Clearence Sale, disc up to 50% OFF VIEW PROMO
THE JOURNAL

5 Gua di Indonesia yang Wajib Dieksplorasi

5 Gua di Indonesia yang Wajib Dieksplorasi
  • SHARE
THE JOURNAL

5 Gua di Indonesia yang Wajib Dieksplorasi

  • SHARE

Words & Photo by : | March 21, 2017

Indonesia punya beragam gua yang mengundang lebih dari sekadar decak kagum. Berikut lima rekomendasi Wearinasia.com untuk perjalanan Anda berikutnya.

Wearinasians, Indonesia punya beragam gua menawan yang menghadirkan perspektif berbeda mengenai keindahan alam negeri ini. Tertarik untuk melongok ke perut bumi? Berikut lima gua yang perlu Anda jelajahi. Tersebar dari pulau Jawa hingga Bali, sekarang pilihannya berada di tangan Anda.

GUA MAHARANI

Gua Maharani. Image by kidnesia.com

Berada di angka 25 meter di bawah permukaan tanah, gua ini awalnya tidak sengaja ditemukan pada Agustus 1992. Terletak di Pacitan, Jawa Timur, gua kemudian diresmikan sebagai objek wisata pada Maret 1994. Nilai jual gua terlihat dari stalaktit maupun stalagmit yang unik.

Menurut Prof. Dr. KRT. Khoo, ahli perguaan internasional Speleologi Indonesia (institusi studi eksplorasi gua), stalaktit dan stalagmit ternyata masih bertumbuh. Pertumbuhannya kurang lebih satu sentimeter tiap sepuluh tahun. Stalaktit dan stalagmit dalam gua memancarkan cahaya warna-warni jika terkena sinar; kedua karya alam itu di antaranya juga menyerupai kepala gajah maupun pohon beringin.

Masyarakat juga mempercayai mitos yang berkaitan dengan gua tersebut. Putri dari kerajaan Madangkara yang bernama Roro Ayu Mantili kerap menampakkan diri dalam gua. Konon, terdengar cerita bahwa seorang juru kunci pernah dua kali bertegur sapa dengan Presiden Soekarno.

GUA PINDUL

Menjelajahi gua dengan ban dalam bisa jadi inspirasi perjalanan Anda berikutnya. Image by tour.qtiket.com

Sekarang kita beralih ke Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Inilah tempat yang seru bagi Anda yang ingin mencoba cave tubing. Secara singkat, cave tubing adalah kesempatan menelusuri gua dengan ban dalam. Memiliki kedalaman air 12 meter, gua terbagi menjadi tiga zona: terang, remang, serta gelap. Untuk menyusuri gua sepanjang 350 meter ini, membutuhkan sekitar 45 menit.

Aliran air di gua terbilang tenang, maka pemula disarankan tidak perlu takut. Kabar yang lebih mengejutkan menurut pengelola: ibu hamil pernah cave tubing pula!

GUA JOMBLANG

Banyak yang mengakui pemandangan di Gua Jomblang ini layaknya 'cahaya surga'. Image by xplorea.com

Gua Jomblang semakin terkenal setelah tampil sebagai salah satu destinasi dalam The Amazing Race, kompetisi televisi keliling dunia, versi Amerika di musim ke-19. Tantangan mereka waktu itu: memasuki gua dengan tali dan pengaman. Bagi Anda yang menggemari petualangan baru, baiknya Anda juga dapat mengulang pengalaman para peserta The Amazing Race.

Masih berada di Gunungkidul, Anda memerlukan peralatan standar caving berikut dengan tali tunggal. Jika Anda baru pertama kali mencoba, jangan khawatir karena akan ada pendampingan instruktur terlatih.

Gua vertikal collase doline dengan luas mulut 50 meter telah terbentuk sejak berabad-abad silam melalui proses geologi alami. Pemandangan di dasar gua akan membuat Anda terkagum. Hutan purba tumbuh rimbun dan cahaya matahari tersorot dari atas menembus lubang gua, siapa tidak terbuai?

GUA ES CARSTENSZ

Gua es indah di tanah Papua. Image by jurnalbumi.wordpress.com

Gua es di negara subtropis seperti Indonesia? Gua Es Carstensz di Carstensz Timur, Kabupaten Mimika di Papua, selalu diselimuti salju maupun gumpalan es yang awet. Berada di ketinggian ekstrem, perlu ketahanan dan stamina ekstrem untuk mendakinya. Diperkirakan es telah membeku selama jutaan tahun; bentuknya sudah mengeras bagai batu.

GUA-GUA DI RAJA AMPAT

Salah satu gua di Misool, Raja Ampat. Image by marischkaprudence.blogspot.co.id

Meskipun gua-gua ini belum diberi nama, Anda berhak bangga karena Anda dapat menyelam sembari menyusuri gua di Misool di Raja Ampat. Destinasi kebanggaan negeri tidak melulu soal laut jernih dan pasir putih, tetapi menjelajahi gua di laut juga harus disertakan dalam wishlist, setuju?

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.