[VIDEO] 8 Tips Bepergian yang Perlu Diperhatikan Saat New Normal

Adrianus Dwi Octaviano
November 24, 2020

Kamu yakin mau bepergian di masa pandemi seperti ini? Tidak seperti bepergian pada umumnya, bepergian saat masa new normal memiliki tips-tips khusus lho. Bagi kamu yang pensaran, langsung aja baca artikel yang ada di bawah ini

Tips bepergian sejatinya tak perlu dibahas karena semua orang pasti punya caranya masing-masing. Hanya saja, pandemi COVID-19 telah merubah segalanya. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum melakukan aktivitas bepergian.

Pemerintah sebenarnya menghimbau masyarakat untuk menahan diri sejenak agar tidak sering bepergian. Namun, sebagai manusia pada umumnya pasti hasrat untuk bepergian selalu muncul. Oleh karena itu, perlu beberapa hal yang dilakukan saat bepergian agar penularan COVID-19 tidak terlalu masif.

Kamu tak perlu khawatir karena kami telah mengumpulkan 8 tips yang perlu dilakukan saat bepergian di mana new normal. Berikut 8 tips tersebut yang telah disesuaikan dengan protokal kesehatan yang berlaku.

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Sebelum bepergian, kamu perlu memastikan kebadaan tubuhmu dalam kondisi sehat. Jangan memaksakan diri untuk bepergian ketika tubuh sedang tidak fit karena sama aja kamu membuka celah untuk penyakit menyerang tubuhmu. ­

2. Pakai masker yang aman dan nyaman

Di era New Normal, masker merupakam barang wajib yang digunakan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk mengenakan masker kain jika ingin pergi ke tempat umum.  

Pilih masker yang pas diwajah. Selain itu kamu juga bisa memilih masker kain yang memiliki tiga atau lebih lapisan. Kamu juga bisa memilih masker yang memiliki filter tambahan. Salah satu brand masker yang bermanfaat lebih dan menambah style juga lebih adalah Masker XD Design.

3. Selalu sedia hand sanitizer

Selain masker, hand sanitizer merupakan barang
kedua yang wajib kamu bawa selama bepergian. Pilihlah hand sanitizer
yang praktis agar mudah dibawa kemana-mana.

Pastikan kamu telah menggunakan hand sanitizer dengan benar. Tuang atau menyemprotkan hand sanitizer ke telapak tangan dan gosok hingga 10-15 detik hingga mengering.

BACA JUGA: 5 Tempat Bersepeda Nyaman dan Aman di Jakarta

4. Beralih ke Pembayaran Non Tunai

sumber: wartaekonomi

Uang merupakan salah satu
medium penyebaran bakteri dan virus, untuk itu kamu perlu meminalisir
penggunaan uang cash. Mulailah menggunakan pembayaran secara cashless.

Kamu bisa menggunakan kartu dari segala bank yang kamu miliki. Namun penggunaan kartu juga bisa menjadi medium penyebaran bakteri dan virus, hal yang kamu bisa lakukan dengan menggunakan pembayaran digital dengan smartphone kamu.

5. Bawa peralatan pribadi

Salah satu kebiasaan baru yang perlu kamu lakukan yaitu membawa peralatan pribadi. Jika kamu memutuskan untuk makan di restoran sebaiknya gunakan peralatan makanmu sendiri. Selain mencengah penyebaran virus kamu juga bisa memastikan kebersihan alat makanmu.

Untuk membawa berbagai peralatan pribadi, kamu bisa menyimpannya dalam backpack. Hal ini akan menambah kenyamananmu dalam bepergian. Tak perlu kahawatir, kamu bisa melihat koleksi backpack yang tepat di Wearinasia

6. Hindari kerumunan

amsterdam

Amy Wren / © Culture Trip

Hindari kerumuman dengan
menjauh tempat-tempat yang ramai. Sebaiknya sebelum bepergian kamu sudah
menentukan lokasi yang kamu tuju dan pastikan jarang dikunjungi orang.

Kerumuman menjadi salah satu indikator atau sarana meluasnya penularan virus COVID-19. Jika kamu sudah terlanjur berada di tempat ramai, tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

7. Pilih Destinasi Outdoor Ketimbang Indoor

Hindari tempat yang tertutup dan padat. Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan penyebaran virus COVID-19 lebih tinggi resikonya di ruangan tertutup yang memiliki sirkulasi buruk.

Pilihlah destinasi outdoor seperti taman, pantai dan sejenisnya. Destinasi outdoor akan cenderung lebah ketika kamu tetap menerapkan prokotol menjaga jarak dan menjaga kebersihan.

8. Gunakan Kendaraan Pribadi

Sebisa mungkin hindari
penggunaan transportasi untuk menghindari resiko penularan virus COVID-19. Kamu
bisa menggunakan kendaraan pribadi yang lebih aman dan lebih leluasa.

Jika kamu terpaksa menggunakan transporasi umum, pastikan kamu menjaga jarak setidaknya 1 meter antar penumpang lain dan mengurangi interaksi. Selain itu, pastikan kamu membawa botol minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.

Nah, artikel di atas sudah membahas tentang tipsnya. Nah, akan terasa lengkap jika kamu juga mengetahui 8 perlengkapan yang bisa dibawa saat bepergian. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perlengkapan yang perlu dibawa saat bepergian, simak video di bawah ini.