[VIDEO] Perbedaan Smartwatch Garmin Instinct, Garmin Instinct Solar dan Garmin Instinct Solar Tactical

Gilang Fajar Wijayanto
November 3, 2020

Dalam artikel ini kita akan fokus membahas perbedaan jam tangan Garmin Instinct, Garmin Instinct Tactical dan Garmin Instinct Solar. Sehingga Anda bisa memilih mana jam tangan yang cocok untuk Anda. Namun sebelum itu Anda harus mengetahui berbagai fitur Garmin Instinct terlebih dulu.

Garmin belum lama ini merilis jam tangan terbaru mereka yang masuk ke dalam varian Garmin Instinct. Garmin seri Instinct sendiri sampai saat ini memiliki 3 tipe yaitu Garmin Instinct, Garmin Instinct Solar dan Garmin Instinct Solar Tactical sebagai varian terbaru. Setiap tipe tersebut memiliki perbedaan terutama dari fitur jam tangan Garmin.

Dalam artikel ini kita akan fokus membahas perbedaan jam tangan Garmin Instinct, Garmin Instinct Tactical dan Garmin Instinct Solar sehingga Anda bisa memilih mana jam tangan yang cocok untuk Anda. Namun sebelum itu Anda harus mengetahui berbagai fitur Garmin Instinct terlebih dulu.

Desain dan Antarmuka

Mari kita mulai review ini dengan membahas desain dan sistem interface-nya. Garmin Instinct hadir dengan sistem Quickfit sehingga kamu bisa mengganti strap-nya dengan mudah. Dengan berat 52g dan ukuran casing 45mm, Garmin Instinct terlihat tidak jauh berbeda dengan jam tangan outdoor jenis lain seperti Garmin Fenix.

Untuk layar, Garmin Instinct menggunakan layar monokrom 128 x 128 piksel. Layar seperti ini akan membantu memperpanjang daya tahan baterai. Garmin Instinct juga tahan air hingga 100 meter dan tahan guncangan.

Penamplan Garmin Instinct

Kalau kamu perhatikan, Garmin Instinct memiliki semacam layar keduayang lebih kecil. Ini berfungsi untuk memberi tahu informasi tambahan dari apa pun yang Anda lakukan di layar utama. Cukup menarik, bukan?

Untuk interface, sebagai jam tangan outdoor, Garmin Instinct tidak memiliki layar touch screen. Sistam kontrolnya menggunakan lima tombol kontrol seperti yang ditemukan di seri Garmin yang lain seperti Fenix dan Forerunner. Namun, menggunakan jam tangan ini tidak sulit karena Gamin Instinct secara default sudah menampilkan informasi-informasi penting seperti detak jantung selama empat jam terakhir, statistik aktivitas baris teratas, notifikasi telepon, acara, cuaca, dan kompas di layar utama.

Kalau kamu merasa tidak suka dengan tampilan default-nya, kamu tidak perlu mengeluh dan marah-marah karena tampilannya bisa dikustomisasi sesuai selera. Di kondisi normal, kamu sudah mendapatkan 12 watch face. Kalau dari pilihan-pilihan tersebut belum ada yang menarik perhatianmu, kamu bisa membuat watch face sendiri dan menyesuaikan informasi yang tampil seperti data detak jantung, irama, suhu, ketinggian, target, interval, dan stres sehingga mudah diakses dari layar utama.

Sport and Activity Tracking

Seperti yang sedikit disinggung tadi, Garmin Instinct adalah jam tangan untuk kamu yang gemar melakukan aktivitas di luar ruangan. Kamu bisa melacak aktivitas seperti berlari, mendaki atau berenang. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Garmin Instinct bukanlah jam tangan multisport seperti Garmin Forerunner 945. Informasi yang ditampilkan tidak sedetail kalau kamu menggunakan seri Forerunner, tapi buat sebagian besar pengguna, informasi yang ditampilkan sudah cukup baik. Garmin Instinct juga dapat melacak aktivitas-aktivitas standar seperti menghitung langkah sampai memantau kualitas tidur.

Garmin Instinct juga dapat dihubungkan dengan Android dan iOS. Kamu bisa melihat notifikasi smartphone dan menjawab/menolak panggilan (jika dipasangkan ke smartphone berbasis Android) sampai mengontrol pemutar musik langsung dari layar jam tangan. Garmin Instinct juga bisa terhubung ke Garmin Connect IQ. Itu berarti kamu bisa dengan mudah menambahkan aplikasi, widget, dan bidang khusus ke jam tangan.

Garmin Instinct memiliki teknologi untuk melacak berbagai jenis olahraga. Berlari, bersepeda, berenang dan bahkan ski. Untuk navigasinya, Garmin Instinct cukup akurat berkat adanya sistem GPS+GLONASS. Kamu bisa melacak rute yang kamu lalui saat berlari atau bahkan mendaki. Sayangnya, tampilan rute yang ditampilkan cukup sederhana tidak seperti Garmin Fenix yang menampilkan gambar peta yang cukup detail.

