Perlengkapan Lari Mau Stylist? Ini 6 Perlengkapan Larinya!

Adrianus Dwi Octaviano
November 23, 2020

Apakah kamu seorang pelari pemula? Jika iya, kamu perlu memperhatikan segala perlengkapan lari yang bisa menunjang keamanan dan kenyamananmu dalam berlari. Tak hanya itu, kmu juga bisa semakin tampil stylish jika menggunakan perlengkapan lari yang tepat. Cek artikel di bawah ini untuk mengetahui perlengkapan-perlengkapan lari tersebut.

Perlengkapan lari yang diperlukan oleh para pelari terkadang tidak begitu dipahami. Para pelari terutama yang pemula biasanya tidak terlalu memikirkan perlengkapan yang semestinya dibutuhkan. Hanya pelari-pelari profesional yang memikirkan perlengkapan larinya demi kenyamanan dan keselamatan.

Sejatinya, perlengkapan lari memiliki beberapa manfaat. Dikutip dari Detik, seseorang perlu memperhatikan segala sesuatu dari ujung kepala hingga kaki agar mencegah adanya cedera saat melakukan aktivitas berlari.

Tak hanya bermanfaat demi keselamatan, perlengkapan lari juga bisa menjadi media untuk aktualisasi diri dalam aktivitas larinya. Saat ini, beberapa orang berlomba-lomba untuk memiliki style terbaik ketika harus berlari. Tak jarang, kebutuhan style tersebut membuat lari bukan menjadi olahraga yang murah lagi.

BACA JUGA: 10 Cara Meningkatkan Stamina Lari Agar Tidak Mudah Capek

Nah, bagi kamu yang ingin nyaman dalam berlari sekaligus tetap bergaya tidak perlu khawatir. Kami telah merangkum beberapa perlengkapan yang perlu digunakan sebelum melakukan aktivitas berlari.

Berikut 6 perlengkapan yang wajib kamu miliki untuk menambah gaya dan keamanan saat berlari.

1. Baju lari

Pakaian lari tidak sama dengan pakaian pada umumnya. Untuk berlari, kamu perlu menggunakan pakaian yang bisa membuat kulit 'bernafas'. Oleh karena itu, pakaian berbahan katun meskipun nyaman namun tidak disarankan karena keringat susah kering.

Bagi pelari, pakaian yang pantas digunakan ialah pakaian berbahan nylon atau polyster. Untuk mudahnya, kamu bisa mencari pakaian yang berlabel sports dry atau dry fit.

Terkini, ada koleksi Gyakusou menhadirkan kain inovatif, ringan, tahan air, dan mampu memanajemen kelembapan. Salah satu brand olahraga yang memiliki koleksi tersebut ialah Nike yang berkolaborasi dengan Jun Takahashi. Koleksi-koleksi dari kolaborasi tersebut tidak hanya menjanjikan bahan yang nyaman namun model yang membuatmu semakin stylist.

2. Sepatu lari

Perlengkapan lari selanjutnya yang cukup penting ialah sepatu. Dalam hal ini, sepatu yang dibutuhkan bukan asal sepatu olahraga. Kamu perlu mempersiapkan sepatu yang dibuat khusus untuk aktivitas lari.

Sepatu lari yang bagus ialah sepatu yang memiliki insole selaras dengan telapak kaki. Hal ini sangat penting untuk menambah keseimbangan saat berlari.

Untuk sepatu, sejatinya kamu juga tidak mengharuskan sepatu yang berharga mahal. Setidaknya, sepatu lari yang digunakan sesuai dengan ukuran dan struktur kaki. Jika kamu membeli sepatu dengan fasilitas mewah namun tidak sesuai dengan ukuran kaki, hal tersebut bisa disebut sebagai omong kosong karena aktivitas larimu tak akan nyaman.

3. Running Cap

Dalam hal ini, pelindung kepala yang dimaksud ialah yang bisa melindungi kepala dari teriknya matahari. Pelindung kepala yang paling sering digunakan ialah topi. Hanya saja, topi yang digunakan harus yang khusus lari dengan spesifikasi ringan dan memiliki sirkulasi udara.

Manfaat topi sebenarnya tidak hanya menghindarkan kamu dari teriknya matahari, lho. Pelindung kepala seperti topi wajib dimasukkan sebagai list perlengkapan lari karena bisa memperlambat proses dehidrasi pada tubuh.

4. Waist pouch atau armband

Perlengkapan lari yang satu ini sebenarnya tidak terlalu wajib digunakan saat melakukan aktivitas lari. Namun percaya atau tidak, kamu pasti membutuhkan benda satu ini, yaitu waist pouch atau armband.

Biasanya, ada saja barang yang dibawa saat melakukan aktivitas berlari. Barang yang paling sering terbawa ialah handphone dan botol minum. Hanya saja, kamu akan kesulitan membawa barang-barang tersebut ketika berlari. Oleh karena itu, kamu membutuhkan waist pouch atau armband

Waist pouch merupakan tas kecil yang bisa dipasang di pinggang. Tas ini didesain dengan tidak akan menganggu aktivitas larimu namun tetap bisa menyimpan botol minum. Berbeda dengan waist pouch, armband terlihat lebih ringkas namun hanya bisa menyimpan handphone dan dikenakan di lengan.

5. Smartwatch

Suunto original

Tampilan salah satu produk Suunto yaitu Suunto 7

Benda yang satu ini layak untuk dimasukkan sebagai perlengkapan lari yang wajib dimiliki. Teknologi yang semakin mumpuni membuat smartwatch sangat bermanfaat bagi aktivitas lari.

Beberapa brand smartwatch telah dilengkapi oleh fitur-fitur yang membantu aktivitas lari. Fitur tersebut seperti menghitung kecepatan, jarak, hingga kecepatan detak jantung. Bagi pelari, smartwatch ini dibutuhkan untuk latihan larinya dengan catatan-catatan yang dibutuhkan.

6. Earphone wireless

Rasanya ada yang kurang jika membawa handphone tapi tak digunakan saat berlari. Alangkah baiknya jika berlari sambil mendengarkan lagu. Hal ini bisa mengurangi rasa lelahmu saat berlari.

Perlengkapan lari yang bisa digunakan untuk mendengarkan lagu ialah earphone wireless. Tak hanya menghibur saat berlari. mendengarkan lagu menggunakan earphone jenis ini juga menambah gayamu semakin keren dalam berlari.

Nah, bagi kamu yang mau melengkapi perlengkapan lari di atas, tak perlu khawatir. Ada salah satu brand yang menyediakan beberapa perlengkapan lari, yaitu Volt and Fast. Brand tersebut menjawab segala kebutuhan aktivitas larimu.

Untuk mendapatkan barang-barang Volt and Fast, kamu bisa langsung mengunjungi Wearinasia. Kamu juga bisa melihat beberapa produk olahraga laiinya di Wearinasia.

Leave a Reply