Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Back to The Roots: Mengapresiasi Budaya TiongHoa Lewat Wisata Kuliner

Back to The Roots: Mengapresiasi Budaya TiongHoa Lewat Wisata Kuliner
  • SHARE
THE JOURNAL

Back to The Roots: Mengapresiasi Budaya TiongHoa Lewat Wisata Kuliner

  • SHARE

Words & Photo by : | February 5, 2018

Mengapresiasi akar budaya TiongHoa di Jakarta dengan mengunjungi restoran jawara-jawaranya.

Selain sebagai bulan penuh cinta, Februari 2018, juga dikenal sebagai tahun perayaan tahun baru Cina atau Imlek. Untuk mengetahui atau merasakan kentalnya budaya TiongHoa yang masih eksis di Ibu Kota Jakarta, beberapa tim konten Wearinasia mengunjungi beberapa restoran yang dibesut oleh penduduk keturunan TionHoa yang sudah berdiri semenjak tempo dulu. Cakupan restoran meliputi restoran yang berada di pinggir jalan besar sampai restoran yang berada diantara himpitan gang Ibu Kota.

Image by Wearinasia || T-shirt: Fjallraven, Kamera: DJI Osmo X3, Eyewear: IZIPIZI #D Red

Pada awalnya rencana kami adalah mengunjungi warung Laksa Lao Hoe yang terletak di Petak Sembilan, Glodok dikarenakan uniknya bangunan warung tersebut yang kental akan arsitektur Tiong Hoa, dan representasinya akan bagaimana Laksa, kuliner yang tersebar di hampir seluruh Semenanjung Malaya Nusantara berkawin campur dengan cita rasa lokal Jakarta. Namun mungkin karena belum Jodoh, warung yang disebut Ci Linda ini ternyata tutup. Berikut tampak depan dari Laksa Lao Hoe yang kami gagal liput, namun menurut kami, tetap wajib untuk dikunjungi apabila Anda sedang berada di Jakarta.

Image by www.efenerr.com

BAKMI ABOEN

Sejak kecil, mungkin sebagian besar penduduk Jakarta yang sering berbelanja di area Pasar Baru, mengidentifikasikan makan Bakmie sama dengan makan Bakmie Gang Kelinci (mungkin tidak banyak yang berpikir demikian, tapi setidaknya saya demikian sampai saya berumur 14 tahunan). Seiring berjalannya waktu, saya baru sadar bahwa ada hidden gem bernama Bakmi Aboen yang wajib dikunjungi pecinta Bakmie setelah penat berbelanja di pasar yang mempunyai ejaan lama Pasar Baroe tersebut.

Letaknya berada di Gang bernama Gang Kelinci (entah ada atau tidak korelasinya dengan Bakmi merek Gang Kelinci), namun herannya orang bisa tahu dan memadati tempat makan tersebut semenjak dulu alias era pra-internet. Jadi boleh dibilang selama ini Bakmie Aboen hidup karena promosi Getok Tular alias dari mulut ke mulut, dan Ibu saya adalah salah satu endorser - nya.

Image by Wearinasia team || Tampak depan dari Bakmi Aboen, yang letaknya berada di gang cukup sempit

Kami sampai agak siang namun untungnya konsumen belum membludak, karena umumnya antrean sudah mengular di jam-jam makan siang. Catatan penting! Untuk urusan parkir disarankan untuk parkir di Metro Atom Pasar Baru dan jalan sedikit ke Bakmie Aboen, karena lahan parkir tergolong langka di daerah Aboen.

Untuk menu wajib, Anda dapat memesan menu Bakmie Komplit, sehingga dapat merasakan beragam menu andalan dari Aboen. Tekstur Mie disini pipih, sedangkan untuk dagingnya non-halal, namun ragamnya dapat disesuaikan sesuai selera. Untuk tambahan Anda bisa memesan baso sapi atau ikan, namun bila memungkinkan, pesanlah keduanya atau beli paket campur karena keduanya sama-sama lezat.

Image by Wearinasia team || Mie berbentuk pipih dan paling direkomendasi apabila memilih yang spesial karena ditaburi beragam daging yang beragam

Image by Wearinasia team || Mie Aboen konon katanya memiliki beberapa cabang namun yang berlokasi di Pasar Baru (pusat) paling direkomendasi netizen

Pemilik dari Bakmie Aboen, juga bernama Aboen dan sudah terkenal seantero Jakarta dari mulut ke mulut sejak era tahun 1980-an.

WONG FU KIE

Image by Wearinasia team

Rumah makan ini menarik buat kami, karena sesampainya disana kita tidak akan disambut oleh papan reklame dengan logo Wong Fu Kie. Penampakan bangunan Wong Fu Kie ini memang jauh dari kata mentereng namun untuk urusan menu khas cita rasa Hakka-nya boleh diadu dengan restoran chinese food lainnya. Letaknya yang terpelosok di daerah Perniagaan Timur tidak membuat minat kami padam untuk merasakan masakan yang kelezatannya santer kami dengar.

Image by Wearinasia team

Kami memilih Mun Kiaw Men, bakmie yang dimasak semacam I Fu Mie dan diklaim yang masih menyajikannya di Jakarta hanya di restoran milik Pak Tjokro ini. Dikarenakan letak dapurnya tepat pada pintu masuk kami dapat menyaksikan juru masak yang sedang antusias mengongseng pesanan-pesanan kami. Secara pribadi kami merasa masakan-masakan di sini mengedepankan permainan kombinasi bawang yang sangat kentara di lidah. Sekedar informasi, bisnis resto ini sudah dikelola secara turun temurun dan tetap idealis dengan menu otentik Hakka-nya tanpa modifikasi-modifikasi, sehingga membuatnya sebagai restoran khas Hakka tertua di Jakarta.

Image by Wearinasia team

RESTORAN TRIO

Image by Wearinasia team

Tak seperti beberapa rumah makan atau restoran sebelumnya yang terpencil dan sulit diakses, Restoran Trio terletak di pinggir jalan besar Menteng. Satu hal yang perlu dicatat saat ingin berkunjung ke restoran klasik ini ialah jam operasionalnya, yang tutup sementara dari jam 2 siang sampai 5 sore. Dari gaya arsitekturnya masih kental tempo dulunya dan musik yang dimainkan juga tidak kalah lawas dengan bangunannya.

Image Wearinasia team || Penampakan daging bistik ayam yang legendaris

Menu andalan yang kami pesan ialah bistik ayam, teksturnya sangat empuk dan penuh rasa, namun sebenarnya menu yang tidak kalah direkomendasikan ialah bistik babi, namun karena di beberapa restoran sebelumnya kami sudah mengkonsumsi bahan-bahan yang erat hubungannya dengan babi, maka kami pilih ayam.

Image by Wearinasia team

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Shop The Product

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.