Bingung Memilih Jam Tangan Lari? Fitbit Versa 2 atau Fitbit Ionic Saja

Gilang Fajar Wijayanto
September 13, 2020

Memilih jam tangan lari itu gampang-gampang susah. Tapi pastikan kalau pilihannya adalah Fitbit Versa 2 atau Fitbit Ionic. Dari keduanya, mana yang sebaiknya dipilih?

Memiliki tubuh sehat adalah idaman setiap manusia. Memiliki tubuh yang bugar dapat menjadi kunci untuk menjaga imunitas tubuh. Walaupun begitu, tidak banyak yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Di tengah imbauan untuk diam di rumah saja, pergi ke gym sangat tidak disarankan karena bisa menjadi cluster baru penyebaran virus Covid-19. Solusinya, kamu bisa menggunakan bantuan fitur fitness tracker pada smartwatch untuk berolahraga.

Namun, beberapa jenis smartwatch mungkin terlalu fancy atau memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak diperlukan. Ini membuat harganya melambung dan tidak terjangkau. Namun, kalau fitur fitness tracker adalah satu-satunya yang kamu butuhkan, maka Fitbit Versa 2 dan Fitbit Ionic bisa menjadi pilihan yang masuk akal.

Lalu, dari kedua smartwatch itu yang mana yang seharusnya dipilih? Mari kita bandingkan dulu.

Design

Perbedaan Design adalah faktor yang paling jelas terlihat perbedaannya. Fitbit Ionic terlihat lebih tegas dengan bentuk yang lebih boxy. Ini jauh berbeda dari Fitbit Versa 2 yang lebih fashionable khas Apple Watch.

Fitbit Ionic (kiri) vs Fitbit Versa 2 (kanan) via techradar.com

Tapi memang seperti itu adanya, ada perbedaan yang langsung terasa saat melihat tampak luar Fitbit Versa 2 dan Fitbit Ionic. Fitbit Ionic memiliki bentuk persegi kotak-kotak yang tegas. Jenis desain seperti ini tentu tidak stylish, namun untungnya kesan sporty-nya masih terasa.

Sementara untuk Fitbit Versa 2, desainnya terlihat mendapat revamp dari desain Versa asli. Desain Fitbit Versa 2 memperhalus beberapa sudut dan menghilangkan logo Fitbit di bezel bawah. Makanya, banyak orang yang bisa salah mengira Fitbit Versa 2 sebagai Apple Watch karena memang bentuk dan tampilannya mirip.

Fitbit Versa 2 memiliki NFC, monitor detak jantung dan sensor SpO2 di bagian belakang. Smartwatch ini juga water resistance hingga kedalaman 50 meter. Masa pakai baterainya juga cukup lumayan, kira-kira 5 hari dengan satu kali charging. Menariknya lagi, Fitbit Versa 2 juga hadir dengan berbagai macam warna sehingga terkesan fresh dan unik.

Sebaliknya, Fitbit Ionic memiliki spesifikasi lebih "gahar" dibanding Fitbit Versa 2. Fitbit Ionic juga mengemas lebih banyak hardware dan sensor. Fitbit Ionic memiliki sensor SpO2 dan heart rate monitor seperti layaknya Fitbit Versa 2. Namun, keunggulannya ada pada built-in GPS, dan surprisingly, baterainya bisa bertahan hampir sama dengan Fitbit Versa 2 yakni bisa selama empat hingga lima hari. Fitbit Ionic juga hadir dengan berbagai pilihan warna seperti grey dan blue. Namun, ada juga versi Fitbit Ionic Adidas yang jelas terlihat lebih sporty.

Fitur

Fitbit Ionic dengan built-in GPS via techradar.com

Perbedaan fitur yang paling terasa dari Fitbit Versa 2 dan Fitbit Ionic adalah dari GPS-nya. Fitbit Ionic memiliki sensor GPS built-in sedangkan Fitbit Versa 2 harus dihubungkan dengan smartphone kalau mau menggunakan GPS. Ini jelas adalah kabar baik. Pasalnya, kalau kamu sedang menggunakan Fitbit Ionic, kamu tidak perlu jogging sambil membawa smartphone hanya untuk men-track rute lari.

Namun, kalau ditelisik lebih dalam, Fitbit Versa 2 memiliki fitur yang tidak kalah menarik, yaitu Amazon Alexa. Fitbit Versa 2 memang adalah seri Fitbit pertama yang memiliki fitur assisten Alexa. Dengan Alexa, kamu secara teori bisa mengendalikan fungsi-fungsi perangkat smart home hanya dengan perintah suara.

Fitbit Versa 2 dengan Amazon Alexa via techradar.com

Selain fitur diatas, Fitbit Versa 2 dan Fitbit Ionic terbilang mirip. Keduanya datang dengan pelacakan detak jantung, pemantauan VO2 Max, step counting, excercise detection dan sleep tracking. Keduanya juga mendukung Fitbit Pay (yang mungkin tidak akan terlalu berguna buat pengguna di Indonesia), dukungan notifikasi yang lengkap, dan penyimpanan musik (non-Spotify). Watch face-nya juga dapat dikostumisasi sesuai pilihanmu.

Harga

Tidak bisa dipungkiri, selain fitur dan spesifikasi, masalah harga kadang menjadi faktor utama sebelum kita membeli suatu fitness tracker.

Secara garis besar, spesifikasi dari Fitbit Versa 2 dan Fitbit Ionic bisa dilihat di table berikut.

Lalu bagaimana dengan harga?

Untuk harganya sendiri, Versa 2 dan Ionic berada di rentang harga yang hampir mirip. Fitbit Versa 2 dihargai sekitar 3,8 jutaan Rupiah sedangkan Fitbit Ionic agak lebih mahal karena dihargai sebesar 4,7 jutaan Rupiah.

Memilih antara Versa 2 dan Ionic sebagai fitness tracker sekaligus smartwatch memang tidak mudah. Fungsionalitas-fungsionalitas yang ditawarkan dan harga jual juga terbilang mirip. Namun, jika GPS adalah prioritas untukmu, mungkin karena kamu cuma ingin fokus jogging tanpa perlu repot membawa smartphone, atau karena alasan lain, Fitbit Ionic adalah pilihan yang tepat walaupun kamu harus membayar sekitar 900 ribu lebih mahal.

Sebagai alternatif, kalau kamu kebetulan memiliki smart home yang bisa dikontrol dengan perintah suara, maka Fitbit Versa 2 bisa dijadikan pilihan.

Leave a Reply