Get your travel essential, disc up to 50% off : SHOP NOW
THE JOURNAL

3 Alternatif Cara Bersantai di Jakarta yang Tanpa Melibatkan Mall

3 Alternatif Cara Bersantai di Jakarta yang Tanpa Melibatkan Mall
  • SHARE
THE JOURNAL

3 Alternatif Cara Bersantai di Jakarta yang Tanpa Melibatkan Mall

  • SHARE

Words by : Andrew Jason Gunawan | Photos by : Yonatan Timotius | April 30, 2018

Ada hal menarik lainnya yang bisa diketemukan di Jakarta apabila kita ingin mengeksplorasinya lebih jauh.

Jakarta, menjadi etalase Indonesia bagi masyarakat global, berbagai perhelatan akbar kelas dunia diadakan di kota yang sempat bernama Batavia ini, mulai dari pembangunan Monumen Nasional di tahun 1961 dan beberapa landmark lainnya guna menyambut ajang internasional Asian Games 1962 pada kala itu. Tidak lama berselang, berdiri juga mall pertama di Indonesia, Sarinah, pusat perbelanjaan modern pertama yang digagas Presiden Soekarno.

Percepat ke era 90-an, mall di Jakarta tumbuh bak Jamur sampai ke pinggir-pinggir kota, bahkan bagi penduduk Jakarta, kata rekreasi identik dengan "Nge-Mall", namun apakah itu sepenuhnya benar? Saya sendiri kadang merasa jengah dengan aktifitas rekreasi atau bersantai yang cuma berkutat dari satu mall ke mall lainnya, apabila kita merasakan kejengahan yang sama, berikut alternatif yang saya coba rangkum, semoga bisa mengurangi rasa bosan Anda:

1. Gedung Partai Golkar?

Berlokasi di Pegangsaan Barat, Jakarta Pusat berdiri kantor dari partai berlogo pohon beringin alias Golongan Karya (GOLKAR). Tidak seperti kantor partai pada umumnya yang monoton dan penuh tempelan foto ketua umumnya di sana-sini, kantor GOLKAR jelas memiliki gaya arsitektur yang impresif bahkan tidak berlebihan bila saya membandingkan dengan tampilan depan kantor-kantor perusahaan teknologi Sillicon Valley atau Co-working space yang sedang anyar di Jakarta. Bangunannya terlihat sejuk dan futuristik berkat baluran akar-akar tumbuhan yang dibiarkan tumbuh mengelilingi bangunan.

Desain arsitektur dari gedung ini bahkan diapresiasi langsung oleh Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno

Menurut riset yang dipaparkan majalah Time, ruang hijau dapat berfungsi sebagai pereda stres yang manjur

Halaman depan gedung dihiasi rumput sintetis yang dipagari dengan tanaman dan bean bag yang bebas bisa digunakan sembari membuka laptop dan berselancar internet. Untuk mendapatkan akses internet, Anda cukup membeli makanan atau minuman di kedai kopi Paradigma, yang terletak di sisi kiri sebelum lobi gedung.

Di siang hari kondisi halaman hampir selalu sepi jadi sangat kondusif dan nyaman untuk berdiskusi

Harga

Pengeluaran perorang di sekitar Rp60.000,- sampai Rp90.000,- untuk makanan dan minuman

2. Dia.lo.gue - Eksibisi penulis legendaris Ibu Pertiwi

Berlokasi di Jl. Kemang Sel. No.99A, Bangka, Tempat ini bak sebuah canvas putih yang selalu diwarnai karya-karya seni jempolan yang bisa memberikan kita inspirasi. Kebetulan saat saya datang, sedang ada eksibisi "Namaku Pram" Catatan & Arsip yang mendeskripsikan perjalanan hidup dan karir salah satu penulis tersohor yang pernah negeri ini miliki, Pramoedya Ananta Toer. Di sepanjang sisi dinding diceritakan perjalanan hidup sang penulis buku berjudul "Anak Semua Bangsa" ini.

Di sepanjang dinding terpapar jalan hidup sang penulis dan di setiap etalase ada penggalan halaman buku-buku Pram

Sketsa yang menggambarkan sosok sang legenda

Menariknya di halaman belakang Dia.lo.gue ada cetakan raksasa betuliskan kutipan-kutipan buku Pram yang bisa diamati sekaligus diabadikan di feed Instagram.

Isi dari penggalan buku banyak membahas tentang cerita di jaman kolonialisme dan tentang keadilan

Selain menikmati karya seni atau eksibisi seperti ini, Dia.lo.gue juga menjual pernak-pernik etnik yang menarik

Harga

Pengeluaran perorang di sekitar Rp0,- sampai Rp100.000,- untuk makanan dan minuman. Bisa saja gratis apabila Anda hanya berputar-putar mengamati eksibisi.

3. Kinosaurus Jakarta - Mengintip film dari berbagai era dan benua di dunia

Bila Anda pengagum film-film indie atau film tempo dulu, microcinema Kinosaurus bisa jadi alternatif hiburan. Namun sebenarnya yang membuat tempat ini unik bukan sekedar pemutaran filmnya, tetapi di sisi samping dari studio mini terletak mesin-mesin pemutar, pengganda film, berikut dengan darkroom-nya yang minimalis. Di sekitar area Kinosaurus juga saya melihat ada beberapa lukisan yang seperti yang sedang dalam tahap eksibisi.

Sebelum memutuskan ke kemari ada baiknya cek jadwal penayangan terlebih dahulu

Arai (kiri) staf dari Kinosaurus yang juga tergabung di komunitas pelestarian film Analog, bernama Laba-laba

Bagi yang penasaran dengan cara kerja film analog atau suka dengan hal-hal yang berbau tempo dulu, staf Kinosaurus juga akan dengan semangat menjelaskan secara panjang lebar proses penggandaan film analog dan hal-hal lainnya yang terkair dengan arsip-arsip film nasional yang konon kabarnya bisa segera punah bila tidak ada yang berusaha merestorasinya secara serius.

Alat perekam antik yang sudah banyak diotak-atik secara mandiri

Kalau Anda terpanggil untuk lebih mendalami proses dapur dari film analog, komunitas Laba-laba dapat memberikan workshop yang menawarkan experience mencuci film beserta seluk-beluk kamera analog. Pengalaman unik ini hanya bisa diadakan dengan kuota maksimum 4 peserta dan dibanderol Rp1juta/peserta. Untuk informasi lebih lanjut bisa berkunjung ke https://www.instagram.com/lablabalaba/ atau http://lablabalaba.weebly.com/

Proses penggandaan film bergaya lawas

Lokasi Kinosaurus terletak di Jl. Kemang Raya No.8B, tepatnya berada dibelakang toko buku Aksara. Bila Anda datang kesini jangan lupa mencoba soft cookies buatan Ruang Seduh sebagai peneman nonton.

Harga

Pengeluaran perorang di sekitar Rp0,- sampai Rp50.000,- untuk makanan atau minuman.

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.