Perbedaan Smartwatch Garmin Fenix 6 vs Suunto 9, Sport Smartwatch Mutakhir

Gilang Fajar Septian
November 4, 2020

Garmin Fenix 6 dan Suunto 9 merupakan beberapa opsi bagi kalian yang kesengsem dengan sport smartwatch papan atas. Apa saja yang ditawarkan keduanya?

Jika kalian sedang berburu smartwatch olahraga terkini, Garmin Fenix 6 dan Suunto 9 bisa jadi opsi yang dapat dilirik. Sebagai smartwatch yang masuk jajaran seri paling mahal dan mumpuni dari Garmin dan Suunto, tentunya kalian dapat berharap banyak dari kedua jam tersebut. Tapi, bagaimana jika harus memilih salah satu dari keduanya? Kelebihan serta kekurangan seperti apa yang dimiliki masing-masing smartwatch? Simak komparasi Garmin Fenix 6 vs Suunto 9 ini untuk menemukan jawabannya.

Desain dan Layar

Suunto 9 Baro

Ukuran display Fenix 6 variatif pada tiap model. Jika diurutkan, Fenix 6S, 6 dan 6X merupakan model dengan ukuran paling kecil hingga besar pada seri ini. Model yang disebut paling terakhir memiliki ukuran terdekat dengan Suunto 9.

Jika dibandingkan, display Suunto 9 seolah terlihat seperti "raksasa" saat dijejerkan dengan rivalnya. Meski memungkinkannya memiliki resolusi tinggi dan selaras dengan sistem layar sentuhnya, hal ini tetap dapat menimbulkan masalah bagi kalian dengan lingkar tangan kecil. Namun harus diakui kalau Suunto 9 terlihat lebih kokoh dengan layar berbahan safir, meskipun Fenix 6 juga memiliki keunggulan tersendiri dengan kaca antipecah bermereknya.

Namun secara fungsional, display Fenix 6 terbilang lebih unggul dalam komparasi Garmin Fenix 6 vs Suunto 9 ini. Layar Fenix 6 terlihat lebih jernih saat berada di luar ruangan. Kontrol fitur pun lebih mudah dilakukan di segala kondisi karena masih mengandalkan penggunaan tombol.

Di sisi lain, layar sentuh Suunto 9 justru berpotensi menimbulkan masalah pada kondisi tertentu. Selain sulit dilihat pada kondisi minim cahaya serta responnya yang cukup lambat, sistem layar sentuh ini juga membuat Suunto sulit digunakan di lingkungan basah.

Simak perbandingan selengkapnya pada tabel di bawah:

Fenix 6 Suunto 9
Resolusi 240 x 240 px
-
280 x 280 px
300 x 320 px
Kaca antipecah bermerek x
Tingkat kedalaman kedap air 100 m 100 m
Layar kaca safir x
Layar sentuh x
Suhu kerja maksimal 45 derajat C 60 derajat C
Tempat pemasang smartwatch di sepeda x

Sensor

Dari segi sensor, kedua smartwatch dalam komparasi Garmin Fenix 6 vs Suunto 9 ini sama-sama telah memiliki sensor seperti GPS, monitor detak jantung, akselerometer, kompas, altimeter dan sensor irama sebagai standar. Namun Garmin seri Fenix 6 jauh lebih, unggul karena model paling bawahnya setidaknya telah dilengkapi sensor tambahan berupa barometer, oksimetri, kompas versi 3D dan giroskop. Yang jadi pembeda, kalian dapat menemukan barometer pada Suunto 9 Baro.

Fenix 6 jelas merupakan pilihan ideal untuk memantau informasi tubuh kalian, mengingat seluruh modelnya telah dilengkapi oksimetri yang dapat mencegah potensi kelelahan. Sensor penunjang kegiatan luar ruangannya pun sudah termasuk barometer untuk memprediksi cuaca, yang membantu kalkulasi pulang-pergi sebelum terjadinya cuaca buruk; serta GLONASS dan Galileo yang diklaim dapat memantau lokasi kalian dengan lebih akurat dibandingkan GPS.

Simak perbandingan selengkapnya pada tabel di bawah:

Fenix 6 Suunto 9
GPS
Monitor detak jantung
Akselerometer
Barometer Suunto 9 Baro Only
Kompas 3D
Altimeter
Sensor irama
Oksimetri x
Giroskop x
Glonass x
Galileo x

Olahraga yang Didukung

Seluruh model terbawah Fenix 6 dan Suunto 9 setidaknya sudah mendukung penyediaan metrik kala berlari, bersepeda, dan berenang. Tapi lagi-lagi Fenix 6 juga unggul dalam aspek ini, karena seluruh modelnya telah menyediakan pemantauan olahraga golf.

Meski tidak dilengkapi dukungan untuk golf, Suunto memiliki daya pikat tersendiri bagi para pesepeda. Seperti yang dijelaskan pada spesifikasi desain, baik Suunto 9 maupun versi Baronya sama-sama telah dilengkapi tempat pemasang smartwatch di stang sepeda. Walau nampak sederhana, fitur ini akan memudahkan akses serta pengaturan smartwatch bagi kalian yang gila bersepeda.

Simak perbandingan selengkapnya pada tabel di bawah:

Fenix 6 Suunto 9
Berlari
Bersepeda
Berenang
Golf x

Fitur

Garmin Fenix 6

Menilik segi fitur, relatif tidak begitu banyak perbedaan antara Fenix 6 dan Suunto 9. Kecuali Fenix 6 dan 6S, Fenix dan Suunto mampu mengunggah berbagai peta ke perangkat. Selain itu, keduanya telah dilengkapi dengan stopwatch, penerima notifikasi maupun panggilan dari smartphone terhubung, silent alarm yang bekerja seirama dengan pelacak pola tidur, hingga notifikasi saat kalian berdiam diri untuk waktu terlalu lama.

