[VIDEO] 8 Ciri-Ciri Suunto Original Untuk Cegah Beli yang Tiruan Alias KW

Adrianus Dwi Octaviano
November 10, 2020

Smartwatch mulai berkembang di Indonesia termasuk brand Suunto. Hanya saja, perkembangan tersebut juga mengakibatkan merebaknya barang-barang tiruan dari Suunto. Oleh karena itu, kamu perlu cek selengkapnya artikel ini untuk mengetahui ciri-ciri smartwatch suunto original.

Perkembangan smartwatch di Indonesia dari tahun ke tahun semakin baik. Hingga saat ini, smartwatch sudah tidak menjadi barang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Daily Social, seluruh responden mengetahui apa itu smartwatch.

Perkembangan smartwach ini selaras dengan pengguna smartwatch di Indonesia. Dari tahun ke tahun, data menyebutkan bahwa pengguna smartwatch bertambah dengan merek yang berkembang.

Salah satu hal yang menyebabkan perkembangan smartwatch cukup pesat adalah fungsinya yang banyak. Seperti contoh, smartwatch memiliki fitur seperti yang dimiliki oleh fitness tracker. Hal ini juga menyebabkan penjualan fitness tracker mampu disaingi oleh penjualan smartwatch.

Walaupun pengguna smartwatch memiliki jumlah pengguna yang bertambah, jumlahnya tidak sebanyak orang yang belum memiliknya. Survei Daily Social mengatakan 73% responden tidak memiliki smartwatch dengan alasan harga yang terlalu mahal.

Ironisnya, harga yang terlalu mahal memunculkan masalah baru. Ada produsen-produsen nakal yang mencoba mengimitasi smartwatch asli. Salah satu merek smartwatch yang memiliki banyak barang tiruan adalah smartwatch milik Suunto.

Jika dilihat di beberapa situ belanja online saat ini, banyak barang tiruan smartwatch Suunto yang beredar. Bentuk dari Suunto yang original maupun tiruan pun terlihat mirip. Hal ini menyulitkan bagi kamu yang ingin membeli produk Suunto original.

Namun, kamu tak perlu kahwatir. Artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui ciri-ciri Suunto Original. Berikut ciri-ciri Suunto Original yang bisa dipelajari sebelum membeli produk Suunto Original.

1. Perhatikan Serial Number

ciri-ciri Suunto original

Sumber: Suunto.com

Dalam produk Suunto, smartwatch ini memiliki serial number yang bisa dilihat untuk membedakan yang original maupun tiruan. Karakter dari serial number yang dimiliki produk Suunto terdiri dari kombinasi angka yang berjumlah 6, 8, 10, dan 12. Serial number tersebut tidak memiliki dash maupu spasi.

Untuk melihat serial number dari produk suunto, kamu bisa menemukann ya di beberapa tempat. Pertama, serial number terdapat di bagian belakang produk Suunto. Kedua, kamu bisa menemukan serial number di box yang didapat saat membeli. Terakhir, di menu setting dari produk Suunto juga bisa ditemukan serial number.

Nah sebelum membeli produk Suunto, cek terlebih dahulu serial numbernya ya. Hal ini dapat mencegah untuk membeli barang tiruan.

2. Harga Harus Wajar

ciri-ciri Suunto original

Ciri-ciri lain untuk mengetahui produk Suunto itu original atau tiruan ialah harga dari produk itu sendiri. Biasanya, produk smartwatch Suunto memiliki harga yang selalu mirip walaupun dijual di online maupun offline. Harga kisaran produk Suunto beragam mulai dari 2 jutaan.

Produk-produk tiruan smartwatch Suunto yang beredar di pasaran biasanya memiliki harga yang lebih murah. Tidak tanggung-tanggung, ada oknum yang menjual produk Suunto palsu dengan harga di bawah 100 ribuan. Hal inilah yang bisa diperhatikan dari ciri-ciri Suunto orginal.

Makanya, kalau kamu mau beli produk Suunto jangan mudah tergiur dengan harga murah ya.

