Smartwatch Polar untuk Olahraga? Vantage V2 VS Grit X

Adrianus Dwi Octaviano
February 18, 2021

Kebutuhan smartwatch untuk aktivitas olahraga tampak mulai meningkat beberapa tahun belakangan. Smartwatch Polar menjadi salah satu brand yang cukup diminati dalam dunia olahraga. Bukan tanpa sebab, Smartwatch Polar menjawab kebutuhan untuk beberapa aktivitas olahraga.

Kebutuhan smartwatch untuk aktivitas olahraga tampak mulai meningkat beberapa tahun belakangan. Smartwatch Polar menjadi salah satu brand yang cukup diminati dalam dunia olahraga. Bukan tanpa sebab, Smartwatch Polar menjawab kebutuhan untuk beberapa aktivitas olahraga.

Pada tahun 2020, Smartwatch Polar mengeluarkan 2 jenis produk smartwatch yang didesain untuk berolahraga. 2 produk tersebut antara lain Vantage V2 dan Grit X.

Meskipun kedua produk tersebut diproduksi dengan fungsi untuk olahraga, bukan berarti memiliki fitur yang sama. Lantas, smartwatch mana yang cocok untuk aktivitas olahraga kalian?

Untuk menentukan smartwacth yang cocok untuk kalian, perlu diketahui terlebih dahulu jenis olahraga apa yang akan dilakukan. Setiap smartwatch terutama Polar memiliki produk-produk yang disesuaikan dengan jenis olahraga tertentu.

Untuk memudahkan kalian dalam memilih produk Smartwatch terutama keluaran terbaru Polar tersebut. Artikel ini akan membedah singkat fitur-fitur yang dimiliki oleh Vantage 2 dan Grit X.

Fitur Polar Grit X

Polar Grit X dirilis pada pertengahan tahun 2020. Smartwatch ini memiliki desain yang kokoh dan ramping. Dari segi tampilan, Polar Grit X cocok untuk digunakan dalam aktivitas luar ruangan. Hal ini telah diuji dengan beberapa tes seperti ketahanan air dan terbukti Polar Grit X cukup tangguh.

Dari segi beratnya, Polar Grit X memiliki bobot sebesar 64 gram. Untuk smartwatch di luar ruangan, bobot Polar Grit X termasuk yang paling ringan dibandingkan produk lainnya.

Untuk bahannya, Polar Grit X terbuat dari baja tahan karat. Bagian belakangnya memakai bahan polimer yang diperkuat dengan serat kaca. Sedangkan untuk layar, Polar Grit X sudah dilapisi oleh Gorilla Glass.

Berbicara tentang fitur, Polar Grit X diproduksi untuk olahraga-olahraga ekstrem yang dilakukan di alam, seperti bersepeda gunung dan trail running. Hal ini dikarenakan ada fitur FuelWise yang bisa menjadi asisten untuk mengingatkan isi energi dan ada Hill Spliter yang akan memberikan info detail terkain tanjakan maupun turunan.

Dalam Polar Grit X, terdapat juga fitur untuk menghitung skor tidur kamu di malam hari. Fitur tersebut bernama Nightly Recharge. Tampilan dari Polar Grit X juga yang keren pun tidak membuat kalian berpikir dua kali untuk tetap memakainya dalam kondisi tidur.

Saat ini, Smartwatch Polar Grit X dibanderol dengan harga masih di atas $ 400.

Fitur Polar Vantage V2

Polar Vantage V2 merupakan generasi kedua setelah Polar Vantage V. Dirilis pada akhir tahun 2020, smartwatch ini didesain dengan gaya yang premium.

Bobotnya yang jauh di bawah Polar Grit X membuat smartwatch ini nyaman untuk pergelangan tangan karena ringan. Bobot dari Polar Vantage V2 ini adalah 52 gram.

Sejatinya, Polar Vantage V2 ini menawarkan fitur-fitur yang sudah ada di Polar Grit X. Hanya saja, Polar Vantage V2 tidak sama dengan Polar Grit X karena ada beberapa fitur tambahan.

Pertama, Polar Vantage V2 memiliki fitur yang cocok untuk kalian yang hobi lari marathon. Fitur tersebut adalah Running Performance Test. Dengan menggunakan Polar Vantage V2, kalian bisa mengetahui kemajuan perfoma lari seperti Maximal Aerobic Power, Maximal Aerobic Speed, dan Maximal Oxygen Uptake.

Ada juga fitur Leg Recovery Test dalam smartwatch Polar Vantage V2 ini. Fungsi dari fitur ini ialah mengetahui kemampuan dan kesiapan otot-otot kaki untuk melakukan kembali latihan kecepatan dan kekuatan.

Tes yang dilakukan dalam fitur Leg Recovery Tes ialah melakukan tiga lompatan dengan jeda singkat di setiap lompatannya. Untuk pertama kali, kalian bisa melakukan tes ini sebanyak dua kali dalam periode 28 hari untuk menentukan dasar lompatan. Setelah itu, pada tes-tes berikutnya jika lompatan kalian tidak melebihi dasar lompatan menandakan bahwa otot-otot kaki belum sepenuhnya pulih untuk kembali melakukan latihan.

Untuk lebih singkatnya, berikut tabel yang bisa menggambarkan fitur-fitur yang dimiliki oleh Polar Vantage V2 dan Polar Grit X.

Fitur Vantage V2 Grit X
Weight 52g 64g
Battery Life up to 40 hours up to 40 hours
Running & Cycling Performance Test V -
Leg Recovery Test V -
Music Controls V -
Recovery Pro V -
Training Load Pro V V
Running Power V V
Hill Spliter V V
Smart Fueling Assistant V V
Monitors Blood Oxygenation Levels V -
Compatible With IOS and Android V V
GPS V V
Provides The Sunrise/Sunset Time - V