Pasangan Tapi Bukan Suami dan Isteri, Inilah Kolaborasi Orangutan dan Berang-Berang di Pairi Daiza!

Vivian Yolanda
April 8, 2020

Membahas kisah dan kerjasama antara orangutan dan berang-berang yang dipasangkan di Pairi Daiza. Simak artikel berikut tentang kisah orangutan dan berang-berang!

Wearinasia kali ini akan membahas tentang sebuah kejadian langka yang terjadi di Pairi Daiza zoo, Belgia. Seekor orangutan terlihat senang bermain dengan beberapa ekor berang-berang. Bagaimana bisa ya mereka berteman layaknya sesama spesies yang sedang bermain? 

Tahu tidak travelers, Kotamadya Walloon,  Brugelette seringkali melakukan pemasangan terhadap beberapa spesies binatang yang berbeda untuk hidup bersama, seperti penguin dan anjing laut, kerbau dan zebra, burung pelikan dan kanguru, monyet colobus dan gorila, kemudian kini Brugelette sedang melakukan upaya memasangkan orangutan dan berang-berang Asia. Apa jadinya bila keduanya dipasangkan?

Ujian yang sedang menarik perhatian para berang-berang

Sama seperti manusia, kedua spesies ini juga bisa stress loh travelers! Program penyatuan kedua spesies ini bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat stress orangutan dan berang-berang, sehingga keadaan psikis mereka akan terjaga dan fisik juga akan menjadi lebih kuat. Menyedihkannya, jika orangutan mengalami stress akut, mereka akan gampang terserang penyakit, susah untuk reproduksi, bahkan hingga menyebabkan kematian. Tentu saja hal tersebut akan mengurangi populasi orangutan yang sudah sangat sedikit.

Setiap kebun binatang di seluruh dunia yang menaungi orangutan selalu melakukan berbagai upaya untuk mengasah otak orangutan dengan mengajak mereka bermain, berfikir lewat menjawab teka-teki, dan segala permainan yang dianggap bisa menambah perkembangan sang orangutan. Mungkin karena dari alasan tersebut itulah ide memasangkan orangutan dan berang-berang menjadi kawan bermain itu muncul.

Kerap tertangkap jepretan kamera, seekor orangutan memberi makan berang-berang dan saling berinteraksi layaknya sekumpulan balita yang sedang berada di taman bermain.

Berang-berang yang sedang bermain petak umpet dengan Berani (anak orangutan)

Para berang-berang tersebut hidup dan berkeliaran di sekitaran danau yang mengairi Pairi Daiza sekaligus juga menjadi habitat dari satu keluarga orangutan yang beranggotakan tiga ekor. Ayah orangutan ini berumur 24 tahun bernama Ujian kemudian kawin dengan remaja orangutan bernama Sari yang masih berumur 15 tahun, keduanya memiliki seekor anak yang diberi nama Berani dan berusia empat tahun. Ketiganya merupakan pindahan dari German zoo di Heidelberg sejak tahun 2017. 

Berani yang hendak menggendong berang-berang

Setelah melihat eksperimen ini, apakah travelers semakin termotivasi untuk memberikan dukungan pada upaya konservasi orangutan? Apabila kalian tertarik untuk mendukung keberlangsungan hidup satwa khas Nusantara ini, cek langsung program Shop 1 Support 1 ini.

Leave a Reply