Review Garmin Forerunner 945 Multisport Watch, Spesifikasi, Harga dan Keunggulan [Bahasa Indonesia]

Gilang Fajar Wijayanto
September 15, 2020

Dengan fitur GPS built-in dan dukungan untuk streaming musik Spotify, Garmin Forerunner 945 adalah teman setia yang akan aktivitas olahragamu. Tapi apakah cuma itu saja kelebihannya?

Memiliki sebuah jam tangan pintar yang dapat memantau setiap aktivitas olahraga kita memang menyenangkan. Kamu bisa dengan mudah melihat progress dari setiap latihan dengan lebih mudah detail. Namun, seringkali kamu merasa kerepotan saat berolahraga hanya karena masih harus membawa smartphone? Notifikasi dari smartphone seringkali membuatmu kehilangan fokus dan konsentrasi. Tapi, kamu juga butuh smartphone untuk melacak rute dan lokasi jogging dan mendengarkan musik. Apakah tidak ada jam tangan pintar yang memiliki kedua fungsi diatas?

Tentu saja ada. Jam tangan pintar itu adalah Garmin Forerunner 945 Multisport Watch.

Untuk membuatmu yakin kalau jam tangan ini adalah jam tangan yang cocok buatmu, silahkan baca terlebih dahulu ulasan dibawah.

Design dan Spesifikasi

Seperti kebanyakan jam tangan Garmin sebelumnya, dari segi design dan tidak banyak perbedaan yang ditemuai dari Garmin Forerunner 945 Multisport Watch ini.

Garmin Forerunner 945 tampil modis, namun tetap berpegang pada desain tradisional khas Garmin sehingga tetap terlihat kokoh. Untuk ukuran warna, saat ini hanya ada satu ukuran casing saja, yaitu 47 x 47 x 13.7mm dan dua warna, hitam dengan strap hitam atau hitam dengan strap biru.

Untuk kontrolnya, Garmin Forerunner 945 memiliki lima button di sekitar layar, tiga di kiri dan dua di kanan. Semua button ini diperlukan untuk menavigasi menu. Garmin Forerunner 945 tidak memiliki layar sentuh. Ini cukup beralasan karena tidak enak juga untuk men-swipe layar dengan jari yang basah karena keringat.

Untuk layar, Garmin Forerunner 945 menggunakan teknologi layar transflective dengan ukuran 1,2 inci. Hasilnya cukup memuaskan. Layar Garmin Forerunner 945 tetap terlihat jelas di bawah sinar matahari. Garmin Forerunner 945 ini juga dilengkapi monitor detak jantung di bagian bawah jam tangan, namun sama sekali tidak terasa mengganggu saat bersentuhan dengan kulit.

Saat layar Garmin Forerunner 945 ini menyala, kamu akan melihat tampilan jam default yang sedikit diubah yang menunjukkan beberapa statistik utama. Bagusnya, apa yang ditampilkan bisa dikostumisasi sesuai selera. Kamu bisa juga menyesuaikan tampilan watch face dengan men-download dari pihak ketiga menggunakan aplikasi Connect IQ App Store. Kalau kamu mau, kamu bahkan juga bisa menjadikan fotomu atau foto apapun sebagai watch face.

Dengan bobot hanya 50g saja, Garmin Forerunner 945 terbilang cukup ringan, dan secara keseluruhan nyaman untuk dipakai. Ada fungsi sleep tracking yang bisa kamu pakai walaupun agak kurang nyaman dipakai saat tidur karena dimensinya cukup besar. Selain itu, Garmin Forerunner 945 ini juga sudah water resistance. Kamu bisa membawa jam tangan ini berenang sampai kedalaman 50 meter.

Untuk lebih jelas soal spesifikasi, kamu bisa lihat table dibawah.

[ INSERT TABLE ]

Activity Tracking dan Hiburan

Dari segi design, Garmin Forerunner 945 memang tampak biasa saja. Namun, begitu kamu menaruh perhatian lebih ke fitur-fitur yang ditawarkan, disitulah kamu akan mulai mengagumi jam tangan pintar ini.

