Permafrost Express Railway: Cara Kelana Baru di Tengah Siberia Menuju Kota Terdingin Di Muka Bumi


February 24, 2020

Kenali Permafrost Express, sebuah jalur kereta menuju kota terdingin di muka bumi ini degan suhu -10,4°C. Penasaran ingin mencoba? Yuk simak artikel Permafrost Express dibawah.

Pada 27 Juli 2019, jalur kereta sejauh 900 kilometer menuju kota terdingin di dunia telah dibuka di Permafrost, Rusia Utara. Kereta melewati jalur tersohor di Russia (bahkan dunia), yakni Jalur Trans Siberia yang menyambungkan kota Moskow dan Vladivostol melewati Golden Horn Bay dan jalur Baikal Amur Mainline (BAM) yang berute pararel dengan Trans Siberia, namun melewati bagian Rusia paling timur.

Jalur Permafrost Express dari Siberia

BAM bercabang dari jalur Trans Siberian di Tayshet, sementara jalur haluan Permafrost Express memisahkan diri dari jalur BAM di Tinda, kemudian berjalan ke arah utara menuju kota terdingin di dunia, Yakutsk di Sungai Lena. Yakutsk merupakan Ibukota Russia yang berdiri di atas Permafrost dengan suhu rata-rata -10,4 derajat Celcius, sementara pada tahun 1860, suhu kota ini pernah mencapai titik terparahnya, -64,4 derajat celcius.

Stasiun pemberhentian kereta Permafrost Express di Siberia

Kereta yang tiba di stasiun Nizhny Betstyakh

Sebelum ada Permafrost Express, akses menuju Ykutsk hanya dapat diakses via bandara kecil dan tidak dapat ditempuh via darat. Jalur kereta baru ini berhenti di stasiun Nizhny Bestyakh, tepatnya di seberang sungai Yakutsk, sehingga membuka akses ke area yang tadinya hanya bisa dilewati oleh mobil kargo.

Permafrost Express menambah jalur sepanjang 1200km  (900km diantaranya dibangun diatas permafrost) ke dalam jalur 9280 trans-siberia yang sudah ada sebelumnya. Suatu pencapaian teknis yang telah diraih pada era kedua menuju akhir dari Monarki Tsar di Rusia, pada tahun 1890an. Projek ini masih terus diperluas hingga saat ini, dengan karya-karya seperti BAM dan Pemafrost baru (dikenal juga "Little BAM") karena keserupaan tantangan pada konstruksi yang disebabkan oleh iklim yang dingin.

Jalur kereta Permafrost Express sampai di kota terdingin di dunia

Aktifnya Permafrost Express memberikan sensasi petualangan baru melalui jantung Siberia, bahkan telah ada pembicaraan tentang kemungkinan untuk memperluas jalur ke utara dan Alaska, setelah persimpangan di Selat Bering telah mulai beroperasi. Efek pengembangannya akan memungkinkan para travellers berpergian dari London menuju kota New York menggunakan kereta, alih-alih menggunakan pesawat