11.11 Weekend Promo, disc up to 30% OFF VIEW PROMO
THE JOURNAL

3 Alat Wajib Punya Saat Mendaki Gunung

3 Alat Wajib Punya Saat Mendaki Gunung
  • SHARE
THE JOURNAL

3 Alat Wajib Punya Saat Mendaki Gunung

  • SHARE

Words & Photo by : | April 19, 2017

Sebelum melakukan pendakian gunung yang dinanti-nantikan, sebaiknya tulislah barang-barang apa sajakah yang perlu Anda persiapkan. Tiga perkakas di atas barangkali belum Anda tambahkan.

Mendaki gunung membutuhkan komitmen yang nyata dan latihan fisik yang tak sebentar. Namun barang-barang yang Wearinasians bawa nantinya merupakan sesuatu yang tak kalah penting. Sebelum melakukan petualangan menantang, tanyakan diri Anda apakah tiga peralatan telah masuk dalam tas. Jika jawabannya iya, bisa dibilang Wearinasians sudah lebih siap.

PILIHLAH ALAS KAKI SESUAI MEDAN

American Hiking Society, asosiasi pendakian di Amerika Serikat, menekankan pentingnya mengenakan alas kaki yang tepat. Syaratnya: pahami dulu kebutuhan dan situasi medan pendakian. Untuk pendakian singkat yang bisa diselesaikan dalam satu hari yang tidak memerlukan bawaan berat atau medan yang teramat teknis, pilihlah sepatu jalan atau sepatu lari pada umumnya. Sepatu nyaman adalah awal dari perjalanan yang nyaman.

Untuk pendakian lama, disarankan memilih boots khusus untuk pendakian. Image by best-hikingboots.com

Untuk pendakian lama, disarankan memilih boots khusus untuk pendakian. Image by best-hikingboots.com

Sedangkan jika pendakian Anda lebih intens dan lama, barangkali bisa memakan berhari-hari, boleh untuk mempertimbangkan boots yang memang didesain khusus untuk mendaki.

BAWALAH ALAT-ALAT SEDERHANA DEMI KESELAMATAN

Pastikan Wearinasians tidak lupa membawa barang-barang yang bisa membuat api dan cahaya. Hangatnya api dari geretan maupun minuman hangat dari termos bakal menghindarkan Wearinasians dari kemungkinan terserang hipotermia. Bukan hanya sebagai penghangat tubuh semata, api dapat menjadi penanda jika Anda sewaktu-waktu tersesat. Bawa senter atau lampu kepala. Jangan lupa membawa peluit juga untuk menarik perhatian.

PERSIAPKAN PISAU ATAU ALAT-ALAT MULTIFUNGSI SERUPA

Pisau menjadi sebuah peralatan yang amat dibutuhkan dalam situasi-situasi mendesak. Menurut asosiasi tersebut pula, misalnya, Anda bisa memotong sebagian kecil dari baju untuk dibuat plester.

Tak salah untuk membawa pisau agar berjaga-jaga. Image by

Tak salah untuk membawa pisau agar berjaga-jaga. Image by The Brooks Review

Selain itu, bawalah alat-alat praktis dan serbaguna. Apa yang bisa dilakukannya? Memperbaiki kacamata rusak maupun peralatan yang tak berfungsi selayaknya. Di antaranya bawalah matras dan lakban.

*) Featured image by bestworldhikinggear.blogspot.com

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.