Activity Tracking Untuk Semua Aktivitas Olahraga

Garmin telah memasukkan semua fitur pelacakan aktivitas sehari-harinya ke Garmin Forerunner 945. Jam tangan ini bisa menampilkan statistik standar seperti jumlah langkah, jumlah anak tangga yang dilalui, heart rate monitoring, kalori yang terbakar dan bahkan stress level berdasarkan variabilitas detak jantung.

Garmin Forerunner 945 bisa melacak hampir semua aktivitas olahraga yang kamu lakukan. Jam tangan ini bisa memberikan data informasi yang detail saat kamu lari, bersepeda, dan berenang. Tapi bukan cuma itu saja, ada juga mode untuk kayak, ski, yoga, dan banyak lainnya, termasuk mode gym. Untuk mode gym ini unik, Garmin Forerunner 945 akan secara otomatis mengidentifikasi latihan yang kamu lakukan dan menghitung repetisi Anda.

Untuk sistem navigasinya sendiri Garmin Forerunner 945 menggunakan kombinasi satelit GPS, GLONASS, dan Galilieo untuk melacak rute jogging secara akurat. Sensor-sensor lain juga berfungsi dengan baik, seperti misalnya sensor altimeter barometrik untuk akurasi ekstra dalam melacak aktivitas di pegunungan, dan sensor Pulse Ox untuk mengukur tingkat saturasi oksigen darah. Jika masih belum cukup, kamu dapat menghubungkan Garmin Forerunner 945 ke ANT + dan perangkat Bluetooth, termasuk sensor cadence kalau kamu termasuk orang yang rutin bersepeda.

Garmin Forerunner 945 juga bisa melakukan fungsi sleep tracking. Dengan memanfaatkan sensor PulseOx, kamu bisa mendapatkan analisis untuk pelacakan tidur yang lebih detail. Fitur sleep tracking ini berjalan otomatis dan dapat mengidentifikasi apakah kamu dalam kondisi tidur ringan, nyenyak, atau REM. Sayangnya, beberapa data sleep tracking yang ditampilkan tidak akurat karena Garmin Forerunner 945 bisa mendeteksi kamu sedang tidur ringan padahal sebenarnya kamu sendang terjaga.

Fitur Musik yang Lebih Baik

Seperti yang sudah sempat disebutkan diatas, watch face yang bisa digonta-ganti adalah salah satu fitur baru yang disematkan Garmin di Garmin Forerunner 945. Peningkatan lainnya adalah dukungan untuk platfrom music streaming seperti Spotify.

Namun, harus diakui kalau penambahan fitur musik ini terkesan biasa saja. Garmin sekarang memang sudah menyematkan fitur serupa di hampir seluruh varian smart watch-nya. Tapi, Garmin Forerunner 945 ini sedikit lebih cerdas, terutama kalau kamu memiliki account premium di layanan music streaming yang didukung seperti Spotify.

Kalau kamu sudah memiliki account premium di Spotify, kamu bisa memperbarui musik secara wireless. Setelah semua musik sudah dipindahkan ke dalam Garmin Forerunner 945, kamu bisa mengaksesnya kapan saja dengan menahan tombol kiri bawah. Ini jelas lebih mudah dan sederhana dibandingkan Garmin Forerunner 645 Music.

Kesimpulan

Dengan semua yang ditawarkan, Garmin Forerunner 945 ditawarkan dengan harga 9 jutaan. Harga ini cukup masuk akal mengingat jam tangan ini sudah memiliki sistem navigasi onboard dan music streaming. Artinya, kamu mungkin tidak perlu membawa smartphone sama sekali saat sedang jogging atau nge-gym. Kamu cukup pakai Garmin Forerunner 945 di pergelangan tangan, pakai headphone favoritmu dan mainkan musik langsung dari jam tangan pintar ini. Benar-benar sesimple itu.

Apalagi dengan mode olahraga yang lengkap. Mulai dari lari, berenang, ski dll, kamu hampir bisa menggunakan mode yang spesifik untuk setiap jenis olahraga yang kamu lakukan. Dengan begitu, informasi yang akan di-track pun akan semakin lengkap dan detail. Garmin Forerunner 945 ini memang benar-benar buat kamu yang gemar beraktivitas!

Leave a Reply