[VIDEO] Product Review: Fjallraven Splitpack 35L, Tas Hybrid Backpack & Carry Berdurabilitas Tinggi

Andrew Gunawan
April 10, 2020

Sedang mencari tas untuk weekend getawa dengan durabilitas yang tinggi? Cek ulasan Fjallraven Splitpack berukuran 35L ini.

Pada product review kali ini saya mencoba mengulas Fjallraven Splitpack yang mungkin belum setenar seri Kanken. Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah versi tekstual dari video youtube WIA Official diatas:

First Impression:

Kesannya tidak fashionable dan tidak terlalu teknis, karena tampilannya yang "irit" akan compression strap dan fitur yang umum ada pada sebuah tas travel. Namun hal ini boleh jadi mengecewakan bagi sebagian orang namun bisa juga menjadi daya tarik bagi yang menyukai perlengkapan-perlengkapan minimalis seperti saya. Tapi kesan "bandel" terasa sekali apalagi saat meraba permukaan tas yang kasar dan tebal.

4 Aspek dalam product review kali ini, ialah:

  1. Ukuran dan Kapasitas tas
  2. Fitur & Desain
  3. Material dan Konstruksi
  4. Kenyamanan 

Ukuran dan Kapasitas

Ukuran ransel sekaligus tas carry berbentuk tabung ini berada di 35L yang sebenarnya lebih dari cukup apabila hanya digunakan untuk pelesir di akhir pekan. Saya nyaman dengan ukuran tas seperti ini karena akan mudah untuk diletakkan di cabin pesawat/kereta.

Fitur & Desain

Main Compartment

Saat dibuka, tas akan terbelah menjadi kompartemen yang sama besarnya, dengan bantuan mesh atau jaring-jaring sebagai lapisan pemisah. Ada sedikit perbedaan pada masing-masing kompartemen, pada bagian kanan kompartemen memiliki pocket organizer sedangkan bagian kiri hanya dibekali mesh dengan lapisan dobel yang bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda seperti buku catatan.

Padlock

Bagian resleting bisa digembok dengan menggunakan padlock sehingga untuk urusan keamanan tas ini bisa disesuaikan dengan keperluan. Umumnya hal ini penting apabila kamu berpergian ke luar negeri dan tidak meletakkan tas di kabin kapal.

Pocket

Fjallraven memiliki kantung atau pocket yang tidak begitu banyak. Dimulai dari front-pocket yang tidak memiliki organizer di bagian dalam. Pada kompartmen utama, tas juga tidak memiliki laptop sleeves atau pocket yang bisa untuk mengorganisir barang bawaan berukuran kecil.

Loop Handle

Pada kedua ujung tas, masing-masing memiliki dua buah loop handle yang akan sangat terpakai saat harus meletakkan tas di kabin pesawat dan kereta. Namun dari perspektif desain, terasa ganjil, karena pada penggunaanya hanya satu handle yang akan selalu digunakan.

Material dan Konstruksi

Menurut saya apabila travelers ingin mencari pembenaran saat ingin membeli tas ini, materi G-1000 jenis Heavy Duty Eco dan konstruksinya yang bak tas militer boleh jadi pertimbangan utama. Karena saya bisa membayangkan tas ini masih menemani sampai 2-3 tahun kedepan tanpa penurunan kualitas yang kentara atau terasa. Bahan terasa kasar, kokoh, dan tidak mudah terpenetrasi oleh benda tajam.

Tidak hanya pada material tas tetapi juga pada bahan yang digunakan untuk resleting dan buckle yang terbuat kokoh dari metal. Bagian ini adalah bagian yang krusial terlebih lagi apabila travelers akan menggunakannya dalam intensitas yang cukup sering dan membawa barang bawaan pada kapasitas maksimal, karena tidak ada hal yang paling menyulitkan dibanding mencari resleting pengganti.

Kenyamanan

Shoulder Strap

Terasa cukup nyaman karena ketebalannya yang cukup tinggi dan mesh pada bagian shoulder strap yang memberikan sirkulasi udara yang cukup. Tapi saya rasa Fjallraven perlu mencari solusi agar tas ini memiliki bagian yang berfungsi sebagai backpanel. Karena secara pribadi saya suka tas ransel yang memiliki kesan "memeluk" bagian belakang tubuh, saat digunakan.

Kesimpulan

Pro

Beli Fjallraven Splitpack 35L apabila kamu ingin memiliki tas berdurabilitas tinggi untuk keperluan berlibur di akhir pekan.

Kontra

Apabila travelers berharap untuk memiliki tas untuk weekend getaway yang bisa mengakomodir gadget-gadget bawaan, saya tidak menyarankan untuk membeli Fjallraven Splitpack 35L

Leave a Reply