Inilah 5 Kesamaan Milenial Dengan Orangutan! Sangat Persis


February 26, 2020

Siapa sangka ternyata orangutan punya banyak kemiripan dengan kita manusia. Yuk cek apa saja kesamaan antara kita dan orangutan!

Keunikan Orangutan memang selalu menarik perhatian, terlebih karena memiliki DNA yang hampir sama dengan manusia sehingga, keduanya memiliki sifat dan kelakuan yang mirip. Sama dengan para generasi Milenial, orangutan sangat suka melakukan beberapa hal yang bisa mereka lakukan sendiri. Apalagi, para milenial identik dengan 'Kalong' yang sering bergadang dan suka mengantuk.

Saking miripnya, orangutan bahkan bisa melakukan beberapa hal sederhana yang kaum Milenial lakukan dalam keseharian mereka, adapun yang mereka juga bisa lakukan yakni:

1. Membuat Kasur Sendiri

Percaya atau tidak, orangutan bisa membuat kasur mereka sendiri? Ya, tentu saja ini bukan plot twist semata, mereka memang melakukan hal ini sendiri. Jika manusia tidur dengan spring bed, orangutan malah membangun tempat tidur mereka menggunakan dedaunan dan ranting-ranting pohon supaya bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Namun, mengingat orangutan adalah spesies yang nomaden, kasur yang mereka buat ini tak akan digunakan dalam jangka waktu lama.

Orangutan Baby Monita

Spesifikasi lebarnya hanya satu meter saja, orangutan bisa bertahan selama dua hingga tiga hari di tempat tersebut. Mereka tak hanya membuat tempat tersebut semata untuk tidur saja, namun juga sekaligus dijadikan tempat bermain. Uniknya, orangutan juga membuat sarang sendiri untuk melahirkan. Sangat pintar bukan?

2. Bermainan Ayunan

Saat kalian masih kanak-kanak, momen yang lumayan berkesan adalah saat bermain ayunan bersama teman-teman, setali tiga uang, orangutan memiliki jiwa bermain yang sangat besar. Orangutan sangat suka bergelantungan di atas pohon sambil mengayunkan badannya bak anak bocah yang sedang bermain ayunan.

ayunan orangutan

Bergelantung di atas pohon seperti ayunan

3. Penjelajah Sejati

Orangutan jantan mampu melakukan penjelajahan sejauh 651 meter per hari di area seluas 46 hektar, sedangkan betina mampu menjelajah sejauh 916 meter pada area seluas 12,5 hektar. Faktor terbesar yang mempengaruhi penjelajahan mereka adalah ketersediaan makanan dan interaksi sosial. Sangat mirip kan dengan kita manusia yang sering melakukan travelling kemana-mana. Ternyata hobi travelling kita dan orangutan sudah ada sejak dulu ya! Traveling juga salah satu hobi para Millenial lho!

Orangutan yang menjelajah sambil mencari makanan

Penjelajahan mencari summer mate air

4. Suka Memakai Payung

Ada pepatah mengatakan, sedia payung sebelum hujan nampaknya orangutan juga paham peribahasa tersebut, walaupun mereka tak secara langsung bisa membeli payung, tapi mereka mengerti konsep berteduh saat hujan turun. Secara spontan Orangutan akan memetik daun pisang yang besar untuk dijadikan payung pada saat hujan. Wah, apakah kamu merasa semakin mirip tidak dengan orangutan?

Berteduh menggunakan daun pepaya

5. Hobi Tidur

Tak hanya manusia, orangutan juga suka tidur lho ternyata. Mereka tidur pada malam hari hingga pagi hari. Saat siang hari, mereka tetap menyempatkan diri untuk tidur siang. Namun, bedanya dengan manusia, mereka tak takut digigit oleh nyamuk saat tidur karena mereka menggunakan daun tarutung sebagai alas tidur mereka. Daun tarutung sendiri merupakan daun yang sangat dibenci oleh nyamuk. 

Tidur di atas ayunan gantung

Lucu bukan kebiasaan orangutan yang hampir mirip dengan kaum Adam alias kamu? :) Tapi sayangnya, para orangutan tersebut pelan-pelan mulai berkurang populasinya. Menurut greenpeace.org populasi orangutan berkurang 25 ekor per hari. Miris bukan? Maka dari itu, kita perlu menanam rasa kepedulian kita terhadap orangutan. Tanpa mereka, hutan tak ada yang menjaga, jika hutan rusak, manusia juga akan terancam kehidupannya. Mari kita bersama-sama menjaga populasi orangutan tanpa perlu menyakiti mereka. Yuk cek caranya!