Kode Rahasia Di Pesawat! Ini Dia 8 Kode Rahasia di Pesawat Yang Wajib Travelers Ketahui!

Vivian Yolanda
March 20, 2020

Ketahuilah kode-kode terselubung yang biasa menjadi percakapan para awak kabin dalam pesawat. Ini dia 8 kode terselubung yang seringkali diucapkan saat sedang terbang!

Hi travelers!! Bagi travelers yang sering traveling menggunakan pesawat terbang, travelers pasti sudah tak asing dengan berbagai percakapan para awak kabin yang seringkali terdengar dalam pesawat.

Service Pesawat Austrian Airline yang sangat baik kepada penumpang pesawat

Namun, tahukah travelers ternyata dibalik kata-kata tersebut tersirat arti yang terselubung? Para kru sengaja menggunakan beberapa kode pesan berbentuk frasa untuk berbagai situasi tertentu. Hal ini dilakukan supaya menjaga kenyamanan para penumpang agar tetap aman dan tak panik saat terjadi sesuatu. 

Ini dia 8 kode terselubung yang sering digunakan oleh awak kabin:

1. 5 Days in Denmark

Dalam kode ini, sekilas memang terdengar biasa saja, ternyata 5 berarti baris kursi penumpang, Denmark merupakan huruf D pada tempat duduk, jadi artinya penumpang di kursi 5D. Kode ini dipakai oleh kru pesawat untuk membicarakan penumpang tanpa ada penumpang yang mengerti. Wah, sangat unik ya!

Deretan kursi kelima pada Austrian Airline

2. Blue Juice

Blue Juice merupakan kode yang berbicara tentang malfungsi pada toilet pesawat. Jadi, jangan heran apabila pernah mendengar kata ini, jangan sampai travelers mengira akan dibawakan jus ya.

Blue Juice istilah untuk malfungsi pada toilet pesawat

3. Mayday

Bukan hari buruh, kata Mayday ini di pakai oleh Pilot saat sedang berada dalam situasi yang mengancam nyawa penumpang. Biasanya akan diucapkan sebanyak 3 kali. Jika di artikan dalam bahasa Prancis, Mayday disebut Venez m'aider yang berarti meminta pertolongan. 

4. Pan-pan

Dalam bahasa Prancis, Pan-pan disebut Panne yang berarti rusak. Hal ini memang tak membahayakan kesehatan penumpang, namun perlu diperbaiki. 

5. Code Red

Jika penumpang mendengar kode ini, maka pesawat sedang terjadi kerusakan teknik yang menyebabkan pesawat harus mendarat darurat.

Pendaratan darurat yang dilakukan maskapai Myanmar

6. Bel dalam Pesawat

Bel pertama berbunyi tanda kenakan sabuk pengaman, bel kedua berarti para pramugari bersiap memimpin penumpang keluar sebagai prosedur. Jika mendengar bel berbunyi 3 kali maka penumpang harus kembali ke tempat duduk. Namun, jika bel dibunyikan 5 kali berarti penumpang harus segera dievakuasi.

7. Ditch

Supaya tak membuat panik para penumpang pesawat, kode ini digunakan jika pesawat melakukan pendaratan di air. Tapi tenang, selama travelers tak panik, tak akan ada sesuatu yang terjadi!

pesawat

Pesawat yang mendarat darurat di air

8. Last Minute paperwork

Kode ini digunakan pilot dan kopilot untuk menginformasikan bahwa penerbangan akan ditunda karena situasi yang tak memungkinkan untuk terbang.

Monitor pembtalan penerbangan di bandara

Leave a Reply