[VIDEO] Perbedaan Smartwatch Garmin Venu dan Venu SQ / SQ Music Edition


October 21, 2020

Tertarik membeli salah satu dari Garmin Venu, Venu SQ, atau Venu SQ Music Edition tapi sulit menemukan perbedaan di antara ketiganya? Simak dulu saja artikel berikut ini.

Baru-baru ini Garmin meluncurkan model teranyar dari seri Venu-nya, yakni Garmin Venu SQ dan Venu SQ Music Edition. Dua jam Garmin terbaru ini jelas ditujukan untuk memberi variasi pilihan dalam jajaran fitness-tracker mereka yang baru diisi satu model selama setahun terakhir. Nah, kira-kira apa saja nih, perbedaan Gamin Venu dan Venu SQ beserta Music Edition-nya?



Desain

Perbedaan Garmin Venu dan Venu SQ tidak sulit disadari. Jam Garmin Venu SQ menggunakan layar 1,3 inci beresolusi 240 x 240 dengan desain mengotak; berbanding terbalik dengan Venu yang mengandalkan layar 1,2 inci beresolusi 390 x 390 dengan bentuk bulat.

Secara tampilan, Venu SQ dan Music Editionnya tidak terlihat semewah pendahulunya yang bermaterikan layar AMOLED dan bezel stainless steel. Namun dari situ, Venu SQ pun berbobot 8.7 gram lebih enteng dari Venu karena menggunakan material ringan seperti aluminium yang cocok untuk orang-orang bergaya hidup aktif. Hal sama juga berlaku pada layar LED Venu SQ, yang meskipun tak seeksklusif layar AMOLED Venu, namun tetap jernih dan mudah dibaca di bawah sorotan sinar matahari.

Untuk opsi warna, Venu SQ tersedia dalam pilihan: Shadow Gray/Slate Bezel, White/Light Gold Bezel dan Orchid/Metallic Orchid Bezel;. Venu SQ Music Edition: Black/Slate Bezel, Light Sand /Rose Gold Bezel, Navy/Light Gold Bezel dan Moss/Slate Bezel; dan untuk Venu original: Light Sand/Rose Gold Bezel, Black/Slate Bezel, Black/Gold Bezel, dan Blue Granite/Silver Bezel.

Di luar pilihan warna dan materi yang memang tidak ‘se-wah’ Venu, tidak terlalu banyak perbedaan lain antara Venu, Venu SQ dan Venu SQ Music Edition. Selebihnya, seluruh model seri Venu ini sama-sama telah dilengkapi strap berukuran 20 mm dan dirancang tahan air hingga 5 ATM.

Sensor

Perbedaan sensoral Garmin Venu dan Venu SQ beserta varian Music Editionnya terletak pada minimnya sensor Giroskop dan Altimeter Barometrik. Tentunya, kehilangan sensor yang disebut terakhir ini akan membuat para pecinta daki gunung kesulitan mengukur ketinggian di atas permukaan laut.

Seluruh sensor dan fitur yang tidak hadir di Venu SQ tersebut sudah bisa diakses oleh Venu. Selebihnya, Venu dan Venu SQ memiliki kelengkapan yang tidak jauh berbeda, seperti sensor detak jantung, kompas, termometer, akselerometer, SpO2, dan sensor cahaya. Keduanya juga telah dilengkapi GPS, pemantau stress dan level energi, pelacak siklus menstruasi, serta berbagai fitur pemantau kesehatan lainnya.

Musik

Dalam aspek ini, Venu SQ Music Edition dapat berbangga dari Venu biasa. Seperti yang disugestikan namanya, alternatif dari Venu SQ reguler ini mendapat fitur tambahan berupa ruang penyimpanan musik berkapasitas 4 GB. Selain itu, penggunanya juga dapat secara independen menikmati ataupun mendownload musik dari aplikasi seperti Spotify via smartwatch. Tentu saja, fitur ini juga sudah jadi kelengkapan standar di Venu.

Meskipun tidak bisa memutar lagu via jam tangan layaknya Venu dan Venu SQ Music Edition, kalian yang tertarik dengan Venu SQ reguler tidak perlu khawatir. Pengontrol musik di smartphone sudah menjadi kelengkapan standar di seluruh model Venu - termasuk SQ -, sehingga kalian tetap dapat memutar atau melakukan pengaturan lagu melalui jam tangan yang telah terkoneksi dengan smartphone.

