[VIDEO] Beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i: Cari buat Pemula atau Ahli?

Gilang Fajar Septian
March 20, 2021

Garmin sudah beberapa kali melakukan peningkatan kepada seri Descent selaku lini yang ditujukan bagi para penyelam. Namun, dari model Mk1,Mk2, dan Mk2i yang tersedia saat ini, manakah yang paling cocok untuk penyelam pemula dan profesional?

Bagi Anda yang hobi menyelam, Garmin Descent Series mungkin tidaklah terdengar asing. Garmin Descent Series sendiri merupakan smartwatch yang ditujukan buat penyelam pemula dan ahli (technical dive), khususnya untuk menikmati pemandangan laut yang menyejukkan mata. Lantas, apa saja beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i?

Beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i: Fitur Umum

Beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i

Koneksi Garmin Descent Mk1 dengan aplikasi Garmin Connect
Sumber: Oceanhunter.co.nz

Garmin Descent Mk1, Mk2, Mk2i merupakan komputer selam berukuran jam tangan yang memang dirancang untuk para penyelam. Fitur garmin Descent series ini menawarkan navigasi GPS permukaan sehingga memudahkan penggunanya untuk menandai titik masuk dan keluar penyelaman. Selain memiliki desain yang ramping, nyaman, dan elegan, perangkat ini juga berfungsi memberikan notifikasi cerdas untuk membantu agar kita tetap terhubung pada jaringan selama perjalanan.

Meskipun ketiganya memiliki fungsi yang sama, terdapat perbedaan fitur dari masing-masing series. Berikut pemaparan ketiga perangkat secara umum.

Garmin Descent Mk1 Mk2 Mk2i
Bahan Lensa kristal safir kristal safir kristal safir
Bahan Rangka stainless steel atau titanium stainless steel atau titanium Titanium berlapis DLC (Diamond-like Carbon)
Bahan tali Silikon Silikon Silikon atau Titanium
Ukuran fisik 51 x 51 x 17.8 mm 52 x 52 x 17.8 mm 52 x 52 x 17.8 mm
Resolusi tampilan 240 x 240 piksel 280 x 280 piksel 280 x 280 pixels
Daya tahan baterai Modus menyelam: Hingga 36 jam Mode menyelam: Hingga 80 jam Mode menyelam: Hingga 80 jam
Memori/Riwayat 16GB 32GB 32GB
Ukuran layar 1.2 (30,4 mm) diameter diameter 35.56 mm diameter 30,4 mm

Fitur Smartwatch Harian



Ketika sedang tidak menyelam, Garmin Mk1, Mk2, dan Mk2i memiliki fungsi sebagai jam tangan pintar GPS multisport premium yang didukung GNSS serta Garmin Elevate untuk memonitor denyut jantung melalui pergelangan. Tidak hanya itu, ketiga smartwatch series ini juga dibekali sensor seperti Altimeter barometrik, Kompas elektronik , Akselerometer , Termometer , dan sensor untuk mengetahui kedalaman.

Baca juga: Suunto Dive vs Garmin Descent: Duel Penguasa dan Inovator Pasar Dive Computer

Di sisi lain, terdapat fitur konektivitas seperti panggilan, teks, kalender, cuaca, hingga pemutar musik yang memberikan kemudahan bagi pengguna . Akan tetapi, terdapat layanan yang kurang kompatibel bagi Mk1 namun dimiliki oleh Mk2 dan Mk2i, yaitu pulse oximeter untuk pemantauan oksigen dalam darah.

Daya Tahan Baterai

Sumber : Garmin.co.id

Bicara soal ketahanan daya baterai, Garmin Descent Mk1 memilki kekuatan yang berbeda dengan Mk2 dan Mk2i. Garmin Descent Mk1 memiliki daya tahan baterai hingga 36 jam, sedangkan Garmin Descent Mk2 dan Garmin Descent Mk2i memiliki daya tahan baterai yang lebih lama yaitu hingga 80 jam dalam mode selam.

