Clearance Sale , up to 50% off SHOP NOW
THE JOURNAL

Danau Issyk-Kul yang Megah di Jantung Kyrgyzstan

Danau Issyk-Kul yang Megah di Jantung Kyrgyzstan
  • SHARE
THE JOURNAL

Danau Issyk-Kul yang Megah di Jantung Kyrgyzstan

  • SHARE

Words & Photo by : | April 18, 2017

Di negara dengan pemandangan alam yang sedramatis Kyrgyzstan, Issyk-Kul Lake atau Danau Issyk-Kul adalah salah satunya yang wajib dikunjungi.

Di negara dengan pemandangan alam yang sedramatis Kyrgyzstan, Issyk-Kul Lake atau Danau Issyk-Kul adalah salah satunya yang wajib dikunjungi. Sepanjang 170 kilometer dan selebar 70 kilometer, Issyk-Kul adalah danau alpine terbesar kedua di dunia. Di negara asalnya, Issyk-Kul merupakan titik wisata yang di antaranya menyedot paling banyak perhatian.

Diartikan ke bahasa Indonesia, nama danau ini berarti 'danau panas'. Perpaduan antara kedalaman ekstrem dan kadar garam ringan tetap membuat danau hangat. Sekalipun diterpa musim dingin Asia Tengah yang 'kejam', danau tidak pernah beku meski berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. (Catatan: Lonely Planet sampai-sampai menjuluki 'danau panas' sebagai suatu istilah yang berlebihan!)

Panorama issyk-kul yang dramatis. Image by Audley Travel

Panorama Issyk-kul yang dramatis. Image by Audley Travel

Di tahun 2001, danau terpopuler Kyrgyzstan memenangkan penghargaan Man and Biosphere Reserve dari UNESCO. Di sekitar danau adalah spesies-spesies hewan langka beserta puncak pegunungan yang tertutup salju. Lonely Planet menulis lebih lanjut mengenai kebiasaan para pelancong di danau: Para turis yang berkunjung di musim panas yang berenang di airnya yang teramat biru, pemandangan sekeliling bukan lagi pohon palem, namun pegunungan Ala-Too yang menghiasi langit Kyrgyzstan.

Issyk-Kul Lake. Image by explorekyrgyzstan.net

Issyk-Kul Lake. Image by explorekyrgyzstan.net

Lalu, apa sajakah yang bisa dilakukan di sini? Kerap dijangkau para pelancong dari ibu kotanya Bishkek, Anda berkesempatan mendaki gunung di seputar Issyk-Kul. Tak lupa juga kesempatan-kesempatan untuk turut ski, arung jeram, bersepeda, serta selancar angin (apa itu?!). Tak hanya petualangan seru, Wearinasians dapat bertemu dengan warga setempat yang masih memilih pertanian sebagai sumber mata pencaharian.

Stempel visa Kyrgyzstan. Image by Caravanistan

Stempel visa Kyrgyzstan. Image by Caravanistan

Apakah ini inspirasi perjalanan yang tak tanggung-tanggung untuk Wearinasians? Jika terbang ke Manas International Airport, bandara terbesar Kyrgyzstan di Bishkek, para pemegang paspor Indonesia diberi akses untuk memperoleh visa on arrival (tanpa perlu mengurus visa di kedutaan besar Kyrgyzstan di Kuala Lumpur, mengingat belum diresmikan kedutaan besarnya di Jakarta) yang berlaku satu bulan.

*) Featured image by Audley Travel

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.