Banyak Ditunda di 2020, Ini 5 Lomba Lari Dunia yang Diselenggarakan Tahun 2021

Adrianus Dwi Octaviano
November 2, 2020

Lomba lari dunia seperti marathon seringkali ditunggu oleh pelari dari beberapa negara. Hanya saja, kondisi pandemi COVID-19 mengharuskan kegiatan lomba lari ditunda hingga tahun 2021. Apa saja lomba lari yang sudah terkonfirmasi untuk tahun 2021? Simak artikel lengkapnya disini

Pandemi COVID-19 yang menyerang banyak negara ternyata tak hanya memberi dampak pada sektor kesehatan dan ekonomi. Pandemi ini juga memberi dampak pada sektor kegiatan masyarakat. Salah satu kegiatan yang ikut terdampak akibat pandemi COVID-19 ialah lomba lari dunia.

Sejatinya, lomba lari merupakan acara yang banyak diselenggarakan setiap tahunnya. Hanya saja, kegiatan lomba lari baik yang berskala nasional hingga lomba lari dunia minim dilakukan. Hal ini dikarenakan protokol kesehatan sulit diaplikasikan pada kegiatan lomba lari yang mengharuskan banyak orang berkumpul.

Berdasarkan kondisi tersebut, banyak lomba lari dunia yang setiap tahun ditunggu-tunggu terpaksa tertunda. Banyak panitia lomba lari dunia yang memutuskan akan menyelenggarakan event ini pada tahun 2021.

Setidaknya ada 4 lomba lari dunia yang sudah memiliki jadwal pasti pada 2021. Berikut 4 lomba lari dunia yang dapat menjadi perhatian para runners untuk diikuti di tahun 2021.

1. Run Rome The Marathon

Suasana Run Rome The Marathon. (sumber: romeing.it)

Bagi kebanyakan orang, Kota Roma memiliki ikon bangunan yang menarik. Run Rome The Marathon menjadi salah satu lomba lari dunia yang mengeksplorasi keindahan kota Roma. Hanya saja, lomba lari ini harus ditunda pada 2020 karena situasi pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir.

Tak perlu khawatir, pihak penyelenggara Run Rome The Marathon sudah memiliki jadwal terbaru di tahun 2021. Rencananya, Run Rome The Marathon akan dilaksanakan pada 21 Maret 2021.

Pengalaman lari di Run Rome The Marathon akan menyajikan suasana kota Roma yang sungguh luar biasa indah. Diprediksi, pelari yang akan terlibat dalam lomba lari dunia terbesar di Roma ini lebih dari 16.000 pelari yang datang dari 131 negara. Hal ini tentu akan menyenangkan bisa lari maraton saat akhir pekan di Roma.

2. The Great Wall Marathon

Dokumentasi The Great Wall Marathon pada tahun 2019. (sumber: The Great Wall Marathon)

The Great Wall Marathon merupakan salah satu lomba lari terbesar di dunia. Marathon yang berlokasi di Tembok Besar China sudah terlaksana sejak tahun 1999. Tak hanya memberikan pengalaman lari, The Great Wall Marathon juga memberikan pengalaman lari di tempat yang memiliki sejarah keajaiban dunia.

Sudah berjalan 21 tahun, lomba lari terbesar di China ini selalu diikuti oleh 2500 pelari yang berasal dari 60 negara. Lomba lari ini dibagi menjadi 3 kategori, antara lain marathon, half marathon, dan lari 8,5km.

Pada tahun 2020, The Great Wall Marathon ini terpaksa harus dibatalkan dan ditunda hingga tahun 2021. Dalam laman resminya, lomba lari ini lebih mengutamakan kesehatan pelari karena situasi pandemi COVID-19. Bagi yang sudah memiliki tiket The Great Wall Marathon 2020 tak perlu khawatir karena pihak panitia akan memberikan tawaran refund yang bisa dilakukan sebelum 31 Desember 2020.

Pada tahun 2021, The Great Wall Marathon akan terselenggara kembali jika situasi sudah cukup membaik. Tanggal baru yang dipilih pihak panitia ialah 15 Mei 2021.

