Wabah COVID-19 Buat Travelers Daki Appalachian Trail Lewat Virtual 360!

Vivian Yolanda
April 9, 2020

COVID-19 tak akan menghambat travelers untuk tetap mendaki Appalachian Trail, Ini dia aplikasi yang disediakan IOS untuk travelers di rumah!

COVID-19 masih menjadi pandemik yang bersarang di seluruh dunia sehingga membuat geger seluruh masyarakat. Hingga kini, serangkaian upaya telah dilakukan oleh berbagai negara untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 ini. Mulai dari tingkatan paling ringan seperti Sosial distancing sampai upaya lockdown, sontak hal ini menghantam keras sektor pariwisata, tidak terkecuali Appalachian Trail, AT parlance yang dikenal dengan nama North Bound, surga para trekker.

Tebing di Appalachian Trail

Kabar ini pasti akan mengecewakan para travelers, khususnya para pecinta outdoor yang sudah mempersiapkan diri serta berbagai macam kebutuhan untuk pergi ke Appalachian Trail. Namun, kalian tak perlu khawatir, kini IOS mengeluarkan aplikasi baru yang memampukan para travelers untuk tetap bisa melakukan traveling secara virtual dengan teknologi VR 360, sehingga kalian terasa seperti sedang mendaki Appalachian Trail. Travelers bisa mengunduh aplikasi ‘Walk the Distance’ pada IOS dan dirancang untuk menggunakan fitur pedometer pada iPhone kalian, sehingga dapat melacak jumlah langkah travelers serta memetakan aktivitas sejauh 2.200 mil atau setara dengan 3.500 km.

Aplikasi ini akan mengarahkan travelers dari Amicacola Falls State Park menuju Springer Mountain, Georgia. Travelers bisa mengunjungi toko-toko kelontong ataupun apotek pada pendakian Anthony’s Nose di negara bagian New York yang merupakan titik terendah untuk melintasi sungai Hudson.

Papan masuk Appalachian Trail

Dari rumah, travelers bisa menggunakan grafik pada google, kemudian kalian bisa melihat ikon yang menunjukkan gambar profile dan letak travelers diatas AT berdasarkan langkah-langkah harian, kalian sesama pengguna Walk The Distance juga bisa melihat pendaki lain.

Walaupun hanya virtual, travelers sebagai pendaki juga tetap bisa merasakan progress yang cukup adil dalam kompetesi ini, kalian akan di check secara digital sesuai dengan tempat penampungan seperti pada dunia nyata. Travelers bisa merasakan berjalan di jalan setapak dan adanya interaksi antar pengguna aplikasi (pendaki), akan terasa suasana persahabatan saat berada di AT. Travelers sekaligus bisa melakukan camping sambil melihat sejumlah keramaian dari puncak AT.

Travelers yang mendaki tebing Appalachian Trail

Untuk sementara, fitur ini belum tersedia pada versi Android, namun jangan khawatir, ‘Walk The Distance’ sedang mengupayakan aplikasi dalam versi android selama setahun ini dengan versi Amerika Serikat seperti Crest Trail. AT juga mencakup jalur di beberapa Taman Nasional termasuk Yellowstone dan Boston Marathon.

Leave a Reply