Jenis Olahraga yang Didukung

Selain mendukung profil aktivitas GYM seperti latihan kekuatan, kardio dan eliptikal, stair stepping, floor climbing, dayung indoor, yoga, pilates, serta aktivitas pernapasan, ketiga model Venu ini juga telah dilengkapi fitur pemantau olahraga lari, golf, bersepeda, dan berenang.

Untuk lari, kalian dapat memilih profil lari luar ruangan, lari track dalam ruang, ataupun lari treadmill. Melalui GPS, kalian juga bisa memantau jarak, waktu, serta kecepatan lari.

Bagi penggemar kayuh sepeda, kalian dapat memilih salah satu dari bersepeda luar ruangan atau bersepeda dalam ruangan sebagai profil pilihan. Selain itu, ketiga smartwatch Venu ini juga menyediakan alarm peringatan yang akan berbunyi saat kalian telah mencapai target waktu, jarak, denyut jantung, ataupun kalori terbakar.

Sedangkan untuk kalian yang hobi berenang, seluruh smartwatch ini sudah mampu memperhitungkan metrik (panjang, jarak, kecepatan, jumlah stroke, dan efisiensi) berenang, mengidentifikasi jenis gaya yang digunakan (bebas, punggung, dada, kupu-kupu), memberi sinyal istirahat dasar dalam bentuk timer, memperingatkan waktu dan jarak, dan memantau denyut jantung pergelangan tangan di bawah air.

Konektivitas dan Masa Hidup Baterai

Menyinggung masalah konektivitas, Venu SQ memungkinkan para penggunanya untuk terhubung dengan ponsel pintar masing-masing. Dari situ kalian dapat menerima notifikasi panggilan & pesan masuk, membalas pesan ataupun menolak panggilan telepon dengan teks, serta mendapat update media sosial lewat jam mereka.

Pun begitu, Venu dan Venu SQ Music Edition juga telah mampu terhubung dengan ponsel dan memberikan manfaat yang sama dengan Venu SQ. Apalagi, Venu dan Venu SQ Music Edition juga terintegrasi dengan Wi-Fi, yang memungkinkan penggunannya mengakses internet via jam tangan.

Lebih jauh, seluruh smartwatch ini sudah difasilitasi dengan ANT+. Sensor inilah yang memungkinkan terjadinya koneksi antara perangkat pendukung/pemantau kesehatan dengan jam, dan berujung pada sajian visual analisis berbagai variabel kesehatan yang didapat.

Beralih ke masa hidup baterai, Venu SQ diketahui bisa terus digunakan hingga 6 hari berturut-turut dalam mode Smartwatch. Sedangkan untuk SQ versi Music Edition, smartwatch ini mampu bertahan hingga 6 jam dalam mode GPS dengan musik, dan awet hingga 14 jam pada mode GPS tanpa musik. Tentunya cocok bagi kamu yang aktif melakukan kegiatan luar ruangan.

Lalu bagaimana dengan daya tahan Venu? Masing-masing dalam mode Smartwatch, mode GPS dengan musik, dan mode GPS tanpa musik, Venu dapat bertahan hingga 5 hari, 6 jam, dan 18 jam sebelum perlu mengisi ulang daya. Memang, pada perbedaan Garmin Venu dan Venu SQ dari segi ini, sang pendahulu perlu mengakui kekalahan mengingat borosnya display AMOLED yang Ia gunakan.

Kesimpulan

Demikian bahasan perbedaan Garmin Venu dan Venu SQ. Apakah ada aspek-aspek yang rasanya terlewatkan? Tidak perlu khawatir, karena kamu dapat menyimak perbandingan spesifikasi antara Garmin model Venu, Venu SQ, dan Venu SQ Music Edition melalui tabel di bawah ini:

