Ulasan Harga & Spesifikasi, Garmin Edge 830, Sebuah GPS Sepeda Touch Screen Canggih

Gilang Fajar Wijayanto
September 5, 2020

Mematuhi protokol kesehatan saat bersepeda dengan bantuan GPS Sepeda Garmin Edge 830

Disadari atau tidak, pandemi Covid-19 mengubah cara pandang kita akan berolahraga. Kita sekarang menjadi lebih paham pentingnya menjaga kebugaran tubuh agar imunitas tetap kuat. Saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan, kita sangat disarankan untuk berolahraga di rumah saja. Namun, setelah kebijakan PSBB direlaksasi, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang populer.

Banyak orang berlomba-lomba untuk bersepeda sejauh berkilo-kilo meter jauhnya. Ini wajar mengingat, menurut para pakar, bersepeda adalah adalah jenis olahraga luar ruangan dengan tingkat resiko infeksi Covid-19 terendah. Walaupun begitu, tetap saja kita tidak boleh lalai dan mengabaikan protokol kesehatan.

Jika bersepeda dalam kelompok, usahakan memberi jarak kira-kira 1,5 meter dari orang lain. Ini akan membantu mengurangi resiko penyebaran virus. Selain itu, pilihlah rute yang jarang dialalui dan jauh dari kerumunan orang. Makanya, Beberapa orang bahkan berani untuk bersepeda menelusuri lokasi-lokasi yang tidak pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Bersepeda untuk menjaga kebugaran

Poin terakhir tadi sebenarnya susah-susah gampang. Gampang karena jaman sekarang sudah ada GPS dalam setiap smartphone sehingga masalah rute hanya semudah menginstall aplikasi. Namun, kalau menggunakan smartphone, kamu bisa saja terdistraksi karena banyaknya notifikasi yang masuk. Ini jelas berbahaya karena resiko accident menjadi lebih tinggi karena konsentrasi terpecah.

Namun, tahukah kamu kalau ada solusi yang lebih baik daripada menggunakan smartphone saat sedang bersepeda?

Yup, tentu saja ada, yaitu dengan menggunakan Garmin Edge 830. Pertanyaannya sekarang, apakah kegiatan bersepeda kita dapat lebih nyaman saat menggunakan Garmin Edge 830? Ini yang akan kita bahas lebih lanjut dibawah.

Desain

Garmin Edge 830 dengan layar touch screen yang lebih nyaman digunakan

Garmin Edge 830 adalah seri terbaru dari Garmin untuk melanjutkan seri Edge 820 dan seri Edge 800. Hadir dengan dua versi, kamu bisa memilih antara Garmin Edge 830 dengan paket GPS bundle atau device only. Keduanya sama, hanya berbeda di kelengkapannya saja.

Garmin Edge 830 ini membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulu-pendahulunya terutama dari segi screen yang digunakan. Dengan ukuran layar full touch screen berdimensi 82 mm x 50 mm x 20 mm, layar Garmin Edge 830 ini memiliki visibilitas layar yang lebih baik. Selain itu, touchscreen-nya juga lebih responsif dan tidak silau saat digunakan di bawah matahari yang bersinar terik. Kamu jadi tidak akan kesulitan melihat informasi-informasi penting seperti speed, distance, calories, elevation dll. Untuk informasi-informasi ini, kamu bisa melakukan kostumisasi supaya hanya informasi tertentu saja yang tampil di layar utama.

Edge 830 juga mengantongi rating IPX 7, which is artinya perangkat ini mampu bertahan di dalam air selama 30 menit di kedalaman maksimal 1 meter.

Fitur-Fitur Penting

Mendaki tanjakan lebih mudah dengan ClimbPro di Garmin Edge 830

Bukan cuma peningkatan dari sisi layar saja, Garmin Edge 830 juga mendapat sejumlah fitur-fitur penting yang bisa membantumu bersepeda dengan nyaman dan aman. Berikut adalah beberapa diantaranya.

LiveTrack dan Group Tracking

Dengan fitur ini kamu, Garmin Edge 830 bisa membagikan lokasimu kemana keluarga atau kerabat secara real-time. Bagusnya lagi, Garmin Edge 830 juga dilengkapi semacam "incident detection" sehingga bisa secara otomotis menghubungi kontak darurat saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat kamu bersepeda.

Bentuk lain dari Live Tracking ini adalah Group Tracking. Fitur ini memungkinkan kamu untuk saling mengetahui lokasi teman saat bersepeda dalam sebuah grup. Fitur ini berguna untuk memantau apakah tidak ada anggota grup yang tertinggal atau mengalami masalah sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan bersama.

ClimbPro

ClimbPro adalah fitur khusus yang akan memberi informasi terkait dengan tanjakan seperti apa yang akan kamu hadapi di depan.

