Heboh Karantina Karena Pandemik Covid-19, Malah Semakin Hemat! Bagaimana bisa?

Vivian Yolanda
April 1, 2020

Tahukah kalian, ternyata karantina mandiri karena Covid-19 ini malah membantu kita menjadi semakin hemat!! Inilah tips untuk hidup sehat dan hemat saat di Karantina mandiri!!

Hi Travelers, berhari-hari menjalani karantina di rumah pasti jadi hal yang sangat membosankan, padahal sebelum pandemik virus COVID 19 ini menyebar luas, semua aktivitas dilakukan dengan normal, entah bekerja di kantor, mengikuti perkuliahan, atau bersantap bersama teman di restoran. 

Namun, hikmah dari bencana ini ialah, kita diingatkan kalau sebenarnya cukup banyak pengeluaran yang bisa dipotong agar kita bisa berhemat, terutama dalam hal konsumsi makanan sehari-hari. Bayangkan sebelum kondisi pandemi COVID-19 ini melanda, dalam waktu seminggu saja saya bisa menghabiskan sekitar Rp. 700 ribu untuk makan di restoran, pesan makanan via ojek online, dan hobi beli Boba Drink seperti: Chattime, Koi, OneZo, Xin Fu Tang, Xi Bo Ba yang kegurihannya sulit ditolak.

Dalam rangka berhemat, berikut adalah tips yang saya coba racik selama masa karantina mandiri ini:

Strategi Belanja 

Sebelum berbelanja, pilih menu apa saja yang akan kalian masak dalam waktu seminggu sehingga tidak depresi dengan menu yang itu-itu saja dan tidak perlu bolak-balik ke supermarket atau pasar untuk membeli bahan baku. Bermodal Rp. 200 ribu, saya bisa mengantongi satu brokoli hijau dan putih, daging ayam, dua potong cumi, satu sosis ayam, dua jamur enoki, 10 telor, susu, sereal, roti, cemilan, rempah-rempah, keju, pasta, makaroni, bumbu bolognese instan, bumbu nasi goreng Instant, buncis, tomat, dan mentega. Wah lumayan banyak ya travelers! Yuk lihat apa saja yang bisa saya masak perhari dalam tempo seminggu!

Menu masakan harian:

Senin (Capcai ayam)

Selasa (Tumis Brokoli)

Rabu (Nasi Telor Ayong ala rumah)

Kamis (Ayam Goreng Mentega)

Jumat (Spaghetti Bolognese ala rumah)

Sabtu (Mac and Cheese ala rumah)

Minggu (Tumis Buncis, Cha Cumi dengan tomat, dan Enoki goreng tepung)

Suka Ngopi? Dan Dunia Perbobaan? Kenapa Tidak Coba Dalgona Coffee 

Buat kalian yang suka boba atau pencinta kopi namun sedang ingin mengirit budget, ini dia tips membuat kopi di rumah. Travelers pernah mendengar Dalgona Coffee? Kopi ini tengah viral di media sosial, banyak orang yang mempraktekkan pembuatan kopi ini di rumah mereka masing-masing. Kalian juga bisa mencoba di rumah lho travelers! Cukup sediakan kopi bubuk, gula, susu dan ini caranya;

  1. Tuangkan bubuk kopi di cangkir kecil, masukkan dua hingga tiga sendok makan air mineral dan satu sendok teh gula pasir,
  2. Aduk kopi dan air hingga merata, kemudian mulailah kocok kopi hingga kental dan bertekstur seperti foam selama 5-10 menit.
  3. Tuangkan susu ke dalam gelas kaca
  4. Jika kopi sudah bertekstur, tuangkan di atas susu sehingga gelas memiliki dua layer, yaitu susu dan kopi.
  5. Dalgona Coffee pun siap di nikmati!!

Bila belum terbayang, berikut video-video referensi yang saya temukan, semoga bisa membantu kamu dalam membuat kopi yang viral itu.

Selamat Mencoba Travelers!!

Leave a Reply