan juga memiliki penyewaan sepeda yang bebas disewa oleh pengunjung. Biaya sewa sepeda di Taman Margasatwa Ragunan mulai dari Rp15.000/jam.

3. Stadion Gelora Bung Karno

Masyarakat bersepeda di halaman Gelora Bung Karno (Sumber: Detik.com)

Tak perlu lagi diragukan, Gelora Bung Karno (GBK) sudah menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk berolahraga. Sebagai pusat olahraga, banyak cabang olahraga yang bisa dilakukan di GBK termasuk bersepeda. Oleh karena itu, GBK masuk dalam daftar tempat bersepeda yang aman dan nyaman di Jakarta.

Bersepeda di GBK bukanlah pilihan yang salah. GBK memiliki jalanan yang panjang sehingga bisa memanjakanmu dalam mengayuh sepeda. Selain itu, udara yang segar dan minimnya kendaraan bermotor menjadi alasan kuat bahwa GBK dinilai aman sebagai tempat bersepeda.

Meskipun dinilai tepat, bukan berarti kamu bisa seenaknya bersepeda di GBK. Hal ini dikarenakan banyak warga yang tidak hanya bersepeda namun melakukan aktivitas olahraga lainnya. Oleh karena itu, tetap memperhatikan sikap menghargai sesama warga agar tidak mengganggu satu sama lain. 

4. Kota Tua

Merayakan akhir pekan dengan bersepeda di Kota Tua. (sumber: liputan6.com)

Kota Tua berada di kawasan Jakarta Kota. Tempat ini merupakan kawasan yang menyajikan suasana Jakarta tempo dulu. Terdapat ikon-ikon masa lalu yang bisa dinikmati ketika kamu bersepeda di wilayah tersebut. Oleh karena itu, kamu mendapat pengalaman yang nyaman saat bersepeda di Kota Tua.

Setelah bersepeda, kamu juga bisa melepas penat dengan mengunjungi situs-situs bersejarah sembari menambah pengetahuan. Selain itu, kamu juga bisa beristirahat di cafe-cafe legendaris yang menyajikan suasana Indonesia Tempo Dulu.

Bagi kamu yang tidak memiliki sepeda, kamu tidak usah khawatir. Ada tempat penyewaan sepeda ontel warna-warni. Harga sewanya pu dipatok dengan terjangkau.

5. Ecopark Ancol

Suasana rindang saat bersepeda di Ecopark Ancol. (sumber: kompas.com)

Ecopark Ancol berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Ecopark yang diresmikan pada tahun 2012 ini telah berkembang dengan memiliki jalur sepeda dan jogging. Hal ini tentu membantu kamu yang ingin bersepeda dengan aman karena sudah memiliki jalur sendiri. 

Pemandangan di Ecopark pun dapat memanjakan mata saat mengayuh sepeda. Ecopark memiliki taman yang asri sehingga udara yang dihasilkan pun segar dan bebas polusi. Kenyamananmu saat bersepeda pun terjaga karena hal tersebut.

Jika ingin bersepeda di kawasan ini, kamu bisa membawa sendiri maupun menyewa. Terdapat banyak pilihan sepeda yang bisa kamu pakai untuk sekedar berolahraga sendiri maupun bersama teman-teman.

Nah, kamu sudah tahu kan tempat-tempat yang bikin aman dan nyaman saat bersepeda di Jakarta? Kamu bisa langsung mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan segala alat dan persiapan yang dibutuhkan. ***