Informasi yang akan ditampilkan juga tergolong cukup detail. Dengan ClimbPro, kamu bisa mengetahui banyaknya tanjakan, kemiringan, dan jarak antar tanjakan. ClimbPro bahkan bisa memberitahu kapan kamu mulai memasuki area tanjakan yang curam atau landai.

Semua informasi-informasi terkait tanjakan tadi ditampilkan dengan skala warna supaya lebih informatif dan mudah dimengerti.

Find My Edge

Walaupun terbilang jarang terjadi, tidak menutup kemungkinan kalau suatu waktu perangkat Garmin Edge 830 milikmu terjatuh dan hilang saat sedang bersepeda. Karena sedang asik gowes, kamu mungkin saja menyadari kalau unitnya jatuh setelah berjalan berkilo-kilometer jauhnya. Find My Edge hadir sebagai solusi untuk hal ini.

Dengan fitur ini, Garmin Edge 830 akan menandai lokasi GPS ketika Garmin Edge 830 dan smartphone terputus koneksinya. Jika hal buruk itu terjadi, segera buka aplikasi Garmin Connect dan pilih Find My Edge. Setelah itu, aplikasi Maps akan terbuka dan Garmin Edge 830 akan mengeluarkan bunyi cukup keras supaya mudah ditemukan.

Konektivitas

Garmin Edge 830 bisa dihubungkan sensor tambahan untuk perhitungan lebih akurat

Garmin Edge 830 ini juga memiliki konektivitas yang tinggi dengan smartphone. Dengan aplikasi Garmin Connect, kamu bisa menghubungkan Garmin Edge 830 dengan smartphone berbasis iPhone atau Android. Dengan begitu, setiap notifikasi yang masuk ke smartphone akan tersinkronisasi secara otomatis ke Garmin Edge 830 ini. Kamu jadi bisa bersepeda dengan nyaman tanpa perlu ribet dengan smartphone saat sedang menikmati pemandangan sekitar.

Selain buat notifikasi, konektivitas dengan smartphone ini juga berguna sebagai fitur keamanan lho. Maksudnya begini, Garmin Edge 830 ini ternyata juga bisa digunakan sebagai alarm buat sepeda. Garmin Edge 830 dapat mengeluarkan bunyi yang keras saat ada pergerakan aneh pada sepeda kita yang sedang diparkir. Secara bersamaan, Garmin Edge 830 juga akan memberitahumu via notifikasi yang dikirimkan ke smartphone. Dengan begitu, sepedamu akan aman saat ditinggal kemana-mana.

Konektivitas Garmin Edge 830 juga bisa ditambah berkat adanya Bluetooth Smart Sensor. Dengan tambahan konektivitas ini, kamu bisa menyambungkan sensor detak jantung, sensor cadence, sensor kecepatan dll. Kamu hanya perlu mem-pairing-nya sekali dan Garmin Edge 830 akan terhubung secara otomatis ke sensor-sensor itu saat setelah dihidupkan. Data-data yang terkumpul dari sensor yang terhubung ke Garmin Edge 830 juga akan tersinkronisasi secara otomatis ke Garmin Connect supaya lebih informatif dan mudah dianalisa.

Sensor dan Navigasi

Tapi yang lebih penting lagi adalah Garmin Edge 830 ini kaya akan sensor, lho. Bayangkan, dalam satu device kecil ini, kamu akan mendapatkan sensor cadence, sensor speed sampai heart rate sensor. Ini jelas lebih akurat jika dibandingkan "sensor" pada smartphone yang biasanya bergantung pada algoritma software, bukan sensor fisik.

Sistem navigasinya pun bisa diandalkan. Smartphone biasanya hanya bertumpu pada GPS sebagai sistem navigasinya, Garmin Edge 830 menawarkan sesuatu yang lebih daripada itu. Perangkat ini menggabungkan sistem GPS, GLONASS dan GALLILEO, yang berarti akan jauh lebih akurat karena menggabungkan informasi dari 3 satelit navigasi sekaligus. Penggunaan 3 sistem satelit ini juga menjadikan peta yang ditampilkan pada layar Garmin Edge 830 menjadi lebih detail dan lengkap. Kamu cukup masukkan alamat lengkap atau Point of Interest tujuan dan Garmin Edge mencari rute tercepat untuk sampai ke tujuan.

Tetap bugar di masa-masa pandemi seperti sekarang adalah sebuah keharusan. Bersepeda dapat menjadi salah satu olahraga yang fun sekaligus menyehatkan asal tetap patuh pada protokol kesahatan. Jangan lupa jaga jarak dan gunakan Garmin Edge 830 supaya tidak tersesat ya.

Leave a Reply