Naik Ontang-Anting di Kawah Putih Ciwidey dan 5 Tips Wajibnya!!


February 27, 2020

Naik Ontang-anting di kawah Ciwidey sambil menikmati pemandangan yang masih asri. Ini dia 5 tips yang bisa kalian lakukan untuk traveling Kawah Putih Ciwidey!

Menghilangkan penat dikala kesibukan kerja melanda merupakan ide bagus bagi para kaum kapitalis. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penat, namun menyatu dengan alam merupakan salah satu cara terbaik untuk memulihkan tenaga terkuras.  Berpetualang dengan alam bisa membantu menghilangkan beban fisik maupun pikiran. Bandung merupakan satu dari beberapa kota di Indonesia yang memiliki destinasi petualangan alam yang indah dan memukau. 

Kawah Putih Ciwidey yang asri dan bersih

Berpetualang ke Kawah Putih Ciwidey, Bandung merupakan opsi yang menarik, airnya yang berwarna biru dapat menyegarkan hati, pikiran, dan pemandangan alam yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau bisa melegakan mata. 

Ada dua cara untuk sampai ke Ciwidey yaitu, menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Jika ingin menggunakan bus, wisatawan dapat naik dari Terminal Leuwi Panjang Jurusan Bandung yang berhenti di Terminal Ciwidey. Setelah itu dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Ciwidey menuju Situ Patengang Berwarna Kuning yang turun di pintu gerbang Kawah Putih kemudian naik Ontang-anting. 

Naik Ontang-anting di Ciwidey

Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menempuh perjalanan dari Pusat Bandung kemudian cari Jalan Raya Soreang Ciwidey melalui jalur Stadion si Jalak Harupat - Taman Kelinci Ciwidey - Ciwidey Valley Resort - Kampoeng Strawberry - Wisata Kawah Putih. Sebelum melakukan perjalanan, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan, travelers harus tau mau menggunakan transportasi apa, kapan, dan barang apa saja yang perlu dibawa. Tentu saja persiapan yang matang akan mendukung perjalanan yang nyaman. Berikut adalah tips dan trik untuk berpetualang ke Kawah Putih Ciwidey :

1. Bawa Masker

saat berada di sekitar kawah putih, sedikit riskan karena masih ada belerang yang bisa keluar dan berbau. Maka, penting bagi para travelers untuk menutupi hidung dan mulut untuk menjaga kesehatan. 

2. Bawa Payung

Di kawah putih jarang ada tempat untuk berteduh, akrena sangat terbuka, maka sangat penting bagi para wisatawan untuk membawa payung jika hujan mulai turun. 

Memakai payung saat hujan di Kawah Putih Ciwidey

3. Berangkat lebih awal

Tentu saja tujuan utama adalah datang untuk melihat warna kawah yang indah, serta wisatawan juga bisa eksplor sambil menikmati pemandangan dan berfoto ria. 

4. Gunakan Motor 

Kemacetan akan membuat wisatawan jenuh dan lelah dijalan, maka gunakan sepeda motor merupakan salah satu hal yang dapat mempersingkat waktu untuk sampai ke Kawah Putih. 

5. Pergi Saat Musim Panas

Kawah Putih akan terlihat indah saat musim panas tiba, maka traveler disarankan agar datang pada periode Februari hingga Oktober untuk menikmati pemandangan dan mendapatkan jepretan foto yang bagus. 

Overview di Kawah Putih Ciwidey

Keadaan Kawah Puti Ciwidey di siang hari

Jembatan yang menjadi spot foto di Kawah Putih Ciwidey