Berteman Dengan Ubur-Ubur Bak Dalam Bikini Bottom!

Vivian Yolanda
March 26, 2020

Bermain bersama ubur-ubur bak berada dalam film Spongebob tanpa takut disengat! Ini dia 6 rekomendasi danau tempat ubur-ubur tanpa sengat bersarang!

Hi travelers! Masihkah kalian mengikuti film kartun Spongebob? Untuk para travelers yang sering mengikuti film kartun ini, travelers pasti sudah hafal dan tak asing lagi dengan berbagai karakter dan biota laut yang ada dalam film asal negeri Paman Sam itu. Oops, kali ini bukan membahas soal Spongebob, melainkan Jellyfish yang biasa disebut ubur-ubur. 

Jellyfish merupakan binatang laut yang memiliki sengatan untuk melawan musuh, teman spongebob ini cenderung tinggal di laut dan jarang sekali ditemukan di Indonesia. Tapi ternyata berikut adalah 6 danau yang menjadi tempat tinggal ubur-ubur tak berpenyengat :

1. Danau Karawapop, Misool, Papua Barat

Terletak di Misool, untuk sampai ke tempat ini, travelers dapat naik pesawat dan turun di Kota Sorong, Papua. Setelah itu, travelers dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat atau kapal laut, kemudian dilanjutkan dengan trekking hingga tiba di Karawapop. Disana kalian bisa melihat moon jellyfish (aurelia aurita) yang berbentuk mirip dengan piring transparan berwarna oranye tanpa takut disengat saat berada dalam air.

Berenang dengan Moon Jellyfish di Danau Karawapop

2. Danau Pulau Sembilan, Flores, Nusa Tenggara Timur

Pulau yang mirip dengan angka sembilan ini biasa disebut Mangiatan. Terletak di Taman Nasional Komodo, travelers dapat bertemu dengan beberapa ubur-ubur tak bersengat, salah satunya adalah ubur-ubur biru yang memiliki nama asli Stingless Jellyfish yang memiliki tentakel-tentakel berwarna biru. Mereka hidup diantara ganggang-ganggang yang berada di kolam Pulau Sembilan, travelers dapat menyelam sambil berfoto dengan ubur-ubur dalam air.

Bermain dengan Stinless Jellyfish di Danau Pulau Sembilan

3. Danau Lenmakana, Misool, Papua Barat

Danau Lenmakana merupakan danau dengan jumlah ubur-ubur terbanyak dari antara danau-danau lain. Terdapat ribuan ubur-ubur yang menyala namun terhitung aman jika travelers berinteraksi dengan mereka. Travelers juga dapat menyelam ke dalam danau sambil bermain dengan ubur-ubur tanpa takut disengat. Saat akan menyelam, travelers tak boleh menggunakan tabir surya atau body lotion karena bahan kimia akan mencemari danau sehingga berpengaruh juga dengan para ubur-ubur yang rentan bahan kimia!

Memotret momen dengan Jellyfish di Lenmakana

4. Danau Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Di sini, travelers dapat sepuasnya berenang bersama ubur-ubur berspesies Cassiopea yang berenang dengan badan terbalik dan posisi tentakel ke atas, Aurelia Aurita yaitu ubur-ubur berbadan bening bak piring kaca, Tripedalia cystophora jenis ubur-ubur yang lebih mungil seukuran jari telunjuk , kemudian Mastigias papua yang berwarna biru kecoklatan, keempat spesies tersebut merupakan spesies yang paling dominan dalam danau ini. Oleh karena itu, kalian bisa sambil menghayal berada dalam Bikini Bottom bersama Spongebob.

Ubur-ubur berspesies totol, kotak, bulan, dan terbalik di Danau Pulau Kakaban

5. Danau Mariona, Taman Nasional Togean, Sulawesi Tengah

Di sini, travelers dapat melihat ubur-ubur dengan berbagai tipe dan warna seperti kemerahan, oranye, bersemu ungu, hingga putih transparan. Terletak di Taman Nasional Togean, Katupat, Sulawesi Tengah, travelers bisa menikmati pemandangan dalam danau bersama ubur-ubur, namun, jika di danau lainnya travelers bisa menyentuh dan berfoto dengan teman Spongebob ini, di Mariona kalian malah dilarang untuk menyentuh ubur-ubur karena alasan pelestarian.

Ubur-ubur oranye di Danau Mariona

6. Danau Haji Buang, Pulau Maratua, Kalimantan TimurBerbeda dengan

Danau lain yag ramai akan kunjungan travelers, di sini malah kebalikannya. Danau ini sangat jarang dikunjungi oleh pengunjung, sehingga menciptakan rasa tenteram dan travelers juga dapat melihat ubur-ubur dari air dan berjumpa dengan ikan julung-julung.

Ubur-ubur transparan di Danau Haji Buang

Leave a Reply