Review Fitbit Charge 4, Model Terbaru Fitbit Setelah Diakuisisi Google

Gilang Fajar Wijayanto
September 20, 2020

Setelah diakusisi Google, Fitbit kembali hadir dengan seri terbaru yang diberi nama Fitbit Charge 4. Selain memiliki sensor GPS, apalagi keunggulannya?

Kabar mengejutkan datang dari kuartal akhir 2019 lalu. Fitbit, salah satu pioner di sektor fitness tracker dan smartwatch diakuisi Google sebesar 29 Trilliun Rupiah atau setara dengan 2,1 miliar dollar AS. Menurut beberapa analis, nilai akuisi ini menjadi salah satu akuisisi terbesar Google sejak mengakuisi Motorola pada tahun 2011 lalu.

Di tahun 2020 ini, Google dan Fitbit mencoba peruntungannya dengan merilis Fitbit Charge 4. Fitbit Charge 4 adalah produk pertama Fitbit dan Google pasca akuisisi. Dirilis pada 15 April 2020, Fitbit Charge 4 diharapkan mampu menjadi titik balik.

Pertanyaannya, mampukah Fitbit Charge 4 tampil sesuai ekspektasi? Mari kita bahas dibawah.

Design

Fitbit Charge 4 memiliki desain yang sangat mirip dengan pendahulunya dalam hal bentuk dan ukuran. Bentuknya persegi panjang dan tetap ramping, tidak terlalu mencolok kalau dipakai. Ada dua versi untuk dipilih, yaiut Fitbit Charge 4 Standard Edition dan Fitbit Chrage 4 Special Edition.

Fitbit Charget 4 Standard Edition dilengkapi dengan tali silikon yang kuat dalam warna hitam, rosewood (warna ungu) atau biru badai / hitam. Sedangkan Fitbit Charge 4 Special Edition yang dilengkapi dengan dua strap: satu silikon hitam, dan satu nilon tenunan reflektif. Sepertinya, edisi spesial ini memang ditujukan untuk dipakai untuk acara-acara yang lebih formal.

Untuk layarnya, Fitbit tetap untuk menggunakan layar grayscale walaupun sebenarnya banyak pengguna yang menginginkan layar yang berwarna. Namun ternyata layar hitam putih ini sama sekali tidak menjadi masalah besar. Dengan Layar OLED, informasi yang ditampilkan bisa terbaca dengan jelas, bahkan ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung. Dan lagi, dengan layar seperti ini, Fitbit Charge 4 tetap hemat daya sehingga masa pakainya bisa lebih lama dengan satu kali charging. Bagusnya, watch face Fitbit Charge 4 bisa digonta-ganti sesuai selera.

Interface

Fitbit Charge 4 dengan GPS built-in dan dukungan Spotify via techradar.com

Interface Fitbit Charge 4 cukup intuitif. Layarnya digerakkan dengan mekanisme layar sentuh dan tombol terpisah di tepi kiri sebagai kontrol.

Untuk menyalakan layar, cukup tekan tombol atau angkat pergelangan tanganmu. Untuk mulai mengakses menu, kamu cukup melakukan swipe right pada layar.

Layar Fitbit Charge 4 juga responsif dan cerah. Transisi antar menu juga mulus dan minim delay. Untuk melihat statistik harian, kamu cukup swipe up, dan Fitbit Charge 4 akan menampilkan statistik harian seperti jumlah langkah, jarak tempuh, dan kalori yang terbakar. Swipe down maka Fitbit Charge 4 akan menampilkan Notifikasi teks dan panggilan yang baru masuk. Fyi, akan hanya ada dua pilihan menu di layar pada satu waktu. Gunanya adalah untuk menghindari risiko memilih menu yang salah secara tidak sengaja (ini bisa saja terjadi karena jarimu cukup besar sementara layarnya kecil).

Fitur dan Companion App

Fitbit Charge 4 bisa di-charge melalui kabel USB yang terhubung ke jam tangan. Untuk sekali pengisian penuh, Fitbit Charge 4 kira-kira membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Fitbit mengklaim kalau Fitbit Charge 4 bisa bertahan hingga seminggu dengan sekali pengisian daya, namun tentu masa pakai ini akan turun drastis kalau kamu rutin menggunakan GPS.

Built-in GPS

Fitbit Charge pertama dengan built-in GPS via techradar.com

Yup, perubahan yang paling ditunggu-tunggu tentu adalah penambahan sensor GPS yang terpasang secara built-in. Di model-model terdahulu seperti Fitbit Charge 3 dan Fitbit Charge 2, kamu masih harus menghubungkan perangkat ini dengan smartphone supaya dapat menggunakan GPS. penambahan ini memang tergolong terlambat jika dibandingkan kompetitor seperti Garmin dll, tapi tetap saja penambahan ini adalah perubahan besar karena kamu sebagai pengguna Fitbit tidak perlu repot-repot membawa smartphone saat sedang jogging.

Fitbit menyertakan total tujuh aktivitas GPS pada Charge 4 seperti berlari, berjalan, bersepeda, hiking, dan mode latihan luar ruangan. Namun, Fitbit Charge 4 cuma bisa cuma bisa menampung 6 shortcut dalam satu layar. Artinya, jika Anda ingin melacak aktivitas berenang, Kamu perlu menghapus shortcut kegiatan lain.

Walaupun memiliki GPS secara built-in, Fitbit Charge 4 dapat dengan mudah beralih antara GPS di jam tangan dan GPS di smartphone untuk mengoptimalkan masa pakai baterai. Fitur ini disebut sebagai "Dynamic GPS".

Companion App

Fitbit telah memperbarui beberapa hal di aplikasi Fitbit App yang disematkan di Fitbit Charge 4. Kamu hanya perlu login ke akun Fitbit di smartphone, lalu pilih Charge 4 dari daftar opsi yang tersedia. Aplikasi ini lalu akan mencari perangkat Fitbit yang terkoneksi dengan Bluetooth, lalu meminta PIN empat digit yang ditampilkan di layar perangkat. Setelah Anda masuk, kamu bisa mendapatkan detail analisis terkait dengan aktivitas fisik yang kamu lakukan.

Lewat aplikasi Fitbit App, kamu bisa melihat fitur heatmap baru untuk deteksi detak jantungmu. Contohnya begini, setelah kamu menyelesaikan exercise di luar ruangan, buka aplikasi Fitbit dan kamu bisa melihat heatmap aktivitas yang disorot dengan warna berbeda.

Warna biru berarti "below zone", warna kuning untuk fat-burn zone, warna oranye untuk kardio, dan merah untuk peak zone. Ini disebut dengan Active Zone, dan jika angka Active Zone ini sudah mencapai 150 setiap minggunya, Fitbit mengklaim kalau aktivitas yang kamu lakukan bisa mencegah penyakit, mengurangi kecemasan dan memperbaikin kualitas tidur.

Kesimpulan

Berolahraga sambil mendengarkan musik dengan Fitbit Charge 4 via macworld.com

Sebagai seri terbaru dari varian Fitbit Charge, tentu bukan cuma GPS saja yang menjadi pembeda Fitbit Charge 4 dibanding pendahulunya. Daya tahan baterai yang lebih lama dukungan untuk Spotify dan aplikasi excersise yang lebih kaya ftur tentu juga menarik untuk disimak.

Dengan keunggulan dan fitur diatas, Fitbit Charge 4 dihargai seharga 3 jutaan saja. So, apakah kamu sudah terpikir untuk melakukan upgrade ke Fitbit Charge 4?

Leave a Reply