Garmin Venu SQ Garmin Venu SQ Music Edition Garmin Venu
Size 40,6 x 37,0 x 11,5 mm 40,6 x 37,0 x 11,5 mm 43,2 x 43,2 x 12,4 mm
Weight 37,6 gram 37,6 gram 46,3 gram
Display LCD touchscreen LCD touchscreen colored AMOLED touchscreen
Screen Resolution 240 x 240 pixel 240 x 240 pixel 390 x 390 pixel
Notification phone call, message, social media phone call, message, social media phone call, message, social media
Reply Message / Reject Call via Text yes
(Android only)
yes
(Android only)
yes
(Android only)
OS Compatibility Android, iOS Android, iOS Android, iOS
Water resistance up to 50 m up to 50 m up to 50 m
Connectivity Bluetooth, ANT + Bluetooth, ANT +, Wi-Fi Bluetooth, ANT +, Wi-Fi
Sensors Garmin Elevate wrist heart ratemonitor, compass, Pulse Ox, accelerometer, thermometer, ambient light sensor Garmin Elevate wrist heart ratemonitor, compass, Pulse Ox, accelerometer, thermometer, ambient light sensor Garmin Elevate wrist heart ratemonitor, compass, Pulse Ox, accelerometer, thermometer, ambient light sensor , altimeter, gyroscope
GYM Activity Profiles Strength training, cardiography and eliptical, stair stepping, floor climbing, indoor paddling, yoga, pilates, respiratory activity Strength training, cardiography and eliptical, stair stepping, floor climbing, indoor paddling, yoga, pilates, respiratory activity Strength training, cardiography and eliptical, stair stepping, floor climbing, indoor paddling, yoga, pilates, respiratory activity
On-Screen Training Animation - - yes
Entertainment Features - 4 GB of music storages, capability to download songs or playlists from Spotify, Amazon Prime Music, and Deezer (Venu SQ Music Edition) 4 GB of music storages, capability to download songs or playlists from Spotify, Amazon Prime Music, and Deezer
Battery Life Smartwatch mode: up to 6 days
GPS Mode: up to 6 hours
Smartwatch mode: up to 6 days
GPS Mode with Music: up to 6 hours
GPS Mode without music: up to 14 hours
Smartwatch mode: up to 5 days
GPS Mode with Music: up to 6 hours
GPS Mode without music: up to 18 hours

Terlepas dari pengurangan
sejumlah fitur dibandingkan Venu model sebelumnya, Venu SQ selaku jam Garmin
terbaru bisa dibilang cukup mumpuni memenuhi kebutuhan tracking maupun
pemantauan informasi kesehatan dasar. Bahannya yang ringan, ditambah dengan
daya tahan baterai yang lebih tinggi juga sangat ideal bagi kamu yang betah
berlama-lama di luar ruangan. Namun di satu sisi, Venu SQ memang tidak se-‘wah’
kakaknya, tapi sudah cukup oke untuk penggunaan sehari-hari; apalagi dengan
harganya yang bersahabat.

Apabila kalian tidak masalah mengeluarkan biaya lebih untuk mendapat beberapa tambahan fitur, Venu SQ Music Edition bisa menjadi pilihan bagus. Model ini juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang tidak menyukai desain membulat Venu, namun tetap menginginkan smartwatch dengan konektivitas Wi-Fi dan ruang penyimpanan musik.

Jika merasa masih belum
puas dengan fitur yang terdapat pada Venu SQ Music Edition, mungkin ada baiknya
untuk menengok Garmin Venu. Meskipun setahun lebih tua dari SQ, Venu tetap
sarat dengan aura mewah berkat bezel stainless steel dan display AMOLED. Ia
juga dilengkapi beberapa fitur eksklusif yang tidak dapat ditemukan di
penerusnya, meskipun membuat harganya jadi membengkak. Sederhananya, model ini
bisa jadi jawaban bagi orang-orang yang menginginkan fitness-tracker berpenampilan
elegan dan sarat akan fitur untuk mendongkrak user experience.

Dengan beragam perbedaan Garmin Venu dan Venu SQ, harga yang dipatok pun jadi berbeda-beda. Sebagai model paling elegan dan berfitur paling lengkap, Garmin Venu standar dipatok seharga 6 jutaan. Sedangkan untuk Venu SQ dan Venu SQ Music Edition, masing-masingnya dihargai antara 3.2 – 3.5 juta (Venu SQ) dan 4 juta (Music Edition). Harga-harga tersebut merupakan banderol saat artikel ini dibuat, dan bisa berubah seiring waktu dan kondisi.