Pantai Watu Karung: Rival Destinasi Surfing Bali?


February 29, 2020

Apa rasanya Surfing di pantai yang pernah menjadi spot Liga Surfing Dunia atau World Surf League (WSL)? Yuk simak Pantai Watu Karung!

Untuk perkara destinasi surfing, boleh jadi Pantai Watu Karung, belum terdengar akrab di telinga traveller, jika dibandingkan pantai-pantai di Pulau Dewata, Bali. Tapi Pantai di daerah Pacitan, Jawa Timur ini  juga jadi banyak incaran surfer dunia lho. 

Overview dari Pantai Watu Karung Pacitan, Jawa Timur

Surfing di Pantai Watu Karung Pacitan dengan ombak besar

Menurut Pesona.travel.com, Pantai Watu tak kalah keren dari Bali lho ternyata. Pantai Watu Karung merupakan satu dari sekian banyak pantai yang menjadi tempat favorit para wisatawan untuk surfing dan bodyboarding

Berikut sekelibat alasan dan keindahan yang bisa bikin kamu yakin untuk bertandang ke Pantai Watu Karung:

1 KEINDAHAN

Ombak pantai ini tingginya mencapai empat meter, hal ini disebabkan karena posisi pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Pantai ini tak kalah menarik dan menantang dengan pantai-pantai di Bali. Sama-sama memiliki spot surfing yang keren, cocok untuk para pemula dan profesional, namun ombak di pantai ini sangat ekstrim. 

2 PERNAH JADI SPOT KEJUWARAAN

Pantai ini masih jauh dari kata ramai sehingga menjadi daya tarik buat para wisatawan yang ingin bersantai tanpa harus berdesakkan. Namun semenjak diadakannya Liga Surfing Dunia atau World Surf League (WSL) yang bertajuk Hello Pacitan pada 2017, pantai ini mulai berada dalam daftar destinasi para peselancar dunia.

Pantai Watu Karung menjadi spot Liga Surfing Dunia atau World Surf League (WSL)

3 PERNAH DIKUNJUNGI JUARA DUNIA BODYBOARDERS

Tentu saja, pantai ini menjadi favorit bagi para pecinta surfing dan bodyboarding. Ombak pantai ini memiliki tipe reef break yang menjadi kesukaan para surfers. Sesekali pantai menghasilkan barrel yang merupakan anugerah bagi para surfer. Pantai ini sudah empat kali dikunjungi oleh Juara Dunia Bodyboarders, Isabella Sousa,mungkin keindahan dan hantaman ombak Watu Karung buat candu.

Seringkali didatangi oleh Surfers terkenal di dunia

CAMPING DI PANTAI

Selain hanya surfing, kalian juga melakukan camping di pantai ini. Traveler bisa menikmati sunset sambil bbq di tepi pantai. Wah, pasti akan menjadi malam yang menyenangkan di Pantai Watu Karung, bukan?!

Sunset di Pantai Watu Karung sambil menikmati ombak

5  AKSES

Untuk pergi ke Pantai Watu Karung, travelers bisa melakukan perjalanan dari pusat kota Pacitan dengan waktu tempuh selama 45 menit. Di tengah perjalanan, wisatawan bisa sambil menikmati pemandangan alam di jalanan berkelak-kelok di daerah pegunungan Pacitan. Jika lelah, bisa rehat di penginapan Legenda Surfing Indonesia Rizal Tandjung di atas perbukitan Pantai Watu Karung, sebelum menerjang ombak Pantai Watu Karung sampai puas.