Perbedaan Smartwatch Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu, Si Penantang Apple Watch

Gilang Fajar Wijayanto
November 3, 2020

Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu selalu digadang-gadang menjadi penantang Apple Watch. Diantara keduanya, yang mana yang sebaiknya kamu pilih?

Selama ini, Seri Garmin Vivoactive selalu dianggap seri smart watch Garmin yang menjadi penantang Apple Watch. Di setiap varian barunya, Garmin Vivoactive datang dengan fitur yang lebih banyak dan menarik. Lalu datanglah seri Garmin Venu yang memiliki hampir semua keunggulan hardware Garmin Vivoactive plus dukungan untuk layar sentuh AMOLED berwarna. Ini membuat sebagian orang bingung untuk memilih diantara keduanya. Tapi tenang saja, artikel ini ada untuk membantumu menimbang-nimbang mana yang mana yang sebaiknya kamu beli.

Desain dan Layar

Kalau ada satu hal yang paling membedakan dari Garmin Venu dan Garmin Vivoactive 4 adalah tampilannya, terutama dari layar. Kalau kamu perhatikan, Garmin Vivoactive 4 memiliki tampilan layar transflektif khas Garmin. Keunggulan layar jenis ini adalah lebih mudah dilihat di bawah sinar matahari langsung dan hemat baterai. Layar inilah rahasia utama kenapa jam tangan Garmin memiliki masa pakai baterai yang relatif jauh lebih panjang dari smart watch pada umumnya.

Penampilan Garmin Vivoactive 4 via compsmag.com

Ini berbeda dengan Garmin Venu. Garmin Venu memiliki layar sentuh AMOLED. Teknologi layar ini banyak dipakai oleh pabrikan smart watch lain seperti Samsung dan Apple. Teknologi layar AMOLED menawarkan layar yang lebih cerah dan lebih tajam. Layar AMOLED juga menawarkan warna yang lebih beragam daripada layar layar transflektif di Garmin Vivoactive 4. Intinya, layar jenis ini sanggup membuat smart watch yang kamu pakai tampak mahal dan lebih mengesankan untuk dilihat.

Walaupun begitu, ini tidak berarti kalau kalau tampilan layar Garmin Vivoactive 4 itu buruk. Dengan kemajuan teknologi sekarang, tampilan layar transflektif ini terus mendekati layar AMOLED. Namun, kalau kamu malas untuk meng-charge smart watch terlalu sering, Garmin Vivoactive 4 adalah pilihan yang lebih baik dari Garmin Venu.

Penampilan Garmin Venu via pcmag.com

Fitur Sport dan Fitness Tracking

Pelacakan kesehatan dan kebugaran adalah kekuatan dari produk-produk Garmin. Oleh karena itu, di sektor ini, Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu tidak terlalu jauh berbeda.

Baik Garmin Venu dan Garmin Vivoactive menawarkan mode pelacakan olahraga yang sama, yakni meliputi lari, bersepeda, golf, dan berenang. Kedua jam tangan ini juga memiliki sensor yang mirip. GPS bawaannya juga cukup akurat dalam melacak lokasi. Namun, kelemahannya ada di sektor heart rate monitoring. Sensor detak jantung Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu cukup bagus untuk sebagian besar latihan, tetapi kamu akan merasakan sedikit delay kalau kamu berolahraga dengan intensitas tinggi. Solusinya, kamu bisa menghubungkan sensor detak jantung eksternal ke Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu untuk hasil yang lebih akurat.

Untuk activity monitoring, Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu sama-sama bisa melacak banyaknya langkah, dan kualitas tidur. Khusus untuk fitur sleep tracking, fitur ini terasa lebih baik berkat adanya sensor pulse oximeter yang mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu juga bisa dipakai sebagai stress monitoring dengan mendeteksi variabilitas detak jantungmu. Ada juga fitur untuk melacak periode menstruasi yang sudah cukup umum di jam tangan Garmin terbaru.

Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu juga memiliki fitur training seperti yoga, Pilates, latihan kekuatan dan latihan kardio. Dengan fitur ini, kamu akan mendapat panduan langsung dari pergelangan tanganmu. Disini, Garmin Venu terlihat lebih baik dari Garmin Vivoactive 4 berkat layar AMOLED yang dimilikinya.

Fitur Smart Smart Watch

Bagaimanapun juga, Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu adalah sebuah jam tangan pintar. Dan sebagai sebuah jam tangan pintar, tidak ada yang terlalu membedakan kedua jam tangan ini.

Baik Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu kompatibel dengan Android dan iPhone. Kamu bisa menghubungkan Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu dengan smartpohone supaya bisa mendapatkan notifikasi pesan, telepon atau kalender langsung dari layar smart watch-nya. Namun, kalau dihubungkan dengan perangkat iOS, kamu bisa merespon panggilan masuk langsung dari smart watch.

Garmin Vivoactive 4 via zdnet.com

Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu juga memiliki Garmin Pay untuk melakukan pembayaran secara contactless walaupun mungkin tidak terlalu berguna kalau digunakan di Indonesia. Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu juga memiliki pemutar musik internal yang mampu menyimpan sampai 500 lagu. Kamu juga bisa menyimpan playlist dari layanan streaming musik yang kompatibel, seperti Spotify dan Deezer.

Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu juga mendukung Garmin Connect IQ, sebuah toko online khusus perangkat Garmin. Lewat toko online ini, kamu bisa men-download aplikasi, widget dan watch face tambahan untuk kebutuhan kustomisasi. Untuk urusan kustomisasi ini, Garmin Venu terlihat lebih baik dari Garmin Vivoactive 4 lagi-lagi berkat layar AMOLED yang lebih cerah dan lebih kaya warna.

Battery life

Perbedaan layar AMOLED dan translektif di Garmin Venu dan Garmin Vivoactive 4 membuat kedua smart watch memiliki masa pakai baterai yang berbeda. Dengan layar transflektif Garmin Vivoactive 4 bisa dipakai sampai delapan hari dalam mode smartwatch, tanpa penggunaan GPS yang aktif. Masa pakai ini menjadi 5 jam saja saat kamu menggunakan Garmin Vivoactive 4 dengan GPS dan mendengarkan musik secara intense. Kalau kamu hanya sering menggunakan GPS tanpa musik, maka Garmin Vivoactive 4 akan mampu bertahan sekitar 10 jam.

Sebagai perbandingan, Garmin Venu memiliki daya tahan baterai sekitar lima hari dalam mode smart watch dan enam jam kalau aktif menggunakan GPS dan fitur musik. Garmin Venu memang memiliki daya tahan baterai yang lebih boros karena bisa terus menyala seperti Apple Watch, Galaxy Watch Active 2, dan jam tangan pintar lainnya. Namun, ini berarti kalau Garmin Venu akan lebih comfortable untuk dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Garmin Venu via dcrainmaker.com

Kesimpulan

Dengan fitur dan spesifikasi yang hampir mirip, agak sulit sebenarnya menentukan pilihan antara Garmin Vivoactive 4 dan Garmin Venu. Garmin Venu dijual mulai dari harga Rp 5,9 juta sedangkan Garmin Vivoactive 4 hadir dengan harga Rp 5,5 juta. Dari sini, Garmin Vivoactive 4 adalah pilihan yang lebih terjangkau dengan daya tahan baterai yang lebih lama. Namun, kalau kamu ingin smart watch yang lebih modern dan lebih colorful, Garmin Venu adalah pilihan yang bagus. Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih. Mulai dari Garmin Venu rose gold, Garmin Venu black slate, Garmin Venu black gold dan Garmin Venu blue granite, semuanya stylish. Tinggal sesuaikan saja dengan seleramu, ya.