Clearence Sale, disc up to 50% OFF VIEW PROMO
THE JOURNAL

Di Ukraina, Eksplorasi Urban di Daerah Bekas Ledakan Nuklir Digemari Pelancong

Di Ukraina, Eksplorasi Urban di Daerah Bekas Ledakan Nuklir Digemari Pelancong
  • SHARE
THE JOURNAL

Di Ukraina, Eksplorasi Urban di Daerah Bekas Ledakan Nuklir Digemari Pelancong

  • SHARE

Words & Photo by : | May 9, 2017

Pada 26 April 1986, reaktor nomor 4 di Chernobyl Nuclear Power Plant di Ukraina (dulu bagian dari Soviet Union) meledak. Para petualang pemberani masih memutuskan mengunjunginya beberapa dekade kemudian.

Ledakan nuklir itu terjadi pukul satu pagi waktu setempat ketika penduduk lokal di Pripyat (kota kecil dekat Chernobyl) sedang terlelap. Empat puluh jam setelahnya, penduduk yang telah mendengar kabar meledaknya nuklir (tepatnya reaktor nomor empat) diminta untuk evakuasi. Mereka tak diminta membawa seluruh barang pribadi karena perintah bahwa evakuasi hanya untuk sementara saja. Sebagian besar penduduk tak pernah kembali; barang-barang mereka masih tertinggal di permukiman itu pula.

Boneka di gambar ini menggambarkan bahwa para penduduk setempat tak sempat membawa seluruh barang pribadi mereka. Image by Business Insider

Boneka di gambar ini menggambarkan bahwa para penduduk setempat tak sempat membawa seluruh barang pribadi mereka. Image by Business Insider

Insiden ini terjadi akibat pengujian nuklir yang konon tidak diberi izin. Ledakan dan api terlihat sampai ke atmosfer dan mencapai daerah sekitar power plant Chernobyl tersebut. Dilaporkan bahwa level radiasi yang meningkat tercatat mencapai pesisir barat Amerika Serikat dan juga Kanada.

Pemerintah Ukraina pun memberi akses kepada para pelancong internasional untuk ke Chernobyl. Disebut-sebut sebagai dark tourism dan bahkan urban exploration, ternyata aman menyambangi area Chernobyl meski level radiasi masih dilaporkan tinggi di beberapa tempat. Agensi perjalanan spesialis Chernobyl Welcome (chernobylwel.com) menulis bahwa tempat-tempat dengan radiasi tinggi dihindari (atau hanya dikunjungi sebentar saja) dalam perjalanan yang ditawarkan. (Mengunjungi Chernobyl harus memperoleh izin dan didampingi pemandu.)

Reaktor nomor empat. Image by vizutka.com.ua

Reaktor nomor empat. Image by vizutka.com.ua

Dalam dua hari perjalanan ke Chernobyl, misalnya, tubuh terkena radiasi yang diukur sebesar 0,001 dosis scan X-ray atau hingga beberapa jam di pesawat. Angka spesifiknya, Anda hanya terekspos 5 sampai 7 microsievert (unit radiasi) radiasi gamma, yang sama sekali tak berbahaya. Kalau sehari, hanya 2 sampai 3 microsievert. Bahkan sangat mungkin Anda terpapar radiasi lebih tinggi dalam penerbangan menuju Kiev, ibu kota Ukraina.

Blogger perjalanan Darmon Richter sempat mengunjungi Chernobyl Exclusion Zone. Ia berkesempatan menyusuri hingga 'jantung' Chernobyl, termasuk reaktor nomor empat yang konon merupakan bagian tersibuk zona yang kerap diawasi oleh para ilmuwan dan insinyur. Sekalipun Chernobyl tak berbahaya untuk kunjungan singkat, menurutnya, para pelancong disarankan untuk tidak mengunjungi tempat-tempat berdebu dan terlihat terabaikan untuk waktu yang lama. Untuk memastikan keamanan, pemandu sampai-sampai membawa meteran radiasi. (Kalau meteran itu berbunyi, itulah pengingat akan bahaya yang mungkin muncul.)

Perbandingan kota sekarang dengan dulu kala (di foto). Image by RealClearLife

Akibat nuklir, inilah perbandingan daerah sekitar sekarang dengan dulu kala (di foto). Image by RealClearLife

Kunjungan ke Chernobyl adalah kesempatan untuk eksplorasi urban, fotografi, serta merenungi bencana yang benar-benar berdampak terhadap kehidupan manusia hingga sekarang. Anda tertarik terbang ke Ukraina?

*) Featured image by Business Insider

  • SHARE ON
Leave A Comment

    Kemudahan Berbelanja

    Freeshipping

    Gratis ongkos kirim untuk nilai transaksi lebih dari Rp 500.000,00 - Berlaku untuk daerah Jabodetabek

    Cicilan 0%

    Kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan 0% dari berbagai macam bank dan perusahan finansial lainnya

    100K Voucher

    Dapatkan potongan sejumlah Rp 100.000,00 untuk transaksi pertama, dengan daftar menjadi member kami.