3. Terdapat Buku Panduan dan Kartu Garansi

ciri-ciri Suunto original

Sumber: dcrainmaker.com

Satu hal lagi yang bisa memastikan produk Suunto milikmu original atau tiruan ialah buku panduan dan kartu garansi. Bisa dipastikan jika produk tiruan tidak memiliki kedua hal tersebut.

Biasanya, produk Suunto tiruan hanya memiliki box pembelian. Di dalam box tersebut juga hanya ada produk smartwatch-nya saja. Kualitas boxnya pun tidak sebagu box dari produk Suunto original.

4. Memiliki Fitur-fitur Khas yang Dimiliki Suunto

ciri-ciri Suunto original

Perlu diingat, Suunto termasuk brand smartwatch yang cukup ternama. Produk ini dikenal dengan fitur-fitur canggih yang mempermudah aktivitas terutama saat berada di luar ruangan. Oleh karena itu, produk Suunto original bisa dipastikan memiliki fitur-fitur canggih tersebut.

Nah, untungnya produk Suunto tiruan tidak bisa meniru fitur-fitur canggih tersebut. Meskipun tampilan Suunto tiruan sudah cukup menyerupai, namun ternyata peniru-peniru tersebut tidak bisa membuat produk tiruan memiliki fitur seperti GPS, weather function dan sebagainya.

5. Bahan Strap Terlalu Lentur & Lemah

ciri-ciri Suunto original

Smartwatch original dengan brand apapun selalu menggunakan bahan yang membuat nyaman penggunanya. Sama halnya dengan smartwatch Suunto, bahan-bahan seperti strap selalu menggunakan karet yang tidak terlalu keras.

Selain itu, strap milik produk Suunto original biasanya terdapat tulisan 'Suunto' di bagian pengaitnya. Beberapa produk Suunto tiruan tidak memiliki ciri-ciri Suunto original tersebut.

6. Memiliki Detail Sama dengan Gambar

ciri-ciri Suunto original

Sumber: ebay

Produk Suunto tiruan mungkin memiliki tampilan yang sangat mirip dengan produk originalnya. Jika dilihat sekilas, ada kesulitan untuk mencari perbedaannya. Oleh karena itu, perlu ketelitian yang cermat untuk membedakannya.

Beberapa produk tiruan tidak memiliki detil yang sama dengan produk original dalam hal tampilan. Dalam hal ini, kamu perlu mencocokkan tampilan smartwatch Suunto yang dimiliki dengan gambar dalam box yang didapat saat pembelian. Perhatikan detil-detil kecil mulai dari letak penulisan merek hingga tombol-tombol yang tertera.

Percaya atau tidak, kamu pasti akan menemukan perbedaannya jika dilakukan dengan teliti.

7. Terbuat di Pabrik Resmi

ciri-ciri Suunto original

Untuk mengetahui produk Suunto yang kamu original atau tiruan, kamu perlu tahu dimana saja pabrik yang memproduksi smartwatch Suunto. Setelah itu, cocokkan dengan keterangan yang terdapat dalam smartwatch-mu.

Perlu diketahui, beberapa produk Suunto ada yang terbuat dari Tiongkok dan Finlandia, menurut temuan kami Suunto 9 Baro, adalah salah satu produk yang masih dibuat di Finlandia. Jika terdapat keterangan selain dari dua negara tersebut, kamu harus meragukan keaslian dari produk Suunto tersebut.

8. Dijual di Authorize Dealer

ciri-ciri Suunto original

Terakhir, satu hal paling bisa dipastikan bahwa produk Suuntomu itu original yaitu jika membelinya di toko resmi. Banyak situs-situs belanja online yang membuat ekosistem produk Suunto tiruan bisa berkembang. Maka dari itu, cari toko resmi atau distrbutor-distributor yang jelas menjual produk Suunto original.

Salah satu authorized dealer Suunto di Indonesia, yaitu Wearinasia atau WIA.ID, Kamu bisa mencari produk Suunto dengan beberapa seri yang cukup lengkap dan bergaranso resmi PT AD TIME selaku distributor di Indonesia. Tak hanya smartwatch Suunto, ada pula berbagai kebutuhan yang bisa menunjang aktivitas luar ruanganmu.

Kamu juga bisa lihat salah satu review smartwatch Suunto yang tersedia di Wearinasi di bawah ini.



Leave a Reply