Clearence Sale, disc up to 50% OFF VIEW PROMO
THE JOURNAL

Bedanya Waterproof, Water-resistant & Water-repellent

Bedanya Waterproof, Water-resistant & Water-repellent
  • SHARE
THE JOURNAL

Bedanya Waterproof, Water-resistant & Water-repellent

  • SHARE

Words by : Andrew Jason Gunawan | Photos by : Yonatan Timotius | January 10, 2018

Mengetahui lebih jelas definisi water resistant, water repellent, dan waterproof yang kerap dilabeli di produk-produk di pasaran.

Belakangan berseliweran istilah water resistant, water repellent, dan waterproof yang menempel di produk-produk jam,outerwear, dan perlengkapan yang bisa pakai outdoor lainnya. Pertanyaan dasarnya apakah perbedaan dari tiga istilah tersebut? Berikut terjemahannnya menurut kamus Inggris Oxford:

Water-resistant: dapat menahan penetrasi air sampai batas tertentu namun tidak sepenuhnya

Water-repellent: tidak mudah terpenetrasi air, permukaannya juga dilapisi pelapis khusus

Waterproof: tahan air

1. WATER-RESISTANT

Ini merupakan tingkat ketahanan terendah diantara tiga istilah ini. Umumnya tertera pada produk seperti jam konvensional. Bila produk dilabeli istilah ini artinya, produk diciptakan dengan sedemikian rupa sehingga air sulit mempenetrasi atau ada kemungkinan produk dilapisi dengan bahan tertentu yang meningkatkan kemungkinan ketahanan produk saat terkena air, sehingga boleh dibilang produk berlabel water-resistant hanya mampu menahan terpaan air pada saat cuci tangan atau saat terpapar air gerimis.

Dibagian belakang sebuah jam umumnya ada kode IP, umumnya yang standar IP 67

2. WATER-REPELLENT

Setingkat diatas water-resistant, apabila produk berlabel tulisan ini, artinya produk memiliki sifat tahan air sampai ke tingkatan hydrophobic, untuk sampai ke tingkatan tersebut umumnya produk dilapisi oleh lapisan tipis khusus entah di bagian dalam, luar atau keduanya dengan sejenis lapisan nano technology. Namun lapisan yang digunakan tiap merek beragam, sehingga kerap kali istilah ini suka diperdebatkan, karena untuk istilah yang sama dapat menunjukkan ketahanan air yang berbeda.

3. WATERPROOF

Smartwatch olahraga biasanya dibuat waterproof dengan tingkat ketahanan air yang berbeda-beda

Waterproof merupakan tingkat ketahanan terhadap air yang diukur dengan satuan Ingress Protection (IP). IP memiliki dua digit, digit pertama yang menjelaskan ketahanan terhadap jenis benda solid, misalnya yang sering ditemukan ialah debu yang berkode digit 6, artinya produk tersebut tidak dapat dipenetrasi oleh debu, rating digit kedua mengindikasikan ketahanan produk terhadap benda cair, misalnya untuk digit 7, produk artinya dapat terendam air sampai kedalaman 1 meter, jadi umpamanya ada produk berlabel IP 67 itu artinya produk dapat menahan debu dan air sampai kedalaman 1 meter.

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.