Menemukan Surga Penghilang Stres Di Asia Tenggara


February 18, 2020

Pantai Surfing terbaik di tiga negara Asia Tenggara, yang wajib masuk dalam bucket list kamu!

Surfing terasa intimidatif bagi kaum awam, namun berbanding terbalik bagi mereka yang punya adiksi pada kegiatan pemicu adrenalin. Ombak raksasa yang menghantam merupakan kepuasan tersendiri bagi para surfers

Namun, surfing bukan hal yang bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak ahli. Kebanyakan, orang yang sering surfing telah berlatih keras sejak lama atau mereka adalah para ahli dalam memainkan papan seluncur itu.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin surfing harus memastikan terlebih dahulu bahwa skill yang dimiliki sudah tajam agar jauh dari bahaya. Apabila sudah, silahkan tengok destinasi surfing di Asia berikut ini;

1. Pantai Sipora, Sumatera Barat, Indonesia

Indonesia boleh jadi salah satu destinasi incaran para surfer dunia, tapi saat membicarakan pantai untuk surfing, Pantai di Bali bukanlah satu-satunya jawara, tengok saja Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, yang memiliki Pantai Sipora.

Gulungan ombak dari pantai yang belum diketahui banyak orang ini, mampu mencapai tiga sampai tujuh meter tingginya.

Perihal akomodasi, aksesnya bisa didapat via Kota Padang menggunakan motor air yang dibanderol Rp.105 ribu hingga Rp.125 ribu. Selain surfing, kalian juga akan disuguhkan dengan acara-acara khas kearifan lokal, salah satunya ialah Festival Pesona Mentawai yang diisi dengan tari-tarian, sajian kuliner ekstrim, seperti ‘Batra’ (ulat bulu) dan ‘Toek’ (ulat pohon).

Ombak tinggi Pantai Sipora yang mencapai ketinggian empat meter

Atraksi Budaya Saat Festival Mentawai

2. Pantai Surin, Phuket, Thailand

Menurut CNN Travel, Phuket memiliki Pantai Surin yang masuk dalam kategori Surfing Paradise. Keadaan ombak yang susah ditebak di bagian utara pantai, sebenarnya bisa membahayakan keselamatan para surfers pemula, tapi menjadi tantangan tersendiri bagi para peselancar yang sudah lebih piawai. 

Kondisi ombak yang unik membuat Pantai asal Negeri Gajah Putih ini dapat dinikmati dengan beragam cara, misalnya bodyboarding dan boogie boarding, sehingga ada banyak pengalaman yang dapat digali dalam sekali kunjungan.

Surfing di atas ombak pantai Surin

Bodyboarding di Tengah Pantai Surin

3. Pantai Boracay, Filipina

Pantai Boracay adalah pantai yang harus kalian kunjungi saat bertandang ke Filipina, tak sekedar surfing, di sini kamu juga bisa berolahraga air seperti jet ski, banana ride, diving, dan snorkeling. Menurut Airpaz.com, Boracay merupakan pantai terbaik kedua di Asia, tidak sekedar untuk olahraga air tapi juga sebagai pusat hiburan malam yang menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. 

Ketenaran Boracay di tengah wisatawan, sempat menjadi bumerang bagi kondisi kebersihan pantai setempat, sehingga pulau kebanggaan warga Filipina ini pernah ditutup selama 6 bulan dan dampaknya pada ekonomi setempat, tekor sekitar $8 Miliar.

Tampak atas keseluruhan pantai Boracay

Kemeriahan party di Pantai Boracay