Tapi bagusnya, Garmin Instinct memiliki sensor kompas magnetik. Ini menarik karena ini tidak selalu ada di jam tangan pintar. Artinya, jam tangan ini cocok untuk kegiatan yang lebih ekstrem seperti trekking dan hiking.

Varian Garmin Instinct

Seperti produk-produk Garmin yang lain, Garmin Instinct hadir dengan beberapa varian. Salah satu yang paling menarik disimak adalah Garmin Instinct Solar dan Garmin Instinct Solat Tactical. Lalu apa saja yang membedakan ketiganya?

Garmin Instinct Solar

Garmin Instinct Solar via gizmologi.com

Perbedaan Garmin Instinct Solar dengan Garmin Instinct standar adalah daya tahan baterainya. Garmin Instinct Solar memiliki semacam sel surya sehingga daya tahan baterainya bisa jauh lebih lama dari Garmin Instinct versi standar. Namun selain itu masih ada beberapa perbedaan lain seperti sebagai berikut:

  • Sensor Pulse Oximetry. Sensor ini berfungsi untuk mengukur seberapa baik tubuh Anda dalam menyerap oksigen.
  • Mode Daya, yaitu memungkinkan Anda untuk mengatur penggunaan baterai sesuai dengan aktivitas. Dengan begitu, konsumsi baterai bisa lebih hemat karena hanya untuk fitur yang Anda butuhkan saja.
  • Mode Surf, yakni mode untuk Anda yang menyukai olahraga air seperti selancar, mode surf akan memberikan informasi tentang air laut dan akan memberitahu bagaimana kondisi pantai. Dengan fitur ini Anda akan mengetahui kapan waktu terbaik berkunjung ke pantai.
  • Pemantau detak jantung, yakni kemampuan dalam memantau detak jantung meskipun sedang didalam air. Sensor detak jantungnya akan tetap bekerja.

Garmin Instinct Solar Tactical

Garmin Instinct Solar Tactical via gizmologi.com

Dari segi fisik, Garmin Instinct Solar Tactical dengan Garmin Instinct Solar sekilas memang tidak terlalu terlihat. Pasalnya, Garmin Instinct Solar Tactical secara sederhana adalah versi Tactical dari Garmin Instinct Solar. Maksudnya, seri membawa semua fitur dari Garmin Instinct Solar ditambah beberapa fitur tambahan untuk kebutuhan taktis. Beberapa perbedaan diantaranya seperti:

  • Live Track. Dengan fitur ini kamu Fitur bisa berbagi informasi lokasi aktivitas yang kamu lakukan secara real-time. Ini akan sangat berguna kalau misalnya kamu dalam masalah dalam perjalanan karena dengan Live Track, Garmin Instinct Solar Tactical akan mengirimkan pesan dan lokasi kepada kontak darurat yang sudah kamu pilih.
  • Mode Stealth. Sesuai namanya, ini adalah mode dimana kamu bisa menyembunyikan informasi soal keberadaanmu. Dalam mode ini, kamu tidak akan terdeteksi oleh siapapun karena GPS position sharing, koneksi wireless dan komunikasi akan dinonaktifkan.
  • Mode penglihatan malam. Fitur ini secara sederhana adalah fitur untuk meredupkan layar. Kalau fitur ini diaktifkan, layarnya baru akan terlihat kalau menggunakan kacamata night vision.
  • Jumpmaster. Dengan fitur ini, Garmin Instinct Tactical akan menhitung titik rilis ketinggian sesuai dengan pedoman militer. Ini sangat berguna karena bisa memandu navigasi saat kamu melompat dari ketinggian.

Kesimpulan

Itulah tadi review dari Garmin Instinct serta beberapa perbedaan pentingnya dengan Garmin Instinct Solar dan Garmin Instinct Solar Tactical. Ketiga varian Garmin ini dijual dengan harga yang berbeda. Garmin Instinct dijual dengan harga Rp 4 jutaan, Garmin Instinct Solar dijuala dengan harga Rp 6 jutaan dan Garmin Instinct Solar Tactical dijual dengan harga RP 6,5 jutaan.

Kalau kamu hanya ingin hidup sehat dan tetap bugar, maka Garmin Instinct sudah cukup untukmu. Namun jika kamu rutin berada di luar ruangan dan perlu jam tangan dengan daya tahan baterai yang prima, maka kamu bisa memilih Garmin Instinct Solar. Selain itu, kalau kebutuhanmu lebih ekstrem dan taktis, maka Garmin Instinct Solar Tactical bisa menjadi pilihan.