Kovee Jaya VR Theme Park: Generasi Baru Taman Bermain

Despasya Yonada
September 12, 2019

Follow

Kepopuleran Virtual Reality game kini semakin menjamur hingga ke Indonesia. Kovee Jaya VR Theme Park merupakan theme park bertema Virtual Reality pertama di Indonesia.

SHARE THIS

Terletak di Neo Soho Mall, Jakarta, terdapat tempat hiburan lain yang dapat dijadikan opsi alternatif untuk dikunjungi khususnya bagi kamu para K-poper dan gamer Indonesia. Kovee Jaya Theme Park merupakan taman bermain VR (Virtual Reality) pertama dan terbesar saat ini di Indonesia.

Pengunjung yang sedang melakukan simulasi game. Foto diambil dari mediaindonesia.com

Memiliki nama lengkap Kovee (Korea Vr Entertaiment & Ed-tech) Jaya Indonesia, perusahaan ini merupakan yang pertama membuat suatu tempat rekreasi dan belajar Virtual Reality terbesar di Indonesia. Perusahaan ini juga turut bekerja sama dengan beberapa perusahaan game Korea seperti Tomato Production, Macro Graph, KBS (Korean Broadcasting system) dan Kovra (Korea VR AR Industry Association).

Suasana di dalam Kovee Jaya VR Theme Park. Foto diambil dari Koveejaya.com

Apa sih sebenarnya Virtual Reality atau biasa disebut VR itu? VR gaming merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut generasi baru permainan komputer yang menggunakan teknologi VR yang mampu memberi penggunanya pengalaman first-person perspective 3D dan digunakan bersamaan dengan sebuah VR headset khusus.

Variasi lain dari VR game yang ada di Kovee Jaya VR Theme Park. Foto diambil dari duniafintech.com

Di Kovee Jaya VR Theme Park sendiri, kamu tidak hanya dapat menikmati simulasi game, namun juga terdapat program K-Culture yang memungkinkan kamu untuk berhadapan langsung dan duet bersama idol Korea. Kapan lagi dapat “bertemu” dan berduet langsung bersama oppa dan eonnie idola? Terdapat pula K-game yang beragam mulai dari Mortal blitz, Beat Saber, vrakers, dan masih banyak lagi.

Simulasi jet ski di Kovee Jaya VR Theme Park. Foto diambil dari technologue.id

Dan tidak berhenti sampai di situ, tempat ini juga mengusung konsep EduTech di mana anak-anak dapat merasakan simulasi penanggulangan situasi darurat.

Integrasi mall dan taman bermain VR ini bukan merupakan hal yang baru. Inovasi seperti ini sebelumnya sudah dilakukan oleh beberapa negara maju seperti Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

Salah satu VR Theme Park yang ada di Amerika Serikat. Foto diambil dari usatoday

VR Park Emaar Entertainment - The Raft, VR Theme Park yang terdapat di Dubai, UAE. Foto diambil dari PRNewsfoto/Emaar Entertainment

Hal ini tidak lepas dari trend shifting di masyarakat yang lebih menyukai menghabiskan waktunya di dalam ruangan dari pada berpanas-panasan di luar ruangan melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak tenaga. Nah, tempat-tempat seperti ini dapat menjadi pilihan bagi kalian yang merasa jenuh dan bosan dengan taman bermain konvensional yang itu-itu saja.