Perbedaan Smartwatch Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245, Pilih yang Mana?

Gilang Fajar Wijayanto
November 3, 2020

Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 adalah varian baru dari seri Forerunner yang memang dikhususkan untuk pelari. Dari keduanya, mana yang seharusnya dipilih?

Selain bersepeda, masyarakat perkotaan juga gemar berolahraga lari. Makin kesini, olahraga ini bukan saja sekadar untuk fun tapi untuk tujuan yang lebih serius seperti untuk persiapan marathon atau lain-lain. Makanya, banyak dari mereka yang menaruh perhatian lebih pada data.

Kalau kamu pengguna Garmin, hal ini tidak menjadi masalah karena Garmin memiliki lini produk khusus yang menyasar para pelari: Garmin Forerunner. Dulu, model Forerunner 35 dan 235 menjadi teman setia para pelari. Kini, Garmin merilis versi upgrade dalam diri Garmin Forerunner 45, Garmin Forerunner 245 dan Garmin Forerunner 945.

Ketiganya dirancang untuk bekerja paling baik sebagai jam tangan untuk berlari. Ketiganya berfokus untuk menyediakan pelari dengan fitur pelatihan dan pelacakan yang lebih baik, namun tetap menyasar pasar yang berbeda.

Untuk membantumu memilih jam tangan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, silahkan baca ulasan dibawah ini.

Desain

Kalau diperhatikan, Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 terbilang mirip. Keduanya bisa dibilang adalah versi lebih murah dari Garmin Forerunner 945 yang sebelumnya sudah kita kupas tuntas di artikel ini. Sekarang, untuk dapat membedakan Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 secara kasat mata, silahkan lanjutkan membaca.

Tampilan Luar

Mari kita masuk ke Garmin Forerunner 45 dulu. Sebenarnya, Garmin mengeluarkan dua versi Garmin Forerunner 45, yaitu Forerunner 45 dengan casing 42mm, dan Forerunner 45S dengan casing 39mm.

Garmin Forerunner 45 dan Forerunner 45S sepertinya memang sejak awal didesain untuk mereka yang memiliki pergelangan tangan yang kecil. Pasalnya, versi standar dengan casing 42 mm saja masih terlihat lebih kecil daripada kebanyakan jam tangan lari lainnya.

Penampilan Garmin Forerunner 45 via namair.com

Garmin Forerunner 45 memiliki layar warna 1,04 inci, 208 x 208. Walaupun resolusi layarnya tidak bisa dibandingkan dengan Apple Watch, tapi layarnya jernih dan cerah, dan warnanya cukup membuat informasinya terlihat jelas. Garmin Forerunner 45 juga tergolong ringan. Wajar saja mengingat beratnya hanya 32-36g, tergantung pada ukuran.

Mirip dengan Garmin Forerunner 45, Garmin Forerunner 245 juga hadir dengan dua versi: Garmin Forerunner 245 standar dan Garmin Forerunner 245 Music. Soal tampilan, baik Garmin Forerunner 245 dan Garmin 245 Music memiliki resolusi layar yang lebih baik daripada Garmin Forerunner 45. Layarnya memiliki resolusi 240 x 240 dengan diameter 1.2 inchi, cukup baik dengan tingkat ketajaman yang lebih baik dibandingkan Garmin Forerunner 45.

Penampilan Garmin Forerunner 245 via xiaomist.com

Tapi bagusnya, Garmin Forerunner 245 memiliki dimensi yang compact. Diameternya bahkan cuma sedikit lebih besar dari Garmin Forerunner 45, yakni 42.3mm dengan berat 38,5g.

Antarmuka

Sedangkan untuk interface, baik Garmin Forerunner 45 dan Forerunner 245 masih mempertahankan kontrol 5 tombol khas Garmin. Tombol-tombol terdiri dari kontrol start/stop, back, up dan down yang nantinya akan sering sekali kamu gunakan saat berinteraksi dengan smartwatch-mu. Sebagian orang mungkin mengharapkan bahwa Garmin menyematkan teknologi touch screen, tapi percayalah kalau sistem kontrol ini mudah digunakan, apalagi buat kamu yang sudah terbiasa dengan produk-produk Garmin. Selain itu, ketiadaan touch screen juga membuat Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 memiliki battery life yang lebih lama.

Yang disayangkan dari Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 adalah materialnya yang terkesan murah dan plastik padahal Garmin Forerunner ini tahan air sampai ke kedalaman 50 meter. Kelemahan lainnya adalah soal brightness layar. Garmin masih tetap menggunakan layar transflective memory-in-pixel (MIP) dibandingkan AMOLED sehingga nampak lebih gelap dari smartwatch merk lain.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi, akan lebih baik kalau kamu melihat perbandingannya dengan lebih detail di table di bawah ini.

