KEBIASAAN ORANGUTAN YANG TAK KALAH DENGAN PASUKAN ORANYE PAK ANIES

Vivian Yolanda
March 10, 2020

Ternyata! Orangutan punya kebiasaan bersih-bersih sama seperti manusia! Yuk cek pembahasan dibawah ini!!

Orangutan merupakan salah satu satwa yang sangat dilindungi oleh pemerintah, terutama di Indonesia. Populasi orangutan hanya dapat ditemukan di Kalimantan dan Sumatera. Ada beberapa jenis orangutan yang berkeliaran di hutan tropis Kalimantan dan Sumatera. Jenis-jenis orangutan di Indonesia ada Pongo Tapanuliensis, Pongo Abelii, dan Pongo Pygmaeus.

orangutan

Ibu orangutan yang memeluk anaknya sambil bermanja ria

Menurut goodnewsfromindonesia.id, orangutan diidentifikasi sebagai 'Moyang' dari segala jenis kera. Walaupun orangutan memiliki genetika dan jenis yang berbeda-beda, namun mereka tetap satu kesatuan dan memiliki tingkah laku yang sama. Orangutan identik dengan manusia, beberapa kemampuan yang mereka miliki untuk berinteraksi dengan alam dan membuat berbagai perlengkapan untuk menopang hidup mereka sangat mirip dengan manusia. Mulai dari mencari makan, minum, dan merakit berbagai perkakas untuk kelangsungan hidup. Mirip bukan dengan kita, manusia?

orangutann

Orangutan sedang memakan buah yang dipetik dari dalam hutan

orangutannn

Orangutan yang sedang meminum air dari sumber sungai dihutan

Mencari bahan untuk dirakit menjadi payung

Kalau manusia saja bisa merakit perkakas sendiri, orangutan juga tak mau kalah lho dengan kemampuan tersebut. Faktanya, menurut hipotesis yang dilakukan oleh James Higham, seorang Dosen Primatologi New York University, otak manusia memang memiliki volume lebih besar dibandingkan dengan orangutan namun, keduanya sangat mungkin melakukan hal yang sama. Orangutan juga bisa berteduh saat hujan turun, kemudian mereka juga memiliki jiwa 'Bersih-bersih' walaupun tak sesempurna manusia.

teduh

mengambil bahan daun pisang untuk merekit menjadi payung

Tau ga sih? Orangutan bisa merakit payung tanpa diajarkan oleh manusia! Sesuai habitat asli mereka yaitu di hutan, para orangutan sudah terbiasa dengan keadaan alam dan kondisi yang sedang mereka alami di sana. Banyaknya bahan-bahan seperti daun, pohon, batang, dan bahan alami lainnya membuat orangutan memiliki ide untuk melindungi diri mereka sendiri. Lazimnya, manusia akan membeli payung sebelum hujan turun, tapi hebatnya, orangutan akan membuat dan merakit sendiri payung dari bahan alami yang ada di hutan.

Menggesek kayu untuk membuat tempat tinggal menggunakan gergaji

Orangutan seolah memiliki naluri bak seorang manusia, misalnya saat hujan akan turun, makhluk berbulu merah ini bersiap dengan mengambil daun dari pohon pisang untuk dijadikan sebagai payung. Walaupun tak sama dengan payung manusia, tapi secara logika mereka sangat cepat dan bisa berfikir sama persis dengan apa yang manusia pikirkan dan lakukan.

Layaknya manusia yang selalu risih dengan keadaan sekitar yang kotor, mereka akan secara alami membersihkan kotoran tersebut menggunakan berbagai alat. Serupa tapi tidak sama, orangutan akan segera membersihkan kotoran rayap mempergunakan ranting pohon. Nah, unik bukan? Naasnya,saat ini populasi orangutan semakin menciut. Namun setiap dari kita dapat ikut mencegah dan ini caranya!

Leave a Reply