Pada akhirnya, sekali lagi Suunto 9 harus mengakui keunggulan fitur Fenix 6. Seluruh model pada seri smartwatch Garmin ini turut mengakomodasi fitur seperti pelacak lokasi smartphone, penerimaan data GPS kilat, akses untuk menyimpan dan mendengar musik dari jam (kecuali 6 dan 6S), dan dukungan bahasa lebih variatif dibandingkan Suunto 9 (26 berbanding 19) yang membuatnya lebih user-friendly bagi pengguna multibahasa.

Simak perbandingan selengkapnya pada tabel di bawah:

Fenix 6 Suunto 9
Pengunggah peta Kecuali 6 dan 6S
Stopwatch
Silent alarm
Smart notification
Pencari letak smartphone x
Penerima data GPS kecepatan tinggi x
Pengatur playlist smartphone via jam x
Memutar musik dari jam Kecuali 6 dan 6S x

Konektivitas dan Masa Hidup Baterai

Sebagai standar pada model entry-level, baik Fenix 6 maupun Suunto 9 telah mengadopsi Bluetooth untuk terhubung ke perangkat kompatibel seperti smartphone; memungkinkan pemberitahuan notifikasi media sosial via smartwatch. Namun, kompatibilitas Fenix 6 sedikit mengungguli Suunto 9 karena telah menjangkau Windows Phone.

Seperti yang sudah-sudah; Fenix 6 unggul dalam hal konektivitas. Minus 6 dan 6S, seluruh model Fenix sudah mampu tersambung ke WiFi. Selebihnya, fitur seperti ANT+ merupakan kelengkapan standar pada semua model, yang menghubungkan smartwatch dengan perangkat pendukung/pemantau kesehatan; menyajikan visual analisis berbagai variabel kesehatan yang didapat melalui sensor.

Menilik masa hidup baterai, Suunto 9 dan Suunto 9 Baro dapat terus menyala hingga 14 hari. Angka tersebut lebih unggul dari entry-level Fenix (6S) yang 'mentok' di 9 hari. Tapi, mulai dari Fenix 6 hingga model-model di atasnya, masa pakai meningkat hingga setidaknya 14 hari pada mode yang sama. Bahkan, Model 6X diklaim mampu terus menyala hingga 3 minggu.

Seolah tidak puas dengan lini model mereka yang menawarkan variasi daya tahan baterai, Garmin juga turut menelurkan edisi 'Pro Solar' untuk seri Fenix. Seperti yang disugestikan namanya, Pro Solar telah dilengkapi lensa Power Glass yang mengubah sinar matahari menjadi listrik dengan cara paling efisien. Teknologi ini memungkinkan Fenix 6 dengan "Pro Solar" di namanya untuk menemani kalian hingga waktu lama, selama mampu terus mengisi daya di bawah sinar matahari.

Simak perbandingan selengkapnya pada tabel di bawah:

Fenix 6 Suunto 9
Bluetooth
ANT+ x
WiFi Kecuali 6 dan 6S x
Masa hidup baterai
(mode standar)
9 - 24 hari 14 hari
Masa hidup baterai
(GPS menyala)
25 - 66 jam 25 jam
Baterai tenaga surya Edisi Pro Solar x

Harga

Sebagai merek yang menawarkan fitur lebih lengkap, mudah ditebak kalau Garmin mematok harga lebih tinggi untuk lini smartwatch mereka. Untungnya, kalian dapat menyesuaikan dana yang kalian miliki dengan ragam pilihan model yang disediakan seri Fenix 6.

Hal sebaliknya berlaku untuk Suunto 9. Fiturnya tidak melimpah seperti Fenix 6, tapi kekurangan ini diimbangi dengan harganya yang lebih murah.

Simak perbandingan harga Garmin Fenix 6 vs Suunto 9 pada tabel di bawah:

Garmin Fenix 6 Suunto 9
Harga Rp 9.8 - 15 juta (non-Pro Solar)
Rp 13.5 - 18,849 juta (Pro Solar)
Rp 7.7 juta - 13 juta

catatan: angka pada tabel merupakan harga smartwatch ketika artikel ini ditulis. Harga dapat mengalami penyesuaian seiring waktu ataupun situasi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Seri Fenix 6 terbilang lebih dari cukup bagi kalian yang menginginkan smartwatch serbabisa. Dan meskipun dampaknya membuat rata-rata harga seri ini lebih mahal dibandingkan Suunto 9, kalian tetap dapat menyesuaikan dana yang dimiliki untuk memilih satu dari sekian banyak model Fenix 6 yang dirasa cocok.

Di sisi lain, Suunto 9 lebih ditujukan bagi kalian yang sebatas mengharapkan smartwatch dengan fitur pemantau olahraga standar seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Memang, Suunto 9 tidak dilengkapi fitur penghibur seperti pemutar musik via smartwatch ataupun WiFi. Tapi dengan harganya yang lebih bersahabat , Ia telah mencakup fitur-fitur seperti altimeter dan barometer (Suunto 9 Baro), yang seharusnya sudah cukup bagi pengincar smartwatch penunjang kegiatan outdoor, namun tidak terlalu menguras dompet. Belum lagi, Suunto 9 juga memiliki suhu kerja maksimal lebih tinggi 15 derajat celcius serta tempat pemasang smartwatch di sepeda, yang berguna untuk apalagi jika bukan kegiatan di luar?

Leave a Reply