[COMPARISON]

Fitur dan Sensor

Dirilis dalam waktu yang hampir sama, Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 terlihat fokus menyediakan fitur pelatihan dan pelacakan yang lebih baik bagi kamu yang gemar berolahraga lari. Ya, walaupun bisa dipakai untuk men-track aktivitas lain seperti berenang atau bersepeda, Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 memang memiliki lebih banyak fitur jika digunakan saat berlari ketimbang saat melakukan olahraga lain.

Garmin Connect dan Garmin Coach

Dari segi fitur, Garmin Forerunner menyediakan banyak fitur-fitur olahraga untuk lari. Fitur training dan analytics-nya cukup kaya terutama karena ada 12 profil aktivitas fisik termasuk lari, treadmill, lintasan dalam ruangan, sepeda, kardio, dan jalan kaki. Bagusnya, profil-profil ini bisa di-customize dengan aplikasi Garmin Connect app.

Garmin Forerunner 45 via nakan.com

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan Garmin Coach, sebuah aplikasi training yang bisa secara adaptif menyesuaikan menu latihan lari. Buat para runner yang masih beginner, ini tentu sangat membantu untuk mencapai target 5 km, 10 km, dan setengah maraton. Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya tinggal memilih target dan informasi-informasi tambahan seperti hari lari pilihan, jarak tempuh atau kecepatan saat ini. Dan jika kamu tidak sanggup mengikuti plan awal, maka training plan-mu akan juga akan ikut berubah. Cukup membantu, bukan?

Fitur Musik dan Hiburan

Fitur ini sebenarnya tidak terlalu penting kalau tujuanmu adalah semata-mata untuk berolahraga. Tapi kalau kamu benar-benar ingin berolahraga sambil mendengarkan lagu, maka sebaiknya kamu memilih Garmin Forerunner 245 Music. Dijual dengan harga yang lebih mahal, kamu akan mendapatkan media penyimpanan sekitar 3,5GB untuk menyimpan kira-kira 500 lagu pada jam tangan ini. Kamu juga bisa melakukan streaming ke Spotify, Deezer, dan Pandora via aplikasi Garmin Express.

Garmin Forerunner 245 dengan fitur pemutar musik via pocket-lint.com

Sensor dan Baterai

Perbedaan utama antara Forerunner 245 dan Forerunner 45 adalah fitur-fitur canggih dan harware yang sedikit ditingkatkan pada opsi yang lebih mahal.

Garmin Forerunner 245 memiliki masa pakai baterai dua kali lipat dari Garmin Forerunner 45, yang hanya mampu bertahan selama 13 jam dalam satu kali charging. Perbedaan ini tidak main-main. Pasalnya, buat semua pelari di luar sana, kamu bisa berharap kalau jam tangan Garmin Forerunner 245-mu dipakai sampai 24 jam dalam mode GPS, dan 24 jam + dengan mode Garmin UltraTrac Garmin. Sedangkan untuk pemakaian biasa, kedua jam tangan ini mampu bertahan selama 7 hari dalam sekali charging.

Untuk urusan melacak lokasi, kedua jam tangan ini mampu memberikan hasil yang akurat karena dibekali dengan GPS + GLONASS. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan metrik-metrik khusus seperti jarak, kecepatan, waktu dan cadence.

Kamu juga bisa mengetahui detak jantung rata-rata dan maksimal serta efek latihan aerobik dan anaerobik berkat adanya heart rate monitor. Selain aktivitas outdoor, kamu juga memiliki opsi untuk memilih trek lari dalam ruangan. Jam tangan ini memiliki kunci GPS di dalam dan melacak dengan cukup akurat saat kamu berlari di treadmill karena memiliki sensor accelerometer. Sayangnya, sensor kompas hanya ada di Garmin Forerunner 245, tetapi tidak di Garmin Forerunner 45.

Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 via 5krunning.com

Harga

Kita masuk ke harga. Garmin Forerunner 45 dijual dengan harga mulai dari Rp 3,2 juta. Sedangkan Garmin Forerunner 245 dijual lebih mahal. Kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 4,5 juta atau Rp 5,3 juta untuk versi Garmin Forerunner 245 Music.

Pada dasarnya, Garmin Forerunner 45 dan Garmin Forerunner 245 memang didesain untuk lebih affordable dibanding Garmin Forerunner 945 yang lebih powerfull dan kaya fitur. Namun, bukan berarti keduanya adalah jam tangan yang buruk. Garmin Forerunner 45 dan Forerunner 245 tetap memiliki fitur training dan tracking yang baik, cocok buat kamu yang menggemari olahraga lari.

Sekarang, tinggal kamu sesuaikan saja kebutuhan dengan budget yang tersedia. Kalau kamu budget terbatas, Garmin Forerunner 45 dengan fitur-fitur olahraganya sudah lebih cukup. Namun, kalau kamu butuh jam tangan dengan masa pakai yang lebih lama, makan Garmin Forerunner 245 bisa menjadi pilihan.

Leave a Reply