DJI Osmo Mobile 4 Review, Osmo Mobile Terbaru dengan Sistem Magnetis

Gilang Fajar Wijayanto
September 12, 2020

DJI akhirnya merilis model terbaru dari lini produk DJI Osmo Mobile. Disebut dengan DJI Osmo Mobile (OM) 4, perangkat ini memiliki fitur-fitur inovatif yang tidak ada di versi sebelumnya. Apa sajakah itu?

Pabrikan drone dan aksesoris gadget asal China, DJI, kembali hadir dengan seri Osmo Mobile (OM) terbaru yang bertajuk DJI Osmo Mobile 4(OM4). Sama seperti pendahulunya, seri OM tetap memiliki fungsi utama sebagai handled stabilizer, namun di OM 4 ini, DJI menyematkan sejumlah fitur-fitur baru yang semakin memudahkan kamu untuk merekam video tanpa guncangan. Lalu, apa saja yang baru di DJI Osmo Mobile 4 ini?

Design

DJI Osmo Mobile 4 adalah gimbal tiga sumbu bertenaga dengan desain pegangan yang mudah digenggam. Build quality-nya cukup bagus — body-nya terbuat dari bahan polycarbonate kokoh dengan dudukan karet. DJI Osmo Mobile 4 sedikit lebih berat daripada DJI Osmo Mobile 3, tetapi secara keseluruhan sedikit lebih compact. Ukurannya cuma 7,0 x 4,0 x 2,8 inci dalam kondisi terlipat, cukup compact kalau dibawa dalam tas.

Button-button kontrol DJI Osmo Mobile 4
Foto: Cakdan

DJI Osmo Mobile 4 ini juga tetap mudah digunakan untuk smartphone besar seperti iPhone 11 atau Samsung Galaxy S20 Ultra, tetapi kamu mungkin harus mengeluarkan ponsel dari casingnya supaya tidak terlalu tebal.

Di bagian depan, kamu akan menemukan button-button untuk menggeser dan memiringkan posisi kamera, button multiguna, dan button untuk shutter. Ada juga port pengisian USB-C dan port USB-A yang berfungsi sebagai pengisi daya untuk smartphone. Baterai DJI Osmo Mobile 4 membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk terisi penuh dan sekali terisi penuh, DJI Osmo Mobile 4 sanggup digunakan sampai 15 jam penggunaan.

Dari segi design, yang paling mencuri penampilan adalah magnetic attachment-nya.

Magnetic Attachment

Tidak bisa dipungkiri, salah satu fitur yang menarik dan paling ditunggu di DJI Osmo Mobile 4 adalah mekanisme magnetic attachment. Dengan mekanisme baru ini, DJI Osmo Mobile 4 bisa menopang smartphone dengan clamp atau ring magnetic sehingga lebih stabil dan tidak mudah jatuh. Ini tentu berguna banget kalau kamu sering merekam video-video yang tidak statis dan banyak bergerak.

Dalam paket penjualannya, DJI Osmo Mobile 4 hadir dengan dua mekanisme magnetic attachment. Yang satu adalah semacam magnetic clamp yang mudah di-adjust sesuai ukuran smartphone. Sedangkan yang satu lagi adalah ring magnetik yang bisa dipasang permanen di sisi belakang smartphone. Perubahan ini sebenarnya minor, namun mekanisme seperti ini cukup berguna karena meng-adjust clamp DJI Osmo model sebelumnya agak merepotkan. Mekanisme magnetik memang nampak dioptimalisasi supaya dapat digunakan dengan satu tangan.

Fitur dan Performa

DJI Osmo Mobile 4 dapat dihubungkan dengan smartphone melalui Bluetooth. Setelah itu, kamu bisa menggunakan aplikasi DJI Mimo untuk menggunakan kontrol tambahan, pembaruan firmware, dan fitur khusus DJI Osmo Mobile 4. Namun, jika kamu hanya perlu merekam video yang minim guncangan, DJI Osmo Mobile 4 dapat menjaga smartphonemu tetap stabil tanpa memerlukan bantuan perangkat lunak.

Berbicara soal aplikasi DJI Mimo, aplikasi ini sebenarnya hadir untuk meng-enhance fitur kamera smartphone. Namun nyatanya, saat tulisan ini dibuat, DJI Mimo di iOS tampil jauh lebih baik daripada versi Android-nya.

