[VIDEO] Coros Pace 2 vs Garmin Forerunner 745: Adu Sportwatch, Ada Specs Ada Harga

Gilang Fajar Septian
March 14, 2021

Apakah Pace 2 keluaran Coros ini cukup mumpuni untuk mengganggu hegemoni Garmin di pasar sportwatch? Silakan nilai sendiri melalui perbandingan dengan Forerunner 745 milik Garmin.

Jika disinggung soal sportwatch, kebanyakan penggemar kegiatan luar ruangan pasti akan langsung mengasosiasikannya dengan brand Garmin. Namun seiring waktu, persaingan pada segmen ini semakin ketat dengan munculnya merek-merek alternatif, salah satunya Coros. Lantas, apakah Coros layak disebut sebagai Garmin Killer? Temukan jawabannya dalam komparasi Sportwatch dari kedua brand ini, Coros Pace 2 vs Garmin Forerunner 745.

Kalian juga bisa saksikan video di sini untuk melihat ngebandingin kedua sportwatch ini, Garmin Forerunner 745 dengan Coros Pace 2

Coros Pace 2 vs Garmin Forerunner 745: Komparasi aspek

Untuk membandingkan kedua sportwatch ini, kami akan membahas aspek-aspek kunci sebagai berikut:

Desain

Dari segi desain, Coros Pace 2 terbilang memiliki tampilan yang lebih 'ramai' ketimbang Garmin Forerunner 745. Hal ini terlihat dari corak melingkar dan imbuhan teks "Coros" pada pinggiran layar Pace 2. Kesan ini berlanjut pada tombol dengan tampilan dan ukuran menonjol, serta strap yang diimbuhi banyak lubang saluran udara.

Di sisi lain, Garmin Forerunner 745 coba menonjolkan desain yang lebih simpel. Layar 745 bersih dari corak tambahan, tombolnya juga didesain secara minimalis, dan lubang pada strap hanya dibuat dalam satu pola saja. Namun kesan sederhana ini tidak berlanjut pada bahan untuk layar, karena Garmin menyematkan Corning Gorilla Glass DX yang memberikan daya tahan serta kesan premium lebih baik dibandingkan Pace 2 yang hanya menggunakan Corning Glass standar.

Coros Pace 2 Garmin Forerunner 745
Bahan lensa Corning Glass Corning Gorilla Glass DX
Ukuran 42 × 42 × 11.7mm 43.8 x 43.8 x 13.3 mm
Berat 29/35 gram 47 gram
Ukuran display 30.4 mm 30.4 mm
Resolusi display 240 x 240 pixel 240 x 240 pixel
Tingkat ketahanan air 5 ATM 5 ATM

Sensor

Bicara soal sensor, Garmin Forerunner 745 sedikit lebih unggul dari Coros Pace 2. Layaknya kebanyakan model smartwatch Garmin, Forerunner 745 juga telah dilengkapi dengan oksimetri yang berfungsi sebagai pengukur kadar oksigen dalam darah. Fitur ini amat membantu dalam menentukan porsi olahraga yang dibutuhkan, mengingat secara alamiah kadar oksigen dalam darah akan semakin baik saat kita sering berolahraga.

Satu lagi sensor yang dapat ditemukan pada Forerunner 745 adalah sensor irama sepeda. Sensor ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui jumlah putaran pedal / menit di saat bersepeda, yang berguna sebagai patokan kecepatan kayuh.

Satu keunggulan Pace 2 terletak pada pengukuran running power yang telah terintegrasi dengan jam tangan. Pada dasarnya fitur ini juga dapat ditemukan pada Forerunner 745, namun diperlukan aksesori tambahan seperti Stryd untuk berperan sebagai sensor eksternal.

Coros Pace 2 Garmin Forerunner 745
GPS
Glonass x
Galileo x
Monitor detak jantung
Oksimetri x
Akselerometer
Barometer
Kompas
Sensor irama sepeda x
Giroskop
Running power on-wrist memerlukan aksesori tambahan

Olahraga yang didukung

Forerunner 745 unggul telak dari Pace 2 pada aspek ini. Secara spesifik, 745 memiliki dua kali lipat jumlah olahraga terdukung dibandingkan dengan Pace 2.

Beberapa olahraga yang secara khusus didukung oleh Forerunner 745 adalah latihan eliptikal, langkah tangga, yoga, lari treadmill, ski, snowboarding, hingga kayak.

