[VIDEO] Perbandingan Spesifikasi Fitness Tracker Fitbit Inspire 2 vs Inspire HR: Pilih Lawas atau Upgrade?

Gilang Fajar Septian
November 23, 2020

Fitbit belum lama ini meluncurkan model Fitbit Inspire 2 terbarunya. Apakah model teranyar ini lebih baik dibandingkan Inspire HR yang muncul lebih dahulu?

Lebih dari setahun setelah melepas fitness tracker Inspire HR ke publik, Fitbit akhirnya resmi meluncurkan Inspire 2 pada akhir September lalu. Selain dari segi usia, perbedaan apa lagi yang dapat ditemukan saat membandingkan Fitness Tracker Fitbit Inspire 2 vs Inspire HR?

Fitbit Inspire 2 vs Inspire HR: Desain

Fibit Inspire 2

Sekilas dilihat, Inspire 2 dan Inspire HR tidak nampak memiliki perbedaan. Bodi keduanya terbuat dari material karet, yang memang dipilih untuk memastikan bobot tetap ringan saat berada di pergelangan tangan. Baik Inspire 2 maupun Inspire HR juga memiliki layar sentuh OLED serta tali silikon yang dapat ditukar. Tidak lupa, keduanya juga sama-sama dapat tetap digunakan saat mandi ataupun berenang karena memiliki ketahanan hingga 50 meter di bawah permukaan air.

Saat diperhatikan lebih dekat, kalian akan menyadari kalau casing Inspire 2 didesain lebih membulat dibandingkan Inspire HR yang cenderung mengotak. Menurut Fitbit, desain pada fitness tracker terbaru ini memang dirancang untuk menyesuaikan dengan bentuk dan proporsi tubuh manusia.

Selain itu, Fitbit juga melakukan peningkatan lain dengan membuat layar Inspire 2 jadi lebih 'hidup'. Hal ini jelas menjadi kabar baik, karena kalian tidak perlu lagi memicingkan mata seperti saat melihat layar Inspire HR; khususnya saat berada di bawah sinar matahari.

Tabel perbandingan desain Fitbit Inspire 2 dan Inspire HR:

Fitbit Inspire 2 Fitbit Inspire HR
Layar OLED
Layar sentuh
Bahan strap silikon silikon
Daya tahan air hingga 50 meter hingga 50 meter

Fitbit Inspire 2 vs Inspire HR: Fitur & Sensor

Sensor Fitbit Inspire HR

Fitbit menjadikan Inspire 2 sebagai model Inspire pertama yang dilengkapi fitur 'Active Zone Minutes'. Fitur ini berfungsi untuk membantu kalian berolahraga sesuai dengan rekomendasi kesehatan masyarakat. Dalam praktiknya, selain memastikan adanya langkah kaki harian dan olahraga di tiap minggu, fitur ini juga akan mendorong kalian untuk mencapai zona detak jantung tertentu selama beraktivitas. Ringkasnya, Active Zone Minutes akan menyederhanakan banyak hal dan memberikan tujuan latihan yang dapat kalian capai. Apalagi, fitur ini sangat kompatibel dengan 20 Mode Latihan Berbasis Tujuan yang juga hadir di Inspire 2; lebih banyak 5 dibandingkan Inspire HR.

Di luar Active Zone Minutes dan mode latihan ekstra, tidak ada fitur mencolok lain yang dapat disorot dalam perbandingan Fitbit Inspire 2 vs Inspire HR ini. Keduanya sama-sama telah menghadirkan sensor pemantau detak jantung, menit aktif, langkah kaki yang telah dilakukan, serta kalori yang kalian bakar selama beraktivitas fisik. Baik Fitbit Inspire 2 dan Inspire HR juga tidak akan lelah mengingatkan kalian untuk sesekali bergerak, setelah hanya seharian duduk menghadap layar monitor.

Selain itu, kedua fitness tracker Fitbit ini turut dilengkapi dengan fitur 'SmartTrack' yang mampu membedakan satu aktivitas dari aktivitas yang lainnya; memungkinkan pengguna untuk mendapat rincian informasi akan latihan yang mereka lakukan. Sedangkan untuk fitur-fitur lainnya, Multi-Sport Mode, V02 Max, panduan pernapasan, hingga pelacakan renang sudah menjadi kelengkapan standar bagi kedua model.

Cukup disayangkan, Fitbit tidak menambahkan GPS pada Inspire 2, setelah sebelumnya sensor ini juga absen di Inspire HR. Akibatnya, kalian perlu menggunakan smartphone jika ingin melakukan pelacakan lokasi saat sedang berlari, bersepeda maupun berenang.

Tabel perbandingan fitur & sensor Fitbit Inspire 2 dan Inspire HR:

Fitbit Inspire 2 Fitbit Inspire HR
SmartTrack
Mode Latihan Berbasis Tujuan 20 15
Active Zone Minutes x
Pelacakan Kalori Terbakar
Pengingat untuk Bergerak
Notifikasi cuaca x
GPS x x
Akselerometer x
Pelacak Kegiatan Harian
Pelacak Berenang
Notifikasi Aplikasi Smartphone
Bluetooth
(Ver. 4.0)
Penerima notifikasi smartphone
(Panggilan & teks)

(Teks)

Fitbit Inspire 2 vs Inspire HR: Daya Tahan Baterai

Aspek lain yang ditingkatkan Fitbit pada fitness tracker terbarunya. Daya tahan baterai pada Inspire 2 merupakan salah satu yang tertinggi dari seluruh seri produknya.

Dalam kapasitas 100%, Fitbit mengklaim Inspire 2 dapat terus menyala selama 10 hari sebelum kehabisan daya baterai. Ini lebih baik dari Inspire HR yang hanya mampu bertahan selama 5 hari.

Pilih yang Mana?

Secara garis besar, tidak banyak perbedaan yang ada di antara Fitbit Inspire 2 maupun Inspire HR. Tapi sebagai model terbaru, tentunya model dengan nama pertama telah mengadopsi fitur-fitur terkini.

Dengan selisih harga yang relatif tidak begitu besar, kalian dapat mengakses fitur Menit Zona Aktif yang amat membantu untuk memaksimalkan latihan harian 5 Mode Latihan Berbasis Tujuan tambahan

Harga

Dengan seluruh peningkatan yang dihadirkan Fitbit, Inspire 2 hanya memiliki sedikit selisih harga dengan pendahulunya. Di Wearinasia, Inspire 2 dibanderol seharga Rp1.999.000. Sedangkan, Inspire HR dihargai Rp1.939.000. Perlu diingat jika sewaktu-waktu harga ini dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.