[VIDEO] Product Battle: Tas Ransel Nama Lite 302 VS Theodor Stark, Adu Worth It Tas Under Rp250.000,-


February 21, 2020

Review dan komparasi tas ransel dibawah Rp250.000, yang katanya anti air, benerkah itu?



Kali ini kita akan membandingkan dua tas ransel di kisaran harga dibawah Rp250.000,-, yakni Nama Lite 302 dan Theodor Stark.

Kita mulai langsung dari harga:
Nama Lite 302 harganya di kisaran Rp119.000,- Rp159.000,- (bisa hanya Rp100.000,- dengan metodo pre-order, tapi umumnya ketepatan waktunya dipertanyakan *pengalaman pribadi)

Theodor Backpack Stark harganya Rp229.000,-

Ukuran:
Nama Lite 302 ada ukuran 20L sedangkan Theodor Stark di 15L

Impresi pertama:

Keduanya ransel tampilannya sangat minimalis dan basic jadi bisa digunakan secara kasual untuk kegiatan sehari-hari. Tapi saya sendiri menggunakannya untuk pergi ke kantor dan kadang digunakan saat harus traveling ke luar negeri.

Dalam "Product Battle" kedua ransel akan diadukan dari 4 aspek:
1. Ukuran dan kapasitas tas
2. Fitur & desain
3. Material dan konstruksi
4. Kenyamanan

1. Ukuran dan Kapasitas Tas

Nama Lite 302 lebih lowong karena memang berukuran lebih besar, di 20L jika dibanding Theodor Stark. Keunggulan ukuran Nama terasa manfaatnya apabila kalian harus memasukkan barang bawaan ke dalam tas dengan cara menumpuk secara vertikal. Jadi buat yang suka bawa jaket atau bawaan berlapisan tebal, kapasitas Nama Lite 302 sangatlah membantu. Tapi bukan berarti kapasitas Theodor Stark yang hanya 15L membuatnya tidak bisa dimasukkan barang yang banyak karena sepengalaman pribadi saya bisa membawa setidaknya 5 buku catatan dan memasukkan botol air ke dalam tas berwarna dalam oranye tersebut.

2. Fitur & Desain

Front Pocket
Baik Nama Lite 302 dan Theodor Stark memiliki front pocket yang berpenampilan amat minimalis. Tapi front pocket Nama Lite 302 dibekali dengan lip pada zipper, sedangkan Theodor Stark tidak. Lip pada zipper berguna untuk melindungi zipper dari kemasukan air, namun fitur ini kadang bisa nyangkut dan membuat proses membuka-tutup zipper terganggu.

Di bagian dalam, front pocket walaupun ruang Theodor Stark tidak sebesar Nama Lite 302, Theodor Stark dilengkapi organizer atau kantong yang bisa digunakan untuk menyimpan kartu nama, smartphone atau benda kecil lainnya yang kamu perlu akses secara cepat dan mudah. Menurut saya inilah salah satu keunggulan detil dari Theodor yang patut diapresiasi biasanya saya bisa gunakan untuk menyimpan kotak kartu nama, dompet atau kunci mobil

Nama Lite 302 memiliki front pocket yang lebih besar tapi menurut saya perbedaan ukurannya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan Theodor Stark, dan hal yang paling disayangkan, tidak ada organizer alias kantongnya. Buat saya detil-detil kantong seperti itu cukup penting karena kerap saya gunakan untuk menyimpan kartu nama, kunci, dan barang bawaan kecil lainnya.

Main Compartment
Fitur seperti organizer yang dimiliki Theodor tidak hanya terletak di front pocket tapi juga di kompartemen utama, yang kamu bisa gunakan untuk menyimpan note, smartphone dan alat tulis secara rapi

Main compartment Nama Lite 302 sangat minimalis dan tidak ada kantong atau organizer yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil. Oleh karena itu, saya kurang puas terhadap fitur NAMA Lite 302 di bahasan pada bagian main compartment ini.

Laptop Sleeves Untuk urusan laptop sleeves internal keduanya memiliki kekurangan yang sama, baik Theodor Stark dan Nama Lite 302 tidak memiliki laptop sleeves yang di-padding sehingga, laptop bawaan tidak terjaga dari tekanan objek lain yang ada di dalam tas.

False Bottom Nama Lite 302, memiliki fitur false bottom, bantalan pada bagian bawah ransel, sehingga memproteksi barang bawaan seperti laptop dari benturan langsung dengan lantai. Menurut saya ini merupakan salah satu nilai plus Nama Lite 302 atas Theodor Stark.

3. Material dan Konstruksi

Nama Lite 302 dan Theodor mengklaim keduanya water repellent namun bedanya Nama Lite terbuat dari Nylon 600 Denier PU Coated Water Repellent Fabric sedangkan Theodor Stark dari Polyester PU Coated Water Repellent Fabric

Nilon tergolong bahan yang lebih kuat jika dibanding polyester, tapi di sisi lain keunggulan polyster terletak pada kecepatan kering, warnanya akan lebih bertahan lama, dan permukaan akan lebih awet terhadap proses pilling atau jahitan yang keluar dan menggumpal setelah pemakaian beberapa saat.

Lining
Nama Lite 302 dan Theodor Stark tidak memiliki lining atau lapisan ekstra diantara bagian dalam dan luar tas. Sehingga kedua tas ini terlihat kempes dan terkesan “letoi”

Zipper
Nama Lite 302 dan Theodor Stark sama-sama menggunakan Racquet Coil YKK Zipper dan keduanya memiliki zipper lips yang tujuannya melindungi tas dari kemasukan air, tapi kenyataannya kadang buat zipper seret saat dibuka karena nyangkut

4. Kenyamanan

Untuk fitur kenyamanan, karena ini adalah tas basic, jadi kita fokus hanya pada backpanel, shoulder strap, dan fitur ekstra

Backpanel
Nama Lite 302 dan Theodor Stark menggunakan foam-padded back panel namun Theodor Stark terasa lebih tipis karena menggunakan ukuran 6mm. Sehingga saat menggunakan Theodor, punggung akan terasa sedikit terbentur dengan barang bawaan. Tapi, kehadiran fitur luggage strap, sebagai fitur ekstra di Theodor Stark membuat saya lebih nyaman untuk pakai tas ini saat traveling karena ransel bisa dikaitkankan pada tangkai koper.

Shoulder Strap Untuk Shoulder strap saya merasa Nama Lite 302 lebih nyaman karena kalau kalian liat secara samping-sampingan, shoulder strap Theodor terlihat lebih tipis dan tidak memiliki air-mesh, sehingga saat menggunakannya akan terasa sedikit lebih pegal dan gerah.

Kesimpulan

Nama Lite 302

  • Kapasitas besar: Jadi apabila kamu mencari tas basic yang punya kapasitas yang cukup besar dan suka menumpuk barang secara vertikal di dalam tas, Nama Lite 302 bisa jadi pertimbangan
  • Material kuat & memiliki fitur pelindung
  • Lebih nyaman
  • Harga lebih murah untuk kelasnya (kalau PO)

Theodor Stark

  • Banyak kantong untuk organize barang
  • Lebih traveler friendly
  • Tidak cepat pilling
  • Harga ekonomis untuk kelasnya