DJI Osmo Magnetic Ring
Foto: Cakdan

Di DJI Mimo versi iOS, kamu bisa merekam video dengan banyak opsi frame rate dan resolusi. Sebaliknya, di DJI Mimo versi Android, semuanya tergantung pada smartphone yang kamu gunakan. Misalnya, kalau kamu kebetulan menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra, kamu bisa merekam video 4K, 1080p, dan 720p, tetapi hanya sampai pada 30fps tanpa opsi Slow Motion. Jadi, kamu mungkin akan memilih menggunakan aplikasi kamera Samsung daripada via aplikasi DJI Mimo.

Menggunakan DJI Osmo Mobile memang membuat kamu mengambil foto dan merekam video dengan lebih baik berkat fitur-fitur seperti ActiveTrack, Timelapse, Hyperlapse dan Motionlapse.

Dengan ActiveTrack, kamera smartphonemu bisa memiliki fitur pengenalan objek dengan lebih baik. ActiveTrack bahkan juga bisa membuat kamu mengontrol gerakan kamera hanya dengan jari.

DJI Osmo Mobil 4 tampak samping
Foto: Cakdan

Dengan Timelapse, kamu bisa mengambil gambar diam antara 0,5 detik hingga 60 detik lalu menggabungkan hasilnya dalam satu video beresolusi 4K. Sedangkan Hyperlapse bisa memungkinkanmu membuat video beresolusi 720p dan 1080p sambil bergerak bebas. Gabungkan kedua fitur ini dengan ActiveTrack, maka hasil videomu dapat tetap fokus pada objek yang berada di tengah.

Fitur-fitur diatas adalah fitur lawas yang ada di DJI Osmo Mobile 3 yang ditingkatkan performa dan kualitasnya. Namun, ada dua fitur baru yang hanya ada di DJI Osmo Mobile 4, yaitu DyanmicZoom dan CloneMe.

DynamicZoom dan CloneMe

Selain magnetic attachment tadi, ada juga fitur-fitur baru seperti DyamicZoom dan CloneMe. Secara garis besar, DynamicZoom bisa membuat kamu merekam video dengan efek background zoom out secara otomatis ketika kamu memfokuskan kamera ke objek. Di industri film, efek artistik seperti ini dinamakan dolly zoom effect. Efek ini cukup banyak banyak digunakan semenjak dipopulerkan oleh sutradara terkenal Alfred Hitchcock. Sedangkan CloneMe, berfungsi untuk membuat foto panorama dengan lebih indah. Pasalnya, dengan CloneMe, kamu bisa menggabungkan secara otomatis foto-foto berbeda menjadi satu foto panorama utuh yang berbeda dari foto panorama yang lainnya.

Magnetic attachment, DyanamicZoom dan CloneMe adalah tiga peningkatan penting yang bisa kamu rasakan saat menggunakan DJI OM 4. Semenjak seri pertamanya yang dirilis pada 4 tahun lalu, DJI rutin merilis varian terbaru dari DJI Osmo Mobile. Setiap varian hadir dengan mode-mode tambahan yang memudahkan kamu yang berprofesi sebagai vlogger dan YouTuber untuk menghasilkan karya-karya video yang memanjakan mata.

Kesimpulan

Dari tabel perbandingan diatas, bisa dilihat kali lompatan dari DJI OM 3 ke DJI OM 4 adalah yang paling besar improvement-nya. Penambahan magnetic attachment tentu adalah yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya, ini sangat memperbaiki kekurangan pada DJI OM 3 dimana kamu harus memasukkan smartphone ke clam mount yang cukup keras dan sulit dipasang.

DJI Osmo Mobile 4 saat sedang digunakan dengan smartphone
Foto: Cakdan

Itu tadi adalah hal-hal yang baru dari DJI Osmo Mobile 4 yang baru saja dirilis pada 26 Agustus 2020 kemarin. Dengan peningkatan dan fitur tambahan yang dihadirkan, kamu bisa meng-upgrade kualitas foto dan videomu dengan menggunakan DJI Osmo Mobile 4. So, dengan harga yang tidak mahal, hanya sekitar 2 jutaan, DJI Osmo Mobile 4 ada pilihan yang sayang sekali untuk kamu lewatkan.

Leave a Reply