Adu Fitur & Kualitas, Perbedaan DJI Mavic Air 2 vs DJI Mavic 2 Pro, Kamera Drone Lipat [Video Bahasa Indonesia & Tabel]

Gilang Fajar Wijayanto
September 8, 2020

DJI Mavic terkenal akan portabilitas dan desain foldable-nya. Dua yang sekarang paling populer adalah drone DJI Mavic Air 2 vs DJI Mavic 2 Pro. Mana yang sesuai buatmu?

Sebagai salah satu produsen drone terbesar di dunia, DJI memiliki banyak lini produk dalam katalognya. Salah satunya adalah lini produk DJI Mavic. Buat para pecinta aerial fotography and videography, DJI Mavic terkenal akan portabilitas dan desain foldable-nya. Dua yang sekarang paling populer adalah DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic Air 2. Dua drone ini mirip secara bentuk, namun berbeda secara teknologi dan ukuran. Makanya, banyak pilot-pilot drone pemula yang kebingungan untuk memilih satu diantara kedua seri Mavic ini.

Tapi itu tidak masalah. Artikel ini ada untuk membantumu memilih seri Mavic mana yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budgetmu. Oleh karena itu, mari kita mulai bahas saja seperti di bawah.

Desain

Kita masuk dulu ke sisi design dan build quality dari DJI Mavic Air 2 dan DJI Mavic 2 Pro. Dari penampakan luar, kedua drone ini memiliki folding design yang mirip cenderung identik. Perbedaan baru terasa kalau keduanya dibandingkan secara ukuran. DJI Mavic 2 Pro memilih body yang lebih bongsor dan berat, yakni 907 g. Ukuran ini lebih besar dari Mavic Air 2 yang seberat 570 g dan tampak lebih compact.

Perbedaan ukuran ini juga dilihat dari controller-nya. Controller Mavic 2 Pro memiliki layar LCD dan terlihat lebih kecil. Di bagian bawahnya, terdapat semacam tempat dudukan smartphone kalau kamu ingin menghubungkan Mavic 2 Pro ini dengan aplikasi DJI Go 4.

Controller DJI Mavic 2 Pro (kiri) vs controller DJI Mavic Air 2 (kanan)

Sebaliknya, controller Mavic Air 2 terlihat 2 kali lebih besar dari controller Mavic 2 Pro. Ini mungkin karena controller DJI Mavic Air 2 membawa baterai yang berkapasitas lebih besar sehingga masa pakainya lebih lama dibanding controller Mavic 2 Pro. Selain itu, controller Mavic Air 2 juga hadir tanpa layar dan dudukan smartphone-nya berada di bagian atas, bukan dibawah seperti controller DJI Mavic 2 Pro. Untuk companion app-nya sendiri juga berbeda. Jika Mavic 2 Pro menggunakan DJI Go 4, maka Mavic Air 2 ini menggunakan DJI Fly app yang terlihat lebih responsif dan memiliki lebih banyak fitur.

Kualitas Foto dan Video

Kita beralih ke kualitas foto dan video yang dihasilkan. Di sektor ini, cukup terlihat kenapa DJI Mavic 2 Pro menyematkan kata "pro" sebagai nama produknya.

Hasil foto Mavic 2 Pro

Hasil foto Mavic Air 2

Walaupun dirilis pada pertengahan tahun 2018, dari sisi kamera DJI Mavic 2 Pro terbilang superior dari DJI Mavic Air 2 dirilis pada awal tahun ini. Pasalnya, DJI Mavic 2 Pro memiliki kamera 20MP dari Hasselblad dengan sensor 1 inch dan lensa 28 mm dan 48 mm. Bandingkan dengan Mavic Air 2 yang hanya diperlengkapi dengan kamera 12MP dari Sony dengan sensor 1/2 inch dan lensa standar berukuran 24 mm. Ini membuat hasil tangkapan gambar dari Mavic 2 Pro lebih jelas dan minim noise daripada Mavic Air 2.

Poin penting lainnya adalah kedalaman warna. Kamera DJI Mavic 2 Pro menawarkan 10-bit warna yang notabene lebih baik dari pada kamera Mavic Air 2 yang hanya 8-bit. Makanya, hasil foto dan video Mavic 2 Pro warnanya terlihat lebih natural daripada Mavic Air 2.

Sekarang kita ke sektor video. Berbicara soal video, kedua drone sebenarnya sama-sama mampu merekam video dengan resolusi 1080p full HD dan 4K. Namun secara overall, Mavic 2 Pro menghasilkan hasil yang lebih baik daripada Mavic 2 Air. Ini karena Mavic 2 Pro memiliki karena kamera yang lebih superior. Namun, saat beralih ke mode slow-motion, giliran DJI Mavic Air 2 yang lebih baik daripada Mavic 2 Pro. Mavic Air 2 mampu merekam video slow-motion dengan resolusi 1080p dengan frame rate 240 fps dan 4K dengan frame rate 60 fps. Ini jelas lebih baik daripada Mavic 2 Pro yang hanya mampu merekam video slow-motion dengan frame rate 2 kali lebih rendah, yakni 120 fps dengan resolusi 1080p dan 30 fps di resolusi 4K.

Fitur dan Performa

Dari segi performa, sebenarnya DJI Mavic Air 2 dan Mavic 2 Pro tidak terlalu jauh berbeda. Speed dan wind resistance-nya terbilang mirip, begitupun juga sistem tracking GPS dan GLONASS yang digunakan.

Namun, sebagai model yang rilis di tahun 2020, Mavic Air 2 membawa fitur-fitur baru dan sejumlah peningkatan fitur lain yang tidak ditemukan di Mavic 2 Pro yang dirilis 2 tahun sebelumnya:

  • Spotlight 2.0, ini adalah fitur yang awalnya ditemukan DJI Inspire 2. Dengan fitur ini, Mavic 2 Air seakan "mengunci" fokus ke objek yang menjadi target tapi tetap membiarkan drone bergerak dengan bebas.
  • Point of Interest 3.0, dengan fitur ini, kamu bisa membuat semacam jalur terbang secara otomatis di sekitar objek tertentu.
  • ActiveTrack 3.0, kalau kamu menggunakan fitur ini, Mavic Air 2 dapat secara otomatis mengikuti pergerakanmu dengan memanfaatkan teknologi 3D mapping.
  • Scene Recognition, ini adalah fitur baru yang sangat berguna kalau kamu hobi mengambil foto pemandangan. Dengan fitur ini, Mavic Air 2 bisa mendeteksi langit, rumput bahkan matahari terbenam sehingga foto yang dihasilkan lebih tajam dan detail karena sudah dioptimalisasi secara otomatis.
  • Hyperlight, dengan fitur ini sistem kamera Mavic Air 2 akan mengambil banyak foto dalam sekali shutter dan menggabungkan foto-foto tersebut supaya mengurangi noise. Ini sangat berguna kalau kamu sedang mengambil foto di situasi minim cahaya.

Perbedaan lain yang cukup terasa ada di performa baterai. Mavic Air 2 memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dari Mavic 2 Pro karena teknologi yang digunakan juga lebih maju. Di beberapa test flight, Mavic Air 2 mampu terbang selama 34 menit di kondisi tak berangin. Sedangkan di kondisi yang sama, Mavic 2 Pro "hanya" mampu terbang selama 31 menit saja.

Kesimpulan

Setelah tadi kita bahas dengan cukup panjang soal sektor-sektor apa saja yang menjadi pembeda antara DJI Mavic Air 2 dan DJI Mavic 2 Pro. Secara garis besar, perbedaan-perbedaan tersebut karena aspek teknis yang dapat dirangkum secara sederhana dalam tabel sebagai berikut.

DJI Mavic Air 2 dan DJI Mavic 2 Pro memang tampak mirip dari sisi segi tampilan. Namun, dengan body yang lebih kecil, Mavic Air 2 memiliki portabilitas yang lebih baik dari DJI Mavic 2 Pro. Kamu juga akan mendapatkan fitur yang lebih banyak jika menggunakan DJI Movic Air 2. Sebaliknya, jika kamu butuh drone yang mampu merekam foto dan video dengan hasil yang lebih berkualitas, DJI Mavic 2 Pro adalah pilihan yang tepat.

Namun, tentu budget juga menjadi bahan pertimbangan yang penting. DJI Mavic Air 2 dibanderol sebesar 16 jutaan Rupiah sedangkan Mavic 2 Pro dihargai lebih mahal, sekitar 21 jutaan Rupiah. Dari sini terlihat kalau DJI Mavic Air 2 adalah pilihan yang best value, sedangkan DJI Mavic 2 Pro adalah buat kamu yang lebih mementingkan best camera untuk hasil foto dan video yang profesional.

Leave a Reply