THE JOURNAL

Apa yang Benar-benar Membedakan Diving dan Freediving?

April 8, 2017

Words & Photo by :

Menyelam dan menyelam bebas, apalah artinya? Mengapa peminat freediving semakin banyak saja? Namun apakah perbedaan mendasar dari kedua penyelaman ini?

Jika diartikan secara cepat, diving dan freediving sama-sama berarti "menyelam". Ternyata, diving hanya sebatas menyelam untuk mengeksplor dan menikmati keindahan bawah laut. Di sisi lain, freediving punya tujuan berbeda dengan mengetahui berapakah waktu menyelam yang berhasil dicapai maupun kedalaman tertentu yang ingin dituju. Freediving juga memungkinkan para penyelam untuk menyusuri "surga bawah laut". Namun motivasi terpentingnya tetap untuk menantang diri sendiri.

Pernapasan juga menjadi isu penting jika hendak membedakan kedua jenis penyelaman ini. Siapa saja yang ingin diving tidak pernah menahan pernapasan dalam air, mengingat mereka disediakan oksigen. Lebih ekstrem dibanding diving pada umummya, freediver justru langsung terjun ke lautan dan freediver tidak bernapas selama menyelam. Meskipun udara yang dihirup menghempis sewaktu dalam laut dan mengembang ketika naik ke permukaan, volume udara paru-paru tidak lebih besar dibanding saat di permukaan. Pasalnya, manusia tidak menyerap lebih banyak udara saat dalam laut.

Bernapas sambil menyelam. Image by backtobasicsadventures.com

Bernapas sambil menyelam. Image by backtobasicsadventures.com

Selain itu, jumlah peralatan yang dibutuhkan freediving lebih sedikit dibanding sekadar diving. Umumnya, penyelam freediving menggunakan sirip, snorkel, dan penutup wajah. Kalau laut dirasa terlalu dingin, mereka menambah perlengkapan dengan wetsuit maupun weight belt.

Mari bicara waktu. Freediving juga jauh lebih sebentar dibanding diving, walau banyak yang berkata freediving lebih intens dibanding menyelam semata. Bila diving bisa memakan hingga satu jam, freediving membutuhkan beberapa menit. Lagi, ini semua karena tujuan penyelam berbeda, karena itu mereka memilih menyelam biasa atau menyelam bebas.

Freediving di Fiji. Image by mantarayisland.com

Freediving di Fiji. Image by mantarayisland.com

Yang pasti, penyelam harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu sebelum menyatu dengan lautan. Kedua jenis penyelaman mewajibkan para penyelam untuk bergerak perlahan dan dengan tenang di air. Mereka yang pintar mengatur posisi sewaktu diving lebih mungkin beradaptasi dengan konsep freediving yang sebenarnya masih amatlah baru di Indonesia.

*) Featured image by aquacityfreediving.com

SHARE THIS JOURNAL ON