Pergi Keluar Negeri Lebih Murah Dibanding Ke Negeri Sendiri? Pikir Lagi!


February 19, 2020

Hi Travellers, apakah kalian yakin liburan ke luar negeri lebih murah dan menarik dibandingkan dengan Indonesia? Jangan salah, justru liburn di Indonesia membuat kalian irit. Ketahuilah destinasi-destinasi di Indonesia yang hemat budget.

“Mending ke Singapur, lebih murah daripada liburan di Indo!”  Boleh jadi anggapan ini sering berseliweran di tengah obrolan kita sehari-hari, tapi apa iya? Liburan ke luar negeri lebih irit daripada di negeri sendiri? Boleh jadi benar, tapi boleh jadi tidak demikian, oleh karena itu untuk membuktikannya, berikut adalah rekomendasi jelajah negeri yang tidak akan buat kantong kamu bolong:

1. Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah

Berlokasi di Jepara, Jawa Tengah, destinasi Karimun Jawa ini menjadi destinasi favorit bagi para backpacker. Saking jernih dan beningnya, di pantai ini kalian bisa melihat biota laut dari permukaan saking transparannya. Untuk urusan akomodasi, kalian cukup menggelontorkan Rp. 323 ribu saja dan akan langsung diantarkan dari Semarang ke Jepara. Kemudian dari Jepara kalian bisa naik kapal sampai ke pulau Karimun Jawa, yang ongkosnya sudah termasuk dalam paket penginapan, snorkling, diving, dan konsumsi. 

Pantai Karimun Jawa yang Masih Asri

Bersantai di atas Speadboat sembari menikmati last dengan Snorkeling

Snorkeling di tepi Laut Karimun Jawa

2. Air Terjun Kerta Gangga, Lombok

Bermodal Rp. 60ribu dari Kota Mataram, kalian para backpacker sudah bisa sampai di Air Terjun Kerta Gangga, di Pulau Lombok, selama 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor sewaan. 

Kesejukkan Air Terjun Kerta Gangga di Lombok

Sesampainya di tempat tujuan, kalian juga akan mendapat suguhan pemandangan sawah di sebelah Timur. Uniknya, disini kalian tak hanya menemukan satu air terjun, melainkan tiga air terjun. Air terjun pertama terdapat kolam yang sangat dangkal, air terjun kedua berada dalam gua dan dikelilingi oleh bebatuan curam, air terjun ketiga merupakan turunan dari air terjun kedua dan ketiga. 

Ketenaran Air Terjun di Lombok ini ternyata sampai ke telinga aktor Hollywood Brad Pit, sehingga untuk urusan “Seberapa keren” tempat ini, sudah tidak perlu diragukan lagi.

3. Pulau Alor, Kepulauan Nusa Tenggara Timur

Di Pulau ini, kalian bisa melakukan snorkling dan diving sembari menikmati keasrian terumbu karang yang terawat dari bawah laut. Pulau yang terkenal dengan julukan Surga Tersembunyi ini, berada di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Laut Flores.

Penampakan Luas Pulau Alor dilihat dari Drone

Menurut Kompas.com terdapat 42 situs selam yang mengelilingi pulai berair jernih ini. Buat kalian para backpacker bisa berkunjung ke pulau ini pada Mei dan September karena pada bulan tersebut ada fenomena alam dimana air menjadi sangat dingin selama dua sampai tiga hari. 

Untuk kalian yang mau menginap selama tiga hari dua malam, kalian bisa siapkan budget sekitar Rp. 3juta, dimana harga tersebut sudah termasuk penginapan, diving, snorkling, dan transportasi. 

Diving di Pulau Alor dengan Mengitari Biota Laut