Dalam mode smartwatch, Garmin Descent Mk1 dapat bertahan hingga 10 hari, sedangkan Garmin Mk2 dan Mk2i dapat bertahan hingga 16 hari. Selain itu, dalam mode GPS Garmin Descent Mk1 mampu bertahan hingga 20 jam, sedangkan Mk2 dan Mk2i bertahan hingga 48 jam. Dari informasi tersebut terlihat bahwa komparasi daya baterai Garmin Descent Mk2 dan Mk2i masih lebih baik dibandingkan Mk1.

Fitur Menyelam Mk1 vs Mk2i

Beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i

Sumber : Garmin.co.id

Dalam berbagai aktivitas menyelam, smartwatch Garmin memiliki fungsionalitas yang tidak diragukan. Pasalnya, smartwatch ini memudahkan setiap pengguna untuk merencanakan penyelaman hingga mengakses data-data penting dan real time yang dibutuhkan untuk menyelam. Komputer juga akan bekerja secara otomatis ketika pengguna mulai menyelam dan dapat mengukur kedalaman, waktu menyelam, suhu air, laju naik/turun, waktu dekompresi, hingga daya tahan baterai.

Meskipun ketiga smartwatch memiliki fungsi yang sama, terdapat beberapa fitur Garmin Descent Mk2i yang tidak dimiliki oleh Garmin Descent Mk1, seperti misalnya pencarian lokasi bangkai kapal/terumbu karang serta data pasang surut untuk menemukan tempat terbaik untuk dijelajahi.

Di samping itu, Garmin Descent Mk2i juga memiliki aksesoris seperti Descent T1 yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data tangki dari Descent T1 ke jam tangan Mk2i melalui gelombang suara. Teknologi sonar Subwave tersebut dapat beroperasi dalam jarak 10 m dan terhubung hingga 5 pemancar dalam satu waktu.

Melihat dari perbedaan tersebut terlihat bahwa Garmin Descent Mk2i lebih unggul dibandingkan Mk1. Untuk melihat komparasi kedua smartwatch ini, simak ulasan berikut.

Garmin Descent Mk1 Garmin Descent Mk2i
Mode single gas dan multi gas
Mode APNEA
Dukungan Nitrox dan Trimix
Closed Circuit Rebreather (CCR) x
Subwave Support x
Air Integration x
Jumlah Pemancar yang Didukung x
Sisa Waktu Pemakaian Gas x
Tingkat Pemakaian Gas x
Auto start / end dive
Pasang surut x
Penyesuaian ketinggian otomatis

Beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i: Kesimpulan

Berdasarkan beda Garmin Descent Mk1, Mk2, dan Mk2i yang sudah dibahas di atas, terlihat jelas bahwa Garmin Descent Mk2i merupakan produk yang lebih unggul dibandingkan Mk1 dan Mk2. Seperti yang bisa ditebak, harga Garmin Descent Mk1 relatif lebih murah dibandingkan kedua smartwatch lainnya, yakni dibanderol sekitar Rp14.999.000. Jika disandingkan dengan Mk2, tentu harganya lebih mahal yakni Rp19.999.000, sedangkan harga Mk2i dipatok dengan harga Rp22.999.000.

Sebagai referensi pilihan Garmin Descent Series buat penyelam pemula atau ahli, perbandingan dive computer Garmin Mk1 dan Mk2i menunjukkan bahwa nama yang disebut terakhir lebih cocok digunakan oleh penyelam profesional. Sementara itu, Mk1 lebih cocok digunakan untuk penyelam pemula.

Garmin Transmitter
(Sumber: Garmin.com)

Sebagai catatan, Garmin juga turut menyediakan transmitter pemantau tekanan tangki, serta sisa & konsumsi udara yang dapat dipasangkan pada Descent. Adapun, transmitter Garmin ini bisa didapatkan dengan biaya sebesar Rp5.999.000.

Nah, apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu smartwatch dari Garmin Descent series ini?

Diagram Perbandingan Garmin Descent Mk1, MK2, dan MK2I