Memilih Road Bike Itu Mudah. Ini 5 Tipsnya!

Adrianus Dwi Octaviano
November 24, 2020

Kalian lagi ada yang berencana beli road bike ya? Tunggu dulu, kalian harus baca artikel di bawah ini. Kalian pasti tidak akan salah memilih road bike yang tepat untuk aktivitas bersepeda.

Memilih road bike sejatinya merupakan hal yang mudah. Hanya saja mungkin bagi kalian yang baru pertama kali bersepeda akan mengalami sedikit kesulitan.

Ada beberapa hal yang bisa kalian perhatikan untuk memilih road bike yang tepat. Tenang saja, dalam artikel ini terdapat beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memilih road bike sesuai dengan fitur yang kalian butuhkan.

1. Bahan Frame Sepeda

Sumber: Unsplash.com

Bahan frame adalah hal yang perlu kamu perhatikan
dalam membeli sepeda. Umumnya road bike terbuat dari serat karbon, almunium,
titanium, baja atau kombinasi dari setiap bahan. Setiap jenis bahan memilki
karakternya masing-masing.

Frame berbahan almunium cocok untuk para pemula karena memberikan
pengendaraan yang mulus dan harganya pun ramah dikantong. Bahan serat karbon
lebih menyerap getaran dibandingkan almunium namun harganya lebih mahal
dibandingkan frame almunium.

Sepeda dengan frame titanium relatif lebih ringan, sangat tahan lama dan tidak menimbulkan korosi. Frame berbahan baja dirancang untuk touring dan bobotnya yang cukup berat.

2. Ukuran Frame

Sumber: Unsplash.com

Dalam memilih ukuran frame hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah standover dan jarak kursi ke setang. Kursi yang nyaman ialah ketika kursi berada di bawah stang.

Selain itu, pilihlah ukuran frame yang sesuai dengan tinggi badan pengguna. Biasanya, produsen memiliki grafik ukuran frame yang sudah berdasarkan tinggi badan pengendara.

BACA JUGA: Tak Hanya Tren Sepeda, Tren Artis Sepedaan Pun Meningkat. Ini 6 Artis yang Ikut Tren Tersebut.

3. Komponen Gir

Sumber: Unsplash.com

Komponen sepeda memiliki dua gir yang berada di depan dan di belakang. Untuk sebutannya, gir depan seringkali disebut chainrings sedangkan untuk gir bagian belakang disebut cogs.

Bagi pemula, road bike yang cocok biasanya menggunakan chainrings yang berjumlah tiga. Hanya saja, beberapa road bike hanya memiliki dua. Untuk cogs, beberapa road bike biasanya menyesuaikan dengan jumlah roda gigi. Dalam sepeda, jumlah roda gigi standar berjumlah 8-10 gigi.

Setelan gir pada sepeda merupakan hal yang penting untuk membangun kekuatan dan daya tahan. Setelan untuk chainrings semakin tinggi angkanya akan mempermudah untuk mengayuh sepeda dan sebaliknya untuk cogs.

4. Merek Komponen

Sumber: Unsplash.com

Dalam dunia road bike, ada dua merek komponen yang cukup terkenal. Kedua merek tersebut antara lain Shimano dan Sram. Shimano memelopori tuas STI (Shimano Total Integration) yang merupakan tuas yang paling umum digunakan saat ini. Sedangkan untuk kualitas dan harga untuk Shimano berada di level pemula hingga kelas atas.

Sram sendiri terkenal dengan teknologi sudut 'YAW'. Teknologi ini mampu mempertahankan hubungan sudut yang konsisten dengan rantai. Selain itu Perpindahan gigi dengan SRAM dikendalikan oleh teknologi 'Double Tap', hanya memanfaatkan satu tuas untuk naik turun yang terpisah dari tuas rem.

5. Ban

Sumber: Unsplash.com

Area yang tidak kalah penting adalah ban. Sebuah roda terdiri dari hub tempat roda berputar, jari-jari yang menghubungkan hub dan rim, nipple yang menghubungkan jari-jari ke rim dan rim yang merupakan lingkaran bundar roda. Roda yang baik dan tahan lama jika memiliki hub yang kuat.

Selain itu, lebar dan kedalaman pelek roda akan memengaruhi cara berkendara. Semakin dalam pelek, semakin aerodinamis, tetapi lebih sulit untuk ditangani karena lebih dipengaruhi oleh angin samping. Jumlah spoke yang tinggi (memiliki banyak jari-jari) meningkatkan kekokohan dan daya tahan.

Nah, sudah pada paham belum buat milih road bike sebelum membelinya. Pastikan kalian membeli road bike yang tepat ya agar kalian selalu nyaman.

Leave a Reply