Ingin Menyelami Dunia Totoro DKK? Berikut 9 Lokasi yang Wajib Dikunjungi

Vivian Yolanda
March 11, 2020

Masih ingat animasi Ghibli? Buat kalian pencinta animasi Ghibli, kalian bisa lho sekarang eksplor tempat-tempat ikonik di film-film produksi Ghibli! Mau tahu? Ini dia daftarnya!

Studio Ghibli merupakan rumah produksi yang menciptakan film-film animasi legendaris seperti “Spirited Away” (2001), ”My Neighbor Totoro” (1988), dan masih banyak lagi. Animasi besutan Hayao Miyazaki tak pernah gagal mengajak para penonton, baik anak-anak maupun orang dewasa, untuk tenggelam ke dalam dunia fantasi khas Studio Ghibli, tak ayal replika dunia Ghibli di dunia nyata selalu diserbu pengunjung.

Nah, kerennya lagi, Studio Ghibli akan membuka Theme Park Ghibli di tahun 2022 mendatang. Wah, pasti akan banyak pencinta anime Ghibli yang berdatangan yah, bahkan bisa jadi yang bukan penggemarnya saja akan jatuh cinta dengan replika animasi Ghibli di Theme Park ini.

Berikut tempat-tempat wajib kunjungnya selama kamu berada di Jepang:

Visualisasi Ghibli Theme Park di Jepang

1. Museum Ghibli di Tokyo di Inoshira Park, Kota Mitaka, Tokyo Barat

Museum Ghibli memamerkan beberapa replika yang terlihat sama dengan tempat-tempat yang ada dalam film animasi jepang ‘Ghibli’, mulai dari tangga melingkar-lingkar dan lanbirin khas yang kerap tampil di film-film karya Hayao Miyazaki bisa kamu temukan di museum ini. Ada juga beberapa film pendek yang eksklusif di putar di museum ini dan 5 ruang unik yang berusaha menceritakan betapa rumitnya hidup seorang animator untuk menciptakan karya fantasi yang indah. Usai terpesona, travelers bisa langsung belanja suvenir di toko museum, Mamma Aiuto.

Museum Ghibli yang dipenuhi dengan rumput hijau yang mirip dengan film

2.  Replika Rumah Satsuki dan Mei dari Film “My Neighbor Totoro” di Moricoro Park, Nagoya

Replika Rumah Satsuki dan Mei dibangun pada tahun 2005 sebagai sebagai bagian dari acara EXPO Nagoya tahun 2005 yang kemudian dibuka kembali untuk umum pada 2006. Rumah Satsuki dan Mei yang berlokasi di Ai Chikyuhaku Memorial Park, kental dengan nuansa perumahan Jepang di era tahun 1950-an, baik dari arsitektur sampai ke perabot rumah tangganya. Jika travelers ingin bertamu ke rumah kakak-beradik Satsuki dan Mei ini, perjalanan bisa ditempuh via stasiun Ai Chikyuhaku Kinen Koen atau naik shuttle bus dari stasiun terdekat, yang hanya memakan waktu 15 menit.

Kediaman Satsuki dan Mei di dunia nyata, Moricoro Park, Nagoya

3.  Kiki's Bakery di Yufuin Floral Market

Terinspirasi dari salah satu film Ghibli “Kiki's Delivery Services”, muncul sebuah toko kue bernama Kiki's Bakery (toko kue) yang berlokasi di sebuah pusat perbelanjaan Yufuin Floral.  Arsitektur dibuat sedemikian rupa miripnya dengan tempat usaha dan tinggal penyihir cilik bernama Kiki, yang menjadi karakter utama pada film keluaran 1989 silam ini. Tingkat detil dari arsitektur bangunan sangatlah tinggi, sangkar burung yang bergantung di depan pintu masuk dan sapu terbang andalan Kiki yang menempel di plang toko kue, tertempel di bangunan yang jaraknya tidak jauh dari Stasiun Yufuin ini.

Tampak depan Kiki's Bakery di dunia nyata

4.  Hutan Shiratani Unsuikyo  “Princess Mononoke” di Ravine, Yakushima

Hutan dalam film “Princess Mononoke” ini dikenal dengan sebutan Shiratani Unsuikyo dalam film aslinya. Meskipun dalam filmnya hutan ini sangat angker, tak demikian di dunia nyata, penampakan hutan malah menjadi terkesan sejuk dan damai, berkat batu-batu berlumut hijau yang dapat menjadi area bersantai sejenak. Sembari mendaki gunung berhutan ini, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hijau nan indah yang tak ayal menjadikannya destinasi wisata paling populer di Yakushima setelah Joumon Sugi (Pohon Cedar).

Tangga untuk membantu pendakian hutan di gunung ini

Kondisi bebatuan yang dipenuhi dengan rumput

Untuk bertandang ke Hutan “Princess Mononoke” ini, travelers dapat berangkat dari pelabuhan Miyanoura yang akan memakan waktu selama 30 menit atau naik bus sekitar 35 menit.  

5.  Tomonoura, di Hiroshima

Tomonoura merupakan sebuah pelabuhan menuju Kuil Fukuzenji. Untuk pergi ke Tomonoura, traveler dapat menaiki bus dari stasiun Fukuyama selama 30 menit. Di sana, para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah serta gunung yang berada di tengah laut, kemudian travelers bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal pesiar ke sebuah pulau kecil. Tempat ini terinspirasi dari film animasi “Ponyo” yang merupakan lokasi tempat tinggal Sosuke dan Risa sang karakter utama, sekaligus warisan dari Zaman Edo.

Pemandangan luas Tomonoura, di Hiroshima

6.  Dogo Onsen, Ehime

Terletak di Kota Matsuyama, Dogo Onsen merupakan sebuah pemandian air panas yang ada dalam film “Spirited Away”. Rumah pemandian Dogo Onsen ini menjadi salah satu tempat pemandian paling nyaman di Ehime. Dalam film, rumah pemandian ini terkesan menyeramkan sebab dijadikan pusat santai para arwah, namun nyatanya tempat ini sangatlah tentram dan nyaman.

Dogo Onsen, Ehime yang sangat terang benderang di malam hari

Untuk datang ke pemandian ini, travelers dapat menempuhnya dengan berjalan kaki dari Stasiun Dogo Onsen selama tiga menit.

7.  Meguro Gajoen, Tokyo

Meguro Gajoen dikenal dengan nama Hotel Gajoen Tokyo. Hotel yang kerap digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan ini, dihiasi oleh beberapa lampu yang mengitari sekujur jembatan menuju kamar para tamunya. Hal menarik dari hotel ini ialah ruangan berdesain kubikel dengan 100 anak tangga. Empunya Hotel Meguro Gajoen ini bisa jadi adalah fans berat dari film “Spirited Away” karena segenap penampakannya dibuat sedemikian mirip dengan film keluaran tahun 2001 tersebut. 

Lorong yang diselingi jembatan, diterangi oleh lampu menuju kamar

Untuk datang ke sini, pengunjung dapat berjalan kaki dari Stasiun Meguro selama tiga menit.

8.   Stasiun Seiseki Sakuragaoka, Tokyo

Stasiun ini menjadi inspirasi dalam film “Whisper of The Heart” yang terletak di Kota NewTown, Tama. Salah satu arsitektur yang unik dari stasiun ini adalah tangga yang menjulang tinggi dan memungkinkan travelers untuk melihat bangunan dan rimbunnya pohon di Kota NewTown.

Stasiun Seiseki Sakuragaoka, Tokyo di tengah keramaian kota nan ramah lingkungan

Pengunjung dapat mencapai Kota NewTown dengan berjalan kaki dari Stasiun Seiseki Sakuragaoka selama sekitar lima menit. 

9.   Jam Raksasa Ghibli, Nippon Television, Tokyo

Jam Raksasa Ghibli menempel di gedung stasiun TV milik Nippon Television. Jam ini berbentuk seperti rumah peri yang bercahaya dan kesan vintage sangat kentara pada desainnya.

Replika jam Raksasa Ghibli tepat berada di depan kantor Stasiun Shimbashi

Travelers dapat mengakses tempat ini dari Stasiun Shiodome dengan berjalan kaki selama tiga menit atau bisa juga via Stasiun Shimbashi yang waktu tempuhnya berkisar lima menit. 

Leave a Reply