3. Mandiri Bintan Marathon

Dokumentasi event Mandiri Bintan Marathon pada tahun 2019. (sumber: Mandiri Bintan Marathon)

Mandiri Bintan Marathon juga salah satu lomba lari dunia terbesar di Indonesia. Marathon yang diselenggarakan atas kerja sama PT Medianusa Permana, Singapore’s Orange Room dan Bintan Resorts ini sudah mencapai edisi yang ketiga. Sejatinya, pada edisi ketiga ini Mandiri Bintan Marathon masih akan diselenggarakan di Pulau Bintan.

Hanya saja, edisi ketiga yang harusnya dilaksanakan pada tahun 2020 terpaksa dibatalkan akibat pandemi COVID-19 yang masih belum reda. Padahal, pada tahun tersebut kategori lomba lari yang diselenggarakan agar bisa menampung 5000 pelari yang naik dari 3000 pelari pada tahun 2019.

Namun bagi kamu pecinta lari jangan khawatir karena Mandiri Bintan Marathon telah memiliki jadwal baru yakni 3-4 Juli 2021. Selain itu, Mandiri Bintan Marathon ini juga menyajikan rute yang indah dengan pemandangan pantai yang masih asli di Lagoi Bay, Pulau Bintan. Tidak hanya itu, Mandiri Bintan Marathon akan memiliki banyak kategori jarak, antara lain 1,2km, 3km, 10km, half marathon dan full marathon.

4. Marathon des Châteaux du Médoc

Peserta Marathon des Châteaux du Médoc 2019. (sumber: world's marathon)

Marathon des Châteaux du Médoc adalah lomba lari yang sudah 35 kali terselenggara di Prancis. Lomba lari ini diselenggarakan oleh perusahaan anggur ternama, Medoc. Hanya saja, edisi ke 36 yang seharusnya diselenggarakan pada tahun 2020 harus ditunda hingga 2021.

Keputusan penundaan salah satu lomba lari terbesar di Prancis ini melewati banyak pertimbangan oleh beberapa pihak. Tim panitia memutuskan menunda karena tidak mau mengurangi pengalaman yang diterima oleh pelari jika dibatasi oleh protokol kesehatan. Oleh karena itu, panitia memilih untuk menunda saja hingga kondisi mulai membaik.

Jadwal baru yang dikeluarkan oleh panitia untuk tahun 2021 adalah 11 September 2021. Harapannya, pelari akan lebih mendapat pengalaman yang menyenangkan di tahun 2021. Tak hanya itu, pihak penyelenggara Marathon des Châteaux du Médoc sejati nya juga mengobati rasa rindu pelari pada tahun 2020 ini dengan menyelenggarakan virtual marathon yang baru diadakan pertama kali pada 12 September 2020 lalu.

5. BDG 100 Ultra

Dokumentasi BDG 100 Ultra pada tahun-tahun sebelumnya. (sumber: tempo.co)

BDG 100 Ultra merupakan salah satu lomba lari dunia yang melintasi alam. Pelari diajak untuk memasuki desa, hutan, dan pegunungan. Lokasi tepatnya berada di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Lintasan yang mengelilingi alam ini menjadi daya tarik BDG 100 Ultra bagi pelari domestik maupun internasional. Lomba lari ini sudah terselenggara sebanyak 3 kali dan seharusnya pada tahun 2020 merupakan edisi keempat. Ada 3 pilihan jarak dalam lomba lari BDG 100 Ultra, yaitu 25km, 60km, dan 100km.

BDG 100 Ultra termasuk lomba lari dunia yang juga mengalami penundaan pelaksanaan. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 belum berangsur pulih. Pihak penyelenggara memutuskan akan mengadakan BDG 100 Ultra seri keempat pada 3-5 September 2021. Belum ada informasi lengkap terkait penundaan tersebut dan pihak penyelenggara berjanji akan memberikan update informasi secepatnya.

Nah, meskipun tahun 2021 tinggal menghitung bulan, kamu masih punya banyak waktu untuk berlatih lari sebelum mengikuti lomba-lomba lari dunia yang akan terselenggara tahun depan. Untuk melengkapi latihan larimu, kamu bisa menggunakan Garmin Forerunner yang ternyata memiliki banyak fitur-fitur bermanfaat. Fitur-fitur yang dimiliki, antara lain GPS, Glonass, Gallileo, pengukuran denyut jantung, akselerometer, kompas elektronik, altimeter barometrik, giroskop, termometer, hingga pulse ox. Selain itu, ada fitur menyetel musik yang bisa menemani aktivitas latihan larimu. Oleh karena itu, kamu bisa berlatih lari dengan aman dan nyaman.***