Jangan Lewatkan, Ini Dia 9 Homestay di 9 Gili Lombok!

Vivian Yolanda
March 25, 2020

Travelers bingung mau menginap dimana saat berlibur ke Gili-gili di Lombok? Tak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas homestay mana saja yang cocok untuk dijadikan tempat menginap saat berlibur ke Gili di Lombok!

Travelers pasti sudah tak asing lagi dengan Pulau Lombok! Apalagi Lombok terkenal karena memiliki wisata alam yang bisa memanjakan para travelers. Tak heran jika Lombok dikerumuni oleh seluruh travelers mancanegara. Walaupun Lombok identik dengan pantai yang indah, ternyata ada lagi lho sudut wisata yang lebih memukau daripada sekedar pantai, Gili namanya!

Tengah ramai jadi pusat perhatian banyak travelers, Gili yang memiliki panorama laut pasir putih dan laut biru menjadi pelengkap nikmat dunia yang tiada tara. Gili Lombok masih sangat sepi dan jarang dihuni oleh penduduk setempat, sehingga travelers bisa menikmati Gili bak pulau pribadi tanpa ada banyak distorsi. 

Untuk menuju ke Gili, travelers diajak menaiki perahu motor atau speed boat untuk menyebrang. Jangan khawatir, di Gili, travelers bisa menemukan beberapa hotel atau penginapan yang nyaman dan sangat cocok untuk bersantai. 

Berikut adalah 10 rekomendasi Gili di Lombok beserta tempat penginapannya :

1. Gili Trawangan

Di Gili ini, travelers bisa bersepeda atau menaiki cidomo atau yang biasa kita sebut andong, sambil mengitari pulau. Walaupun para travelers dan penduduk lokal tak diperbolehkan mengendarai motor, alternatif lain yang lebih menarik adalah penduduk biasa menggunakan kereta kuda seperti dokar. 

Travelers bisa menginap di hotel Pearl of Trawangan dengan layanan dan fasilitas lengkap, serta kolam renang yang nyaman untuk santai.

Pemandangan Hotel Pearl of Trawangan saat malam hari yang dipenuhi oleh lilin-lilin indah

2. Gili Air

Travelers bisa sepuasnya melakukan snorkeling di pulau ini sambil menikmati pemandangan bawah air. Jika dibandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Air jauh lebih kecil dan masih sepi penduduk.

Sunshine Resort di Gili Air

3. Gili Meno

Di Gili Meno, travelers bisa menjelajahi hutan dan taman burung yang memelihara banyak burung langka dari mancanegara. Namun, travelers tak bisa sembarangan menggunakan listrik di lokasi ini. 

Menginap di Hotel Gili Meno Escape merupakan pilihan tepat, dengan bentuk kamar yang unik berbentuk seperti rumah yang tenggelam dan hanya terlihat atapnya saja, seakan-akan hanya tinggal atap saja, disertai dengan fasilitas yang lengkap di dalamnya, yaitu satu kasur berukuran besar, kamar mandi, serta travelers bisa langsung berendam di kolam yang berada tepat di depan kamar.

Suasana senja di Hotel Gili Meno Escape dengan model homestay atap rumah

4. Gili Nanggu

Berada di Kecamatan Sekotong, Gili nanggu merupakan pulau yang berada di tengah-tengah laut, dilengkapi dengan pasir putih dan air laut yang hijau. Waktu tempuh Gili Nanggu selama 35 menit, dilengkapi dengan suasana dan pemandangan indah yang membuat perjalanan menjadi tak membosankan.

Penginapan Cocotinos Sekotong merupakan tempat penginapan dengan fasilitas kolam renang dan langsung menghadap ke laut, bisa menjadi pilihan bagi para travelers.

Menikamti keindahan laut Gili Nanggu dari homestay

5. Gili Bidara

Di Gili Bidara, travelers bisa menikmati pemandangan laut biru serta pasir putih yang memancarkan suasana nyaman, sambil menyantap ubi jalar manis. Hanya membutuhkan waktu selama 40 menit saja untuk menuju Gili Bidara.

Travelers bisa menginap di Gili Bidara Homestay. Di sini kalian bisa bermalas-malasan sambil menikmati fasilitas bar, taman, dan yang paling nyaman adalah free wi-fi. Untuk para travelers yang doyan bernyanyi, homestay ini juga menyediakan tempat karaoke sepuasnya. Jika sudah puas bernyanyi dan merasa lapar, atau ingin masak, homestay ini juga menyediakan dapur untuk kalian lho! Jangan sampai ketinggalan breakfast juga ya travelers, mereka menyediakan jatah ini lho untuk kalian yang menginap!

Gili Bidara Homestay mirip dengan kotrakan biasa, namun fasilitasnya menakjubkan

6. Gili Kedis

Gili Kedis menyuguhkan bebatuan besar dekat pulau-pulau dan juga air biru bak kristal. Hanya memerlukan waktu tempuh selama 35 menit saja dari Pelabuhan Lembar, Lombok. Travelers bisa menginap di Homestay The Suites Lombok, di sana kalian bisa menikmati fasilitas wi-fi gratis di setiap kamar, jika bosan kalian bisa menonton televisi yang ada dalam kamar. Selain itu kalian juga bisa menaruh baju kalian pada rak baju sehingga tak takut apek atau bau. Travelers jugadapat menimati kopi instan, teh, linen secara gratis.

Homestay The Suites Lombok dengan fasilitas kolam besar

7. Gili Sudak

Gili Sudak dijuluki dengan Pulau Perawan, hal ini karena sangat sedikit penduduk yang tinggal di pulau ini, sehingga terasa seperti pulau pribadi sambil snorkeling menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh Gili. Dari Kota Mataram, travelers hanya memerlukan waktu selama 1 jam untuk mencapai Gili Sudak. 

Menginap di Nirvana Gili Sudak menjadi salah satu pilihan tepat untuk para travelers. Dibangun dengan kayu-kayu rotan yang sehat sehat, sehingga membuat nyaman bagaikan rumah sendiri.

Nirvana Gili Sudak pada malam hari, bak rumah Upin dan Ipin

8. Gili Tangkong

Sama seperti Gili lain, memiliki air dan pasir putih, travelers bisa menikmati suasana hening dan damai. Sangat cocok untuk berlari sejenak dari kepenatan kerja dan stress. Travelers juga bisa menyewa fasilitas snorkeling sambil menikmati pemandangan bawah air.

Kawasan bermain di Gili Tangkong dengan fasilitas ayunan

9. Gili Lampu

Berada Di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, pulau ini belum memiliki banyak pengunjung, sehingga travelers bisa beristirahat sambil menikmati pulau eksotis dengan keindahan alam tiada tara ini tanpa ada distorsi dari luar. 

Gili Lampu Homestay merupakan pilihan tepat bagi para travelers yang ingin menginap di Gili lampu. Disuguhi restoran yang fasilitas lengkap. Travelers bisa menikmati restoran, wi-fi gratis, dan yang paling penting adalah parkir pribadi gratis. Kalian juga bisa menikmati pantai jembatan sambil berfoto-foto.

Leave a Reply