Awas Tertular! Jangan Takut, Ini Dia 7 Cara Meminimalisir Penyebaran Virus Corona!

Vivian Yolanda
March 18, 2020

Jangan khawatir dengan Corona! Kita masih bisa menjaga kesehatan dan kebersihan supaya jauh dari virus Corona. Jangan panik dan cemas, ini dia 7 cara terhindar dari virus Corona!

Tahun 2020 sedang dihebohkan dengan COVID-19 yang diidentifikasi sebagai bagian dari virus Corona. Isu kematian ratusan orang telah mengguncangkan dunia pada beberapa bulan terakhir ini. Tak ayal pandemi ini merusak rencana para traveler untuk berpetualang, khususnya ke negara-negara seperti Tiongkok, Italia, Jepang, Korea Selatan, dan masih banyak lagi.

Namun, tahukah kalian? Walaupun COVID-19 ini dengan cepat menyebar dan menular, tingkat kematian atau mortality rate yang disebabkan virus corona tergolong rendah jika dibandingkan pendahulunya, seperti SARS. Nah,berikut cara menjaga tubuh agar terhindar dari virus yang berasal dari kelelawar ini;

1. Mencuci tangan sesering mungkin

Banyak bakteri, kuman dan virus yang mungkin menempel di tangan kita tanpa kita sadari dan lihat. Maka, untuk menghindari hal tersebut, mencuci tangan sesering mungkin sangat dianjurkan, apalagi untuk kalian yang sering bepergian dan menyentuh benda-benda kotor seperti menyetir mobil, mengendarai motor, bersepeda, berolahraga di tempat gym, memegang komputer, dan lain sebagainya. 

Cucilah tangan selama 20 detik sebelum akhirnya dibilas dengan air. Pastikan kalian memcuci tangan dengan sabun antiseptic untuk menghindari kuman berkembang biak di tangan travelers.

Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik

2. Membawa hand sanitizer

Jika sedang bepergian, rasanya agak repot untuk berhenti dan mencuci tangan sesering mungkin. Maka, kalian memerlukan hand sanitizer untuk solusi praktis.

Dianjurkan bagi kalian untuk menggunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Selalu sedia Hand Ssnitizer untuk menghilangkan bakteri di tangan

3. Gunakan masker

Masker yang dianjurkan untuk digunakan adalah masker bedah yang biasa digunakan oleh dokter atau masker N95. Masker dokter atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang dinilai cukup efektif dalam menangkal virus. Masker ini pasti sudah tak asing lagi di mata kalian, namun sayangnya harga masker ini sedang melonjak di pasaran dikarenakan perilaku konsumen yang dirundung panic buying. Sedangkan, masker N95 khusus untuk menyaring partikel jahat di udara yang direkomendasikan untuk menghindari virus Corona. 

Kiat menggunakan masker yang tepat yakni usahakan saat travelers membuka masker jangan sampai menyentuh bagian depannya, apalagi sampai tersentuh wajah, mata, atau hidung, oleh karena itu cermatlah dalam menggunakannya!

Gunakan masker kedokteran untuk menghindari virus Corona

4. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh berfungsi untuk melindungi kalian dari berbagai serangan penyakit. Jika daya tahan tubuh travelers kuat maka travelers susah terjangkit virus-virus yang tak diinginkan, termasuk corona. Namun, beda cerita jika daya tahan tubuh travelers melemah, virus akan lebih gampang menyerang dan masuk ke dalam tubuh kalian. 

Jadi, untuk menghindari corona, travelers bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti protein dan zat besi lainnya, banyak minum air putih, jam tidur yang teratur, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen, dan tentunya menjauhi keramaian.

Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna untuk jaga daya tahan tubuh

5. Hindari mengucek mata, hidung, dan mulut

Tidak seperti virus SARS atau virus lainnya, yang tersebar lewat udara, corona menjangkit lewat sentuhan, oleh karena itu tangan rentan menjadi media transfer virus yang sangat berbahaya, sehingga travelers tidak dianjurkan untuk memegang wajah dan mulut.

Jangan mengucek mata jika kondisi tangan masih kotor dan belum dicuci

6. Jangan bersin sembarangan

Coba perhatikan, saat kalian bersin, ada cairan yang keluar dari mulut. Bisa jadi cairan tersebut mengandung bakteri atau virus. Jadi, usahakan untuk menutup mulut dengan tisu atau sapu tangan untuk meminimalisir penyebaran virus kepada orang lain.

Cairan yang keluar saat bersin akan menular ke orang ain jika yang bersin juga menderita gejala Corona

7. Menerapkan social distancing

Untuk sementara waktu, berikan jarak diri kalian dengan orang lain. Terutama, bagi mereka yang sedang pilek, batuk, demam, dan mencerminkan gejala-gejala corona. Hindari bersalaman dengan orang lain, karena semua jenis virus dan bakteri akan berpindah melalui sentuhan tangan!!

Menjaga jarak sejauh satu meter dari orang lain

Leave a Reply