Coros Pace 2 Garmin Forerunner 745
Lari lari biasa, indoor, track lari biasa, treadmill, indoor, trail, virtual
Berjalan x
Sepeda biasa, indoor biasa, indoor, gunung
Berenang kolam, perairan terbuka kolam, perairan terbuka
Triatlon
Kardio
Latihan kekuatan
Eliptikal x
Yoga x
Ski x
Snowboarding x
Paddleboarding x
Pilates x
Kayak x

Fitur

Dalam komparasi ini, Forerunner 745 merupakan satu-satunya sportwatch yang menawarkan fitur seperti pengunggah peta, lokator posisi smartphone, hingga notifikasi untuk melakukan gerakan fisik. Selain itu, model Garmin yang satu ini juga menawarkan kebolehan lain seperti penyimpanan dan kapabilitas pemutaran musik, hingga memungkinkan pembayaran melalui sistem NFC.

Selebihnya, kedua smartwatch sama-sama memiliki fitur notifikasi gerak, notifikasi pesan dan panggilan dari smartphone, alarm getar, stopwatch, akses data pelacak melalui website pabrikan, hingga sistem penghargaan untuk tiap pencapaian fisik yang pengguna-nya raih.

Coros Pace 2 Garmin Forerunner 745
Notifikasi gerak
Notifikasi pesan & panggilan smartphone
Alarm getar
Stopwatch
Akses data pelacak
Sistem penghargaan
Pengunggah peta x
Pelacak smartphone x
Penyimpanan & pemutaran musik x
Pembayaran via NFC x

Konektivitas & masa hidup baterai

Sekali lagi, Coros Pace 2 harus puas berada di peringkat kedua bila dibandingkan dari segi konektivitas. Tidak seperti Forerunner 745, Pace 2 tidak memiliki kapabilitas untuk terkoneksi dengan Wi-Fi.

Namun, Pace 2 memiliki keunggulannya tersendiri karena memungkinkan sinkronisasi otomatis dengan perangkat lain saat berada di dalam lingkup jangkauan. Sisanya, kedua smartwatch ini sudah sama-sama kompatibel dengan Android & iOS, dapat disinkronkan secara wireless lewat Bluetooth, serta memiliKi ANT+.

Masuk ke masa hidup baterai dalam perbandingan sportwatch Garmin Forerunner 745 dengan Coros Pace 2, nama terakhir dapat berbangga karena memiliki daya tahan hampir dua kali lipat lebih tinggi dibanding saingannya. Tentunya hal ini berkaitan dengan fitur yang lebih minim, sehingga memungkinkan Pace 2 untuk menghemat daya baterai kala beroperasi.

Coros Pace 2 Garmin Forerunner 745
Kompatibilitas sistem operasi smartphone Android & iOS Android & iOS
Bluetooth
ANT+
Sinkronisasi otomatis dengan perangkat x
Wi-Fi x
Daya tahan baterai (mode smartwatch) hingga 20 hari hingga 7 hari
Daya tahan baterai (mode GPS) hingga 30 jam (max 60 jam) hingga 16 jam
(max 21 jam)

Coros Pace 2 vs Garmin Forerunner 745: Harga

Melihat perbandingan Coros vs Garmin Series yang satu ini, keunggulan mutlak dari Forerunner 745 tak ayal mengantarkan sportwatch Garmin untuk dipatok dengan harga lebih mahal. Kurang lebih, harga jam ini berada di kisaran Rp7.999.000,00.

Sementara itu, Pace 2 dipatok dengan harga lebih dari dua kali lipat lebih murah dibandingkan Forerunner 745. Sportwatch saingan Garmin yang satu ini dapat dibawa pulang dengan harga berkisar Rp3.350.000,00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu

Coros Pace 2 vs Garmin Forerunner 745: Kesimpulan

Diagram perbandingan Coros Pace 2 dan Garmin Forerunner 745

Dengan keunggulan dari banyak aspek, Forerunner 745 dapat dipilih oleh Anda yang menginginkan sportwatch serba bisa dan dapat digunakan di segala kondisi. Fleksibilitas ini juga berlaku pada tampilannya yang lebih simpel namun tetap elegan, sehingga cocok untuk dipakai sehari-hari. Namun dengan segala keunggulannya itu, Anda juga harus siap untuk merogoh kocek hingga hampir 8 juta.

Beralih ke sportwatch entry level, Coros si pesaing Garmin, Pace 2 terbilang membawa fitur yang sudah sangat oke bila mengingat harganya yang dua kali lipat lebih murah dibanding Forerunner 745. Apalagi, jam ini juga memiliki daya baterai luar biasa, serta tidak membutuhkan sensor tambahan untuk menjalankan tugas utamanya sebagai sportwatch running power.

Apakah julukan "Coros, si Garmin killer" layak disematkan pada model Pace 2? dari segi value-for-money, jam ini bisa saja menarik beberapa konsumen dengan modal terbatas, namun tidak merisaukan pengurangan fitur berskala kecil. Tapi bagi Anda yang tidak mempermasalahkan harga, Forerunner 745 dapat menjadi pilihan solid untuk menemani